≡ Menu

3 Kelebihan dari Mengaktifkan Mode Pesawat pada Ponsel

3 Kelebihan dari Mengaktifkan Mode Pesawat pada Ponsel

Dari nama fiturnya saja pengguna sudah bisa menebak kegunaan dari Airplane Mode atau Modus Pesawat ini. Bukan berarti dengan mengaktifkan modus tersebut maka ponsel bisa terbang dengan sendirinya, itu adalah lelucon paling konyol untuk ponsel. Satu-satunya kegunaan dari adanya mode pesawat ini dipakai saat pengguna sedang menaiki pesawat. Jadi bukan berarti ponselnya bisa terbang.

Ketika mengaktifkan mode pesawat, beberapa hal akan dinonaktifkan salah satunya adalah signal. Sebab signal yang aktif dapat menyebabkan komunikasi pada pesawat terbang itu terganggu dan maka dari itu mengapa di-adakannya mode pesawat ini supaya perjalanan pengguna dengan menaiki pesawat bisa lancar sampai tujuan.

Namun di lain sisi dengan mengaktifkan fitur tersebut terdapat pula kelebihannya lho.

Baca juga: Tips Percepat Proses Charge di Ponsel Android

Jangan anggap buruk dulu dengan mengaktifkan mode pesawat ini karena suatu saat pengguna juga akan terbantu sendiri oleh fitur tersebut untuk beberapa hal. Karena beberapa orang masih tidak tahu cukup mengenai mode pesawat ini maka dari itulah Saya ber-keinginan untuk membagikan kelebihan dari mengaktifkan fitur itu.

Nah jika pengguna ingin bertanya kekurangannya, Saya hanya dapat menjawab satu saja, yaitu adalah signal kartu SIM akan tiada untuk sementara.

1. Baterai Lebih Hemat dari Sebelumnya

Pada dasarnya pada seluruh ponsel, satu-satunya hal yang membuat baterai cepat habis adalah waktu siaga dari kartu SIM yang aktif. Dikarenakan kartu SIM yang aktif selalu mencari signal terus-menerus. Pengguna bisa melihatnya langsung dari statistik baterai apabila kurang percaya.

Kurang lebihnya 60% baterai akan lebih hemat dari biasanya apabila pengguna mengaktifkan mode pesawat dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika ponsel itu memakai kartu SIM ganda.

2. Membuat Koneksi Internet Makin Lancar

Loh kok bisa? Itulah pendapat dari pengguna saat ini, karena jika tidak ada signal apabila mengaktifkan modus ini maka ponsel tidak akan dapat menjalin koneksi internet. Namun yang Saya bicarakan bukanlah koneksi dari kartu SIM.

Melainkan adalah koneksi yang didapat dari jaringan WiFi. Karena meski mode pesawat diaktifkan, pengguna masih dapat mengaktifkan jaringan WiFi. Bagaimana itu bisa lancar? Karena beberapa aplikasi yang biasanya berjalan dilatar belakang tidak berdaya ketika mode pesawat ini dihidupkan. Dan ketika pengguna membuka satu aplikasi misalnya peramban, maka koneksi sepenuhnya dikeluarkan untuk peramban itu.

3. Memperbaiki Signal yang Buruk

Faktanya jika pengguna menghubungi operator dan melaporkan masalah signal yang buruk, cara pertama yang mereka lontarkan adalah menyuruh pengguna untuk me-mulai ulang ponselnya. Tapi hal tersebut tak perlu dilakukan lagi karena sudah ada mode pesawat.

Dengan menonaktifkan mode pesawat, maka seluruh radio konektivitas akan tidak aktif, selama itu kartu SIM tidak akan terbaca lagi seolah ponsel sedang dalam kondisi mati. Lalu ketika pengguna me-nonaktifkan mode pesawat, barulah hal tersebut sama seperti menghidupkan ponsel ulang. Jadi tak perlu lagi melakukan hal yang sulit apabila yang mudah sudah tersedia.

Baca juga: Cara Sederhana Perkuat Signal 3G di Android

Kesimpulan

Apakah ada dari ketiga diatas termasuk salah satu kesukaan pengguna dari mengaktifkan mode pesawat? Jika Saya sendiri lebih menyukai bagian yang pertama. Tapi pengguna harus tahu juga kekurangannya seperti yang Saya katakan tadi bahwa signal kartu SIM akan tiada sampai pengguna menonaktifkan modus ini.

Tapi ternyata juga ada lho cara untuk menghidupkan koneksi data meski ada di modus pesawat, tapi tetap saja itu melanggar peraturan fitur ini dan sebenanrnya tak boleh diterapkan ketika pengguna benar-benar sedang menaiki dalam pesawat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment