≡ Menu

Trik Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Terdeteksi

Trik Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Terdeteksi

Hubungan suatu pertemanan memang tidak bisa dikatakan selalu harmonis, kadang ada pertengkaran yang menyebabkan keduanya saling berdiam diri untuk kebaikan dan menjauhkan diri untuk beberapa saat. Tapi itu hanya di dunia nyata, karena di jaman saat ini mereka akan tetap terhubung sangat dekat pada dunia maya.

Salah satunya seperti di WhatsApp. Sekarang ini aplikasi tersebut sudah layaknya menjadi aplikasi pengganti telepon/SMS yang ada pada ponsel. Ditambah lagi ada fitur status yang membuat WhatsApp seolah-olah mirip dengan sosial media.

Fitur status yang ada pada WhatsApp sangat mirip seperti pada Instagram Story, dimana segala yang dikatakan atau diunggah disana akan hilang untuk selamanya dalam kurun waktu 24 jam. Masalahnya, fitur tersebut punya pendeteksi layaknya Instagram sehingga kita tahu siapa saja yang melihat status milik kita saat itu.

Baca juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android ROOT

Bisakah Stalking Status WhatsApp Teman Tanpa Mereka Tahu?

Jawabannya adalah bisa, karena WhatsApp sendiri menganggap ini sebagai privasi. Ada tiga cara yang akan Saya bagikan disini dan semuanya berfungsi dengan benar. Baik ada cara yang mudah ataupun susah, pengguna cukup memilih mana yang dirasa dapat untuk dilakukan.

1. Mengatur Langsung pada Bagian Privasi Akun

Cara yang pertama termasuk sangat mudah sekali. Karena pengguna hanya perlu melakukan ON/OFF saja untuk opsi bernama Read Receipt yang ada di pengaturan privasi. Jika pengguna merasa ini masih membingungkan, berikut tata cara lengkapnya.

  1. Masuk ke WhatsApp dan klik opsi yang ada di pojok kanan atas. Lanjutkan dengan memilih menu Settings.

    Menonaktifkan Read Receipt di WhatsApp

  2. Pilih lagi menu bernama Account dan lanjutkan memilih menu Privacy.

    Menonaktifkan Read Receipt di WhatsApp

  3. Skroll kebawah dan temukan opsi bernama Read Receipt dan hilangkan centang untuk opsi tersebut.

    Menonaktifkan Read Receipt di WhatsApp

  4. Selesai, sekarang pengguna bisa stalking secara aman layaknya agen FBI hahaha.

Mengaktifkan Read Receipt sebenarnya juga masih diperlukan, untuk itu sebaiknya setelah melihat status teman, jangan lupa untuk mengaktifkannya kembali.

2. Melihat Status dari Folder Tersembunyi

Wow, judulnya seperti akan membongkar sesuatu, tapi tenang saja karena cara ini 100% sangat aman untuk dilakukan dan tidak beresiko sama sekali. Yang dibutuhkan adalah file manager yang dapat melihat folder tersembunyi.

Contohnya seperti aplikasi X-Plore, ES File Manager, atau aplikasi file manager yang lain. Dan untuk melihat folder tersembunyi, pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu pada setelan aplikasi file manager.

Jika file manager sudah dapat melihat folder tersembunyi, sekarang pengguna cukup menuju ke direktori SD Card => WhatsApp => Media => .Statusses. Nah disinilah pengguna akan melihat status berbentuk foto atau video milik teman.

3. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat satu aplikasi yang sangat keren, namanya adalah WhatsApp Extension. Dari namanya sudah bisa dimengerti bahwa itu semacam pengaya untuk aplikasi WhatsApp yang mana akan memberikan fitur tambahan layaknya pengaya yang ada pada peramban.

Hanya saja, untuk menggunakan ini ponselnya harus dalam keadaan diroot serta terpasang Xposed Framework. Setelah memasang WhatsApp Extension tentu pengguna akan mendapatkan beberapa fitur tambahan yang sebelumnya tak tersedia di WhatsApp original.

Fitur untuk melihat status teman supaya tidak terdeteksi sebenarnya sama seperti cara pertama, dan di WhatsApp Extension pengguna hanya perlu mencentang opsi bernama Turn off Read Receipt.

Jika pengguna ingin memasangnya, silakan unduh aplikasinya pada halaman Modul Xposed.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur WhatsApp Web

Kesimpulan

Dari ketiga cara diatas, Saya berani jamin bahwa cara pertama yang paling praktis dan aman untuk dilakukan. Walau sebenarnya cara kedua juga terbilang aman, namun terdapat kekurangan, yakni tak bisa melihat status berupa teks.

Cara terakhir termasuk beresiko, untuk itu silakan backup dulu aplikasi WhatsApp menggunakan bantuan aplikasi sejenis Titanium Backup. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment