≡ Menu

Cara Menghapus Menu TuneUp Undelete di Recycle Bin

Cara Menghapus Menu TuneUp Undelete di Recycle Bin

TuneUp Utilities adalah program yang membantu kinerja PC lebih cepat dan dapat dipakai sebagai pembersih sampah dan registry yang tidak terpakai. Program tersebut dibuat dan diproduksi oleh AVG yang mana mereka juga memiliki program antivirus yang populer.

Satu kejanggalan pada TuneUp Utilities meski setelah di uninstall adalah tetap adanya menu bernama TuneUp Undelete yang berada pada Recycle Bin. Tepatnya ketika pengguna menekan klik kanan dan menu itu akan tampil dan ketika diklik, akan tampil “Could’nt find a program” karena programnya sudah dicopot.

Terdapat beberapa kesalahan yang ada pada program ini. Salah satunya ketika ingin di-uninstall tidak terhapus semuanya dan masih meninggalkan bekas. Jadi tak ada cara lain kecuali menghapusnya secara manual. Dan kebanyakan orang yang mengalami masalah seperti di artikel ini adalah menghapus program TuneUp Utilities secara manual.

Baca juga: Cara Mengatasi Drive C: Penuh di Windows

Menghapus TuneUp Undelete pada Recycle Bin

Satu-satunya cara untuk menghapusnya adalah melalui registry. Tapi pengguna tidak perlu cemas karena cara yang dibagikan ini sangatlah aman dan tidak beresiko apapun. Selama program TuneUp Utilities telah di-uninstall, maka pengguna boleh melakukan cara ini. Dan berikut ini langkahnya.

  1. Tekan tombol Windows dan R pada keyboard sampai muncul kolom kecil.
  2. Sekarang ketik regedit pada kolom kecil tersebut dan lanjutkan menekan tombol ENTER.
  3. Akan muncul persetujuan, silakan klik Yes dan pengguna akan dibawa kebagian Registry Editor.
  4. Kemudian silakan menuju direktori ini.

    HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}\shell
  5. Nah disana pasti pengguna melihat ada menu bernama TuneUp Undelete silakan klik kanan dan pilih Delete untuk menghapusnya.
  6. Selesai. Sekarang coba lihat pada opsi Recycle Bin, pasti tidak ada menu itu lagi.

Saya mengerti jika pengguna mungkin akan sedikit kesulitan dalam mencari direktori yang benar. Sebab disana terdapat ratusan direktori yang menyerupai. Tapi carilah dengan perlahan pasti akan ketemu.

Apakah TuneUp Utilities adalah Virus?

Bukan, sama sekali bukan. Program tersebut justru akan membantu meningkatkan performa komputer layaknya program bernama Avast SpeedUp yang mana itu lebih sederhana. Hanya saja orang dibuat bingung mengenai program ini, sebab berperasaan tak pernah memasangnya sama sekali.

Jadi biasanya ketika pengguna memasang suatu program dan terdapat opsi yang mengijinkan untuk memasang TuneUp Utilities dan pengguna tak menyadarinya sembari menekan tombol Next sampai selesai, disaat itulah program ini akan ikut terpasang.

Baca juga: Tutorial Melakukan Defrag Disk pada Windows 7

Kesimpulan

Saya sendiri banyak terbantu dengan adanya TuneUp Utilities dan saat itu mencoba versi percobaan beberapa hari dan ketika sudah puas memakainya langsung Saya copot. Hanya saja proses pencopotan tidak bisa dikatakan praktis, karena sudah Saya uninstall masih saja ada di Tray Icon.

Untuk itulah Saya uninstall manual melalui Registry dan menghentikan proses/service TuneUp Utilities yang berjalan sehingga datanya dapat dihapus pada sistem. Lalu tiba masalah baru dan itu adalah yang dibahas pada artikel ini. Sehingga Saya mencoba mencari di suatu forum dan akhirnya terbantu dan menerapkan cara diatas.

Tidak ada resiko selama pengguna mengikuti caranya dengan benar. Dan pastikan bahwa yang dihapus adalah Key bernama TuneUp Undelete dan bukan yang lain. Jadi setelah menghapus itu, pengguna bisa langsung keluar dari Registry dan melihat hasilnya, pasti menu konteks tersebut sudah tidak ada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment