≡ Menu

2 Cara Menonaktifkan Javascript di Chrome

2 Cara Menonaktifkan Javascript di Chrome

Pada setelan standar di segala browser termasuk Chrome pasti fitur Javascript sudah diaktifkan. Sebab mengunjungi website tanpa Javascript tidak akan bisa dirasakan dengan nikmat, akan ada hal-hal yang hilang atau bahkan sistem website melarang untuk memperlihatkan kontennya.

Javascript sendiri adalah semacam hal yang dipakai untuk berinteraksi antara situs web dengan peramban. Walau faktanya sebuah situs dapat dibuat tanpa menambah Javascript sedikitpun. Akan tetapi Javascript sudah layaknya menjadi pelengkap.

Sedangkan artikel ini akan membagikan tata cara mematikan Javascript yang mana mungkin tidak dicari oleh banyak orang. Tapi kemungkinan hanya beberapa orang yang perlu melakukan ini untuk mengunjungi sebuah situs khusus.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Modus Malam di Twitter

1. Menonaktifkan Javascript Langsung dari Pengaturan

Tak ada hal yang lebih mudah dibanding mengaturnya langsung pada setelan. Ini sama halnya seperti menonaktifkan cookies dan bahkan pengguna diberikan pilihan untuk menonaktifkannya hanya di situs yang dipilih saja, jadi ini adalah cara yang efektif sekali. Ikuti caranya dibawah ini.

  1. Buka peramban Chrome dan klik Menu pada pojok kanan atas lalu tekan Settings.

    Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

  2. Sampai masuk ke halaman pengaturan, tekan sekali lagi opsi Menu yang ada dibagian kiri atas sampai muncul menu tambahan. Lalu pilih Advanced => Privacy and Security.

    Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

  3. Gulir kebawah dan klik pada Content Settings.

    Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

  4. Gulir sekali lagi dan klik pada Javascript.

    Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

  5. Nah disinilah pengguna bisa menonaktifkannya. Cukup tekan tombol biru yang ada disebelah kanan. Dan selesai.

    Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

Apabila pengguna ingin menonaktifkannya hanya untuk satu situs saja, cukup menekan tombol ADD pada bagian Blocked lalu menambah URL situs web target. Pastikan memakai tanda [*.] sebelum URLnya dan tidak perlu memakai www atau http.

2. Menggunakan Shortcut ke Chrome

Cara kedua ini memungkinkan pengguna dapat menonaktifkan Javascript tanpa perlu menuju setelan dan membuatnya langsung sebagai shortcut. Cara membuat shortcut pun juga mudah, pada desktop cukup klik kanan lalu pilih New => Shortcut.

Baca juga: Menghentikan Suatu Program di PC dengan Script Batch

Caranya sangat mudah sekali, pada target lokasi, pengguna cukup menambah -disable-javascript setelah .exe. Berikut ini contoh gambarannya.

Nonaktifkan Javascript di Chrome Browser

Walau cara ini sederhana, tapi terkadang tidak bekerja dengan baik untuk beberapa situs. Entah itu dikarenakan pengaya yang terpasang atau lain-lain. Maka dari itu Saya lebih menyarankan untuk memakai cara yang pertama untuk bisa mematikan Javascript sepenuhnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment