≡ Menu

Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email di Android

Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email di Android

Bagi sebagian orang, pesan yang masuk di email pada ponselnya tidaklah penting. Hal tersebut karena mereka tidak pernah menggunakan fitur itu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun sebagian lagi juga masih membutuhkan email untuk keperluan lain yang tak terduga.

Mendaftar di sosial media akan lebih sah rasanya jika menautkan alamat email untuk sisi keamanan. Nah ketika akun sosial pengguna merasa terkunci karena hal-hal yang tidak dimengerti. Dari sini alamat email tersebut ada gunanya. Yakni dipakai untuk mereset kata sandi atau melaporkan masalah.

Lalu apa hubungannya dengan sinkronisasi? Tentulah ada. Fitur sinkronisasi email yang ada di Android memiliki banyak fungsi dan salah satunya adalah menerima pesan email secara real time. Selain itu dengan mengaktifkan fitur tersebut juga bisa mencadangkan pengaturan ponsel yang saat ini dipakai tanpa takut kehilangan lagi.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Mengakitfkan Fitur Sinkronisasi Email Otomatis pada Android

Saya rasa pengguna sudah mengerti apa itu sinkronisasi ini. Jika Saya sendiri mengaktifkan fitur tersebut supaya tidak telat menerima pesan. Karena ponsel akan melakukan PING beberapa detik sekali ke server untuk mengecek adanya pesan email terbaru. Dan berikut ini tata cara mengaktifkannya.

  1. Pastikan ponsel memiliki koneksi internet. Lalu silakan menuju Settings atau Pengaturan.
  2. Kemudian skroll kebawah dan klik Google pada bagian Accounts.

    Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email Otomatis di Android

  3. Akan tampil seluruh alamat email yang tertaut ke ponselnya. Dan pengguna cukup menekan opsi yang ada dibagian kanan atas.
  4. Selanjutnya akan muncul sub-menu lagi dan ketuk pada Sync Now.

    Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email Otomatis di Android

  5. Tunggu sekejap dan seluruh akun akan mulai disinkron otomatis.

Setiap ponsel mungkin memiliki menu yang berbeda-beda. Tapi intinya opsi sinkronisasi berada tepat pada bagian fitur Accounts. Tapi ada juga lho cara yang lebih mudah ketimbang diatas, tapi cara ini mungkin tidak bisa diterapkan pada semua ponsel.

Melalui Panel Notifikasi

Dari kebanyakan ponsel yang pernah Saya ketahui, bahwa disana terdapat fitur untuk mengaktifkan sinkronisasi dengan sangat mudah dengan cara mengetuk shortcut di bagian panel notifikasi. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

Mengaktifkan Sinkronisasi Melalui Panel Notifikasi

Walau tidak semua ponsel memiliki shortcut seperti itu, tapi 100% yakin sekali bahwa fitur tersebut pasti ada untuk kalangan ponsel Samsung.

Baca juga: Buat Email Secara Cepat dengan Website Mail

Kesimpulan

Fitur sinkronisasi otomatis ini memang bagus untuk diaktifkan, namun sangat bagus lagi jika diaktifkan hanya ketika dibutuhkan saja. Hal ini karena fitur tersebut membuat baterai ponsel sedikit cepat habis walau tidak signifikan.

Bahkan banyak dari aplikasi penghemat baterai juga menyarankan untuk menonaktifkan fitur sinkronisasi ini untuk menghemat baterai lebih maksimal. Selebihnya tentang misteri ini, pengguna dapat melihatnya pada pertanyaan yang dilontarkan seseorang pada forum Android Central.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment