≡ Menu

Penyebab Sebagian Menu Menjadi Abu-Abu di Photoshop

Penyebab Sebagian Menu Menjadi Abu-Abu di Photoshop

Adobe Photoshop adalah program foto editor terbaik yang memiliki banyak fitur untuk bisa membuat gambar tampak lebih berbeda dari sebelumnya. Terdapat banyak versi yang ada pada Photoshop dan semakin tinggi versi yang dipakai maka semakin tinggi pula kebutuhan yang diperlukan.

Mungkin sebagian orang pernah melihat adanya menu yang tak dapat diklik disaat mengedit foto. Dan itu bukanlah sebuah masalah, tapi lebih seperti mengarah ke beberapa hal yang mana tak dapat disimpulkan menjadi satu saja.

Bisa itu dari memory yang kurang, jenis gambar, atau bahkan spesifikasi yang kurang mumpuni. Hal itu bisa dilihat dari menu apa yang terlihat abu-abu. Dalam banyaknya kasus, menu abu-abu yang paling banyak ditemui ada pada opsi 3D.

Baca juga: Cara Menambah Font Baru pada Adobe Photoshop

Akibat Kekurangan Memory

Penyebab Menu Abu-Abu di Photoshop

Jika Photoshop kehabisan memory, secara otomatis beberapa fiturnya tidak akan dapat dibuka. Biasanya akan muncul sebuah peringatan yang menampilkan bahwa program kehabisan memory namun kadang akan secara otomatis menunya menjadi abu-abu.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat menuju Edit => Preferences => Performance. Dan ubah menjadi maksimal. Atau silakan mengubah sesuai rekomendasi yang diberikan Photoshop.

VRAM Tidak Mencukupi

Penyebab Menu Abu-Abu di Photoshop

VRAM atau Video Memory, ini berbeda dengan RAM biasanya yang mana lebih bekerja ke bagian komposisi 3D. Saat ini VRAM yang sangat direkomendasikan adalah 512MB. Jika kurang dari itu, beberapa fitur mungkin tak akan dapat diakses, seperti Oil Painting dan 3D.

Operasi Sistem yang Berbeda

Penyebab Menu Abu-Abu di Photoshop

Dimulai dari pembaruan Photoshop akhir tahun 2017 bahwa ada beberapa fitur yang tak dapat diakses lagi bagi PC dengan operasi sistem 32-bit. Tapi seluruh fitur dapat diakses dengan baik pada operasi sistem 64-bit.

Beberapa fitur tersebut adalah Oil Painting. Sedangkan jika pada PC 64-bit tidak akan bisa membuka menu 3D apabila VRAM kurang dari 512MB.

Jenis dari Gambar

Penyebab Menu Abu-Abu di Photoshop

Untuk masalah ini, Saya kurang begitu paham betul. Tapi hal ini memang benar bahwa jenis gambar dapat berpengaruh terhadap fitur-fiturnya. Satu solusinya adalah dengan mengganti jenis gambar menjadi RGB 8-bit.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur Action pada Adobe Photoshop

Kesimpulan

Dari empat diatas, silakan simpulkan sendiri bagian mana yang menurut pengguna menyebabkan hal ini terjadi. Jangan lupa untuk mengaktifkan GPU Acclerated untuk memaksimalkan kinerja ketika memakai Photoshop. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment