≡ Menu

Cara Mengetahui Ponsel Android Mendukung OTG

Cara Mengetahui Ponsel Android Mendukung OTG

Sudah tahu kan apa itu USB On The Go atau disingkat sebagai OTG? Yang biasanya sering digunakan untuk melakukan transfer antara flashdisk ke penyimpanan ponsel dan sebaliknya. Tapi selain itu juga banyak hal yang dapat dilakukan dari OTG untuk Android ini. Seperti menyambungkan joystick untuk bermain game.

Beberapa orang masih tak tahu bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa ponselnya memiliki fitur OTG atau tidak sama sekali. Namun sebenarnya sangat mudah sekali lho untuk mengetesnya. Jadi ada sedikit cara yang akan dibagikan kali ini dan pengguna dapat mencobanya salah satu yang dirasa mudah.

Mengetes Langsung dengan Kabel USB OTG

Pengguna dapat meminjam kabel OTG milik teman dan silakan tancapkan ke ponsel beserta dengan flashdisk. Jika sekiranya penyimpanan dari flashdisk terdeteksi pada ponsel di file manager, berarti ponsel sepenuhnya mendukung OTG.

Namun jika sekiranya tak terdeteksi sama sekali, silakan coba terlebih dahulu dengan flashdisk yang lain dan jika masih tak terdeteksi juga berarti ponsel tersebut tak mendukung OTG.

Baca juga: Trik Menggunakan Modem di Android dengan Kabel OTG

Memakai Aplikasi Pendeteksi OTG

Terdapat satu aplikasi bernama USB OTG Checker yang kegunaannya untuk mengecek ketersediaan fitur OTG pada ponselnya. Tapi perlu diketahui bahwa kadang aplikasi ini kadang tidak akurat untuk suatu ponsel, namun itu jarang sekali.

Untuk mencoba aplikasi ini silakan menuju Play Store dan mulai untuk memasangnya. Dan setelah memasangnya, cukup ikuti intruksi didalamnya untuk mengetes fitur OTG pada ponsel.

Mengecek Spesifikasi Ponsel di Google

Jika ponsel pengguna cukup familiar, maka pastilah ada seseorang yang memberikan review pada ponsel tersebut dan menampilkan segala fiturnya termasuk fitur OTG. Sebagai saran, untuk mengetahui spesifikasi lengkap segala ponsel bisa menuju ke website bernama GSM Arena. Saya rasa situs web tersebut sangat akurat dalam masalah spesifikasi HP.

Bergabung di Komunitas yang Membahas Ponselnya

Biasanya terdapat forum di sosial media yang membahas segala hal tentang merk ponsel yang pengguna miliki. Contohnya grup di facebook. Agar bisa mengetahui ponselnya mendukung OTG, silakan bergabung pada grup tersebut dan mulai bertanya.

Baca juga: Tutorial Kalibrasi Baterai Android Tanpa ROOT

Kesimpulan

Fitur OTG sudah tersedia pada ponsel Android mulai dari OS 4.0 keatas dan untuk OS kebawahnya kebanyakan belum mendukung. Pengguna bisa melakukan salah satu dari cara diatas yang dirasa paling termudah.

Tapi dari semua cara diatas, Saya lebih menyarankan untuk mencoba cara pertama (Mengetes langsung dengan kabel OTG) dan terakhir (Bergabung ke komunitas yang membahas ponselnya). Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment