≡ Menu

Cara Mengatasi Proses Shutting Down Lama di Windows

Cara Mengatasi Shutting Down Lama di Windows

Normalnya mematikan komputer Windows hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit dan maksimal adalah 5 menit. Apabila lebih dari itu masih tetap saja muncul “Shutting Down” dan seolah tidak segera mematikan, tentu itu adalah sebuah masalah.

Biasanya Windows akan menghentikan segala proses yang berjalan untuk mulai mematikan. Atau biasanya pengguna dihimbau untuk menghentikan secara manual apabila Windows tak dapat melakukan itu otomatis.

Artikel ini akan membantu pengguna yang merasa memiliki masalah terhadap proses mematikannya dan terus saja memunculkan Shutting Down tanpa ada hentinya sehingga satu-satunya cara untuk mematikannya adalah dengan menekan tombol power yang mana itu kurang bagus jika dilakukan terus-menerus.

Baca juga: Cara Unik Melakukan Shutdown, Restart, dan Hibernate di PC

Tidak Langsung Mematikan Komputer Sehabis Memakai Program

Setelah memakai suatu program, jangan langsung menekan shut down atau power off. Tapi tunggulah sedikitnya 1 menit agar Windows dapat berhasil menghentikan prosesnya yang berjalan.

Walau pada dasarnya Windows akan menghentikan proses sembari mematikan, tapi siapa sangka jika program itu tak dapat diberhentikan dengan hal tertentu seperti terdapat sesuatu yang mencekalnya. Maka dari itulah mengapa disaat mematikan komputer bisa sangat lama sekali.

Menghentikan Proses Task Scheduler Secara Manual

Cara ini boleh dicoba bagi pengguna yang mengalami masalah ini terus-menerus atau dengan maksud tidak hanya sekedar jarang. Jadi cobalah masuk ke Task Manager dengan cara menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC.

Kemudian cari proses bernama taskeng.exe dan taskhost.exe dan sekaligus hentikan keduanya. Kemudian coba untuk mematikan komputer, jika masalahnya ada dari Task Scheduler, pasti komputer dapat dimatikan dengan baik.

Dan apabila benar begitu, bisa jadi terdapat tugas yang membuat komputer tidak bisa dimatikan dengan normal dan terjadi pada Task Scheduler. Silakan menuju Task Scheduler dan seleksi setiap tugas yang ada, dan matikan tugas yang sekiranya tidak dikenali meski itu semacam updater atau lain-lain.

Jangan Pernah Menekan tombol Force shut down

Biasanya tombol tersebut akan tampil di kala adanya program yang sedang tidak merespon dan pengguna masih tetap ingin mematikan komputer. Bagaimana pun juga jangan sampai menekan tombl Force shut down karena itu termasuk tindakan memaksa dan tidak baik untuk sistem.

Sebagai saran jika pengguna mengalami kendala terhadap program yang tak merespon, cobalah masuk ke Task Manager dan hentikan program tersebut secara manual.

Mendeteksi Proses yang Tak Mau Dihentikan

Seperti yang Saya katakan tadi bahwa Windows akan menghentikan segala proses pada saat dimatikan. Tapi bagaimana jika terdapat proses yang tak mau dihentikan dan pengguna tidak tahu nama dari proses itu? Tenang saja karena ada solusi untuk itu. Berikut ini caranya.

  1. Tekan tombol Windows + R dan ketik regedit lalu ENTER.
  2. Silakan menuju ke direktori ini.

    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

    Sekarang klik kanan pada menu bernama VervoseStatus. Dan tekan opsi Modify.

  3. Ubah value yang sebelumnya 0 menjadi 1.

Setelah menerapkan cara diatas, pengguna bisa langsung mencoba untuk mematikan komputer dan pasti disebelah teks Shutting Down akan muncul setiap proses yang dihentikan satu per satu. Dengan begini pengguna dapat melihat proses mana yang sangat lama sekali untuk dihentikan.

Memperbarui Windows

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memperbarui Windows. Ini adalah satu-satunya cara paling efektif untuk menghilangkan segala kesalahan Windows yang mungkin ada sebelumnya. Saya rasa pengguna sudah tahu bagaimana cara melakukannya.

Namun apabila belum tahu, tata caranya nyaris sama seperti di Windows 7. Yakni cukup menuliskan teks Windows Update pada kolom START lalu ENTER dan mengecek adanya pembaruan.

Baca juga: Cara Mengatasi Program yang Macet di PC (Aman)

Kesimpulan

Satu hal yang yang sangat pasti sekali terhadap kejadian ini adalah adanya proses yang tidak dapat dihentikan sehingga Windows mencoba untuk terus menghentikannya sebisa mungkin sampai maksimal dapat Blue Screen.

Adapun orang yang mengatakan untuk menerapkan penghapusan file page otomatis disaat Windows dimatikan. Tapi Saya kurang menjamin terhadap hal tersebut. File Page sendiri seolah adalah pengaya untuk RAM yang akan dipakai untuk memaksimalkan kinerja memory RAM supaya tidak sampai kehabisan. Apapun itu, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment