Cara Mengatasi Proses Shutting Down Lama di Windows

Cara Mengatasi Shutting Down Lama di Windows

Normalnya mematikan komputer Windows hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit dan maksimal adalah 5 menit. Apabila lebih dari itu masih tetap saja muncul “Shutting Down” dan seolah tidak segera mematikan, tentu itu adalah sebuah masalah.

Biasanya Windows akan menghentikan segala proses yang berjalan untuk mulai mematikan. Atau biasanya pengguna dihimbau untuk menghentikan secara manual apabila Windows tak dapat melakukan itu otomatis.

Artikel ini akan membantu pengguna yang merasa memiliki masalah terhadap proses mematikannya dan terus saja memunculkan Shutting Down tanpa ada hentinya sehingga satu-satunya cara untuk mematikannya adalah dengan menekan tombol power yang mana itu kurang bagus jika dilakukan terus-menerus.

Baca juga: Cara Unik Melakukan Shutdown, Restart, dan Hibernate di PC

Tidak Langsung Mematikan Komputer Sehabis Memakai Program

Setelah memakai suatu program, jangan langsung menekan shut down atau power off. Tapi tunggulah sedikitnya 1 menit agar Windows dapat berhasil menghentikan prosesnya yang berjalan.

Walau pada dasarnya Windows akan menghentikan proses sembari mematikan, tapi siapa sangka jika program itu tak dapat diberhentikan dengan hal tertentu seperti terdapat sesuatu yang mencekalnya. Maka dari itulah mengapa disaat mematikan komputer bisa sangat lama sekali.

Menghentikan Proses Task Scheduler Secara Manual

Cara ini boleh dicoba bagi pengguna yang mengalami masalah ini terus-menerus atau dengan maksud tidak hanya sekedar jarang. Jadi cobalah masuk ke Task Manager dengan cara menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC.

Kemudian cari proses bernama taskeng.exe dan taskhost.exe dan sekaligus hentikan keduanya. Kemudian coba untuk mematikan komputer, jika masalahnya ada dari Task Scheduler, pasti komputer dapat dimatikan dengan baik.

Dan apabila benar begitu, bisa jadi terdapat tugas yang membuat komputer tidak bisa dimatikan dengan normal dan terjadi pada Task Scheduler. Silakan menuju Task Scheduler dan seleksi setiap tugas yang ada, dan matikan tugas yang sekiranya tidak dikenali meski itu semacam updater atau lain-lain.

Jangan Pernah Menekan tombol Force shut down

Biasanya tombol tersebut akan tampil di kala adanya program yang sedang tidak merespon dan pengguna masih tetap ingin mematikan komputer. Bagaimana pun juga jangan sampai menekan tombl Force shut down karena itu termasuk tindakan memaksa dan tidak baik untuk sistem.

Sebagai saran jika pengguna mengalami kendala terhadap program yang tak merespon, cobalah masuk ke Task Manager dan hentikan program tersebut secara manual.

Mendeteksi Proses yang Tak Mau Dihentikan

Seperti yang Saya katakan tadi bahwa Windows akan menghentikan segala proses pada saat dimatikan. Tapi bagaimana jika terdapat proses yang tak mau dihentikan dan pengguna tidak tahu nama dari proses itu? Tenang saja karena ada solusi untuk itu. Berikut ini caranya.

  1. Tekan tombol Windows + R dan ketik regedit lalu ENTER.
  2. Silakan menuju ke direktori ini.

    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

    Sekarang klik kanan pada menu bernama VerboseStatus. Dan tekan opsi Modify.

  3. Ubah value yang sebelumnya 0 menjadi 1.

Setelah menerapkan cara diatas, pengguna bisa langsung mencoba untuk mematikan komputer dan pasti disebelah teks Shutting Down akan muncul setiap proses yang dihentikan satu per satu. Dengan begini pengguna dapat melihat proses mana yang sangat lama sekali untuk dihentikan.

Memperbarui Windows

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memperbarui Windows. Ini adalah satu-satunya cara paling efektif untuk menghilangkan segala kesalahan Windows yang mungkin ada sebelumnya. Saya rasa pengguna sudah tahu bagaimana cara melakukannya.

Namun apabila belum tahu, tata caranya nyaris sama seperti di Windows 7. Yakni cukup menuliskan teks Windows Update pada kolom START lalu ENTER dan mengecek adanya pembaruan.

Baca juga: Cara Mengatasi Program yang Macet di PC (Aman)

Kesimpulan

Satu hal yang yang sangat pasti sekali terhadap kejadian ini adalah adanya proses yang tidak dapat dihentikan sehingga Windows mencoba untuk terus menghentikannya sebisa mungkin sampai maksimal dapat Blue Screen.

Adapun orang yang mengatakan untuk menerapkan penghapusan file page otomatis disaat Windows dimatikan. Tapi Saya kurang menjamin terhadap hal tersebut. File Page sendiri seolah adalah pengaya untuk RAM yang akan dipakai untuk memaksimalkan kinerja memory RAM supaya tidak sampai kehabisan. Apapun itu, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

18 comments
  1. Izin bertanya, laptop saya tidak bisa di restart dan di shutting down, kalau di restart atau shutting down selalu ngestuck di restart atau shutting down nya, tidak mau berputar proses nya, jadi saya langsung tekan tombol power nya

    1. Menonaktifkan laptop menggunakan tombol power secara terus-terusan dapat berdampak buruk pada motherboard. Apakah agan sudah mencoba beberapa solusi diatas? Kemungkinan terdapat proses yang tak mau dihentikan dan itu bisa dideteksi lebih mudah melalui safe mode. Namun jika ingin cara praktis, saya sarankan untuk menginstal ulang Windowsnya.

  2. Gan Shutdown lama itu bisa di pengaruhi Antivirus kah? soalnya aku download avast di windows 7 abis itu gw shutdown dan gw tinggal ternyata masih loading hampir 1 jam terpakasa saya paksa pakai power off di tekan

    1. Ya, dari beberapa kasus memang ada yang pernah mengalami masalah ini. Dimana program antivirusnya mengalami malfungsi sehingga proses shutdown harus menunggu sampai antivirus normal. Untuk solusinya adalah melakukan repair atau instal ulang terhadap program antivirusnya apabila itu yang menyebabkannya.

  3. Ini gimanaya Saya habis Download Emulator Memu Nahh Karna Kouta Habis saya mau cancel ehh ga tau catanya yaudah saya restart terus udh pass nyala lagi rada error gw shutdown lagi ehh lama ga kaya dulu rada cepet

    1. Memaksa berhenti proses download di browser seharusnya tidak mempengaruhi terhadap proses shutdown komputer. Dan apabila saat ini sedang memakai HDD, saya sangat menyarankan untuk meng-upgrade ke SSD.

  4. Kak mau tanya, saya lagi ngerjain tugas di ms.word ngelag abis itu mau saya refresh klik kanan klik refresh ngga bisa, dan laptop saya gabisa di klik apa apa. Trs saya mau shutdown klik fn+alt+del muncul layar biru ada tulisan shutdown saya enter bisa ngeshutdown udah hampir 2 jam kak masih loading shutdown ? ini gimana kak ? Apakah gapapa?

    1. Wah jika shutdown lebih dari 20 menit saja sudah tidak normal gan, lebih baik langsung matikan secara manual dengan menekan lama tombol power di laptopnya. Dan jika hal ini terjadi secara terus-menerus, saya sarankan untuk melakukan scan file sistem melalui comand prompt.

    1. Sesuai yang dijelaskan diatas, terkadang ada banyak proses dari suatu program yang masih berjalan, sehingga sistem harus menghentikannya terlebih dahulu. Silakan cek pada task manager untuk proses tersebut. Namun jika sistem komputer agan saat ini masih menggunakan HDD, saya sarankan untuk meng-upgradenya sebagai SSD. Karena jika sistem berada di SSD, tak cuma mematikan laptop saja yang akan cepat, tapi menghidupkannya pun juga bakal lebih cepat.

  5. Sore gan….
    Laptop and suka lama shutdown..
    Dan akhirnya me restart ulang sendiri. Apakah itu ada kerjakan pada system ??
    Ane selalu cek error pada system, tapi tidak ada seleksi error.
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    1. Kebanyakan akibat adanya program yang masih berjalan gan. Sebagai saran silakan coba test restart atau shutdwon laptop melalui safe mode. Jika dari safe mode normal, itu tandanya memang ada program yang mencekal Windows melakukan shutdown.

  6. Gan laptop saya kadang habis main game sangat lama untuk di matikan & agak lama ketika ingin membuka file atau aplikasi serta laptop saya tidak mau membuka antivirus. Apakah laptop saya terkena virus/Malware? Tolong di respon ya

    1. Apabila laptop tak bisa membuka program antivirus, sangat disarankan untuk menginstall ulang program antivirus demi keamanan. Dan mengenai laptop yang lama shutdown sehabis main game, kira-kira apakah setelah main game langsung dimatikan?

      Karena sebaiknya menunggu setidaknya 2-5 menit dan kemudian mematikan laptopnya supaya proses latar belakang dari program yang baru dibuka tadi telah terhenti sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *