≡ Menu

Cara Melihat Kalender Pendidikan Secara Online

Cara Melihat Kalender Pendidikan Secara Online

Sebagai seorang pelajar SD/SMP/SMA biasanya tidak akan tahu mengenai hari libur jika tidak bertanya langsung pada guru. Dan jarang sekali adanya kalender pendidikan yang disediakan di sekolah untuk dapat dilihat semua muridnya.

Tapi sekarang ini, semua pelajar dapat mengetahuinya dengan mudah secara online. Dan dengan begini mereka bisa tahu kapan tepatnya hari libur khusus, libur semester, dan bahkan hari untuk penerimaan rapor.

Ada satu website yang menyediakan hal tersebut dan tentu sangat akurat sekali. Website tersebut juga diberi nama sebagai “Kalender Pendidikan dot Com” yang mana memang khusus untuk menampilkan kalender yang dijadwalkan oleh dinas pendidikan di daerah masing-masing.

Baca juga: Photomath: Aplikasi Kalkulator Pintar untuk Android

Mengetahui Hari Libur Sekolah SD/SMP/SMA

Membahas mengenai hari libur, tentu ada banyak artinya. Bisa itu libur nasional, khusus, akhir semester, dan lain-lain sebagainya. Di dalam situs web Kalender Pendidikan, semua itu sudah ditandai sebagai warna. Sehingga hari libur yang disesuaikan akan digolongkan dalam bentuk warna pada tanggalnya.

Cara Melihat Kalender Pendidikan Secara Online

Sedangkan arti warna dapat dilihat pada samping kiri tepatnya pada bagian Legenda kalender. Jika pun itu merasa terlalu rumit. Pengguna cukup bisa mengarahkan cursor mouse tepat pada tanggal yang dipilih. Sehingga nanti akan tampil jenis dari libur pada tanggal tersebut.

Tingkat Keakuratan pada Website Kalender Pendidikan

Pengguna tak perlu cemas mengenai tingkat keakuratan, karena situs web tersebut memberikan informasi langsung dari Dinas Pendidikan. Walau Saya sendiri tidak tahu-menahu mengenai situs web ini milik pemerintah atau tidak, tapi terdapat referensi di setiap kalender yang dipilih di setiap wilayah.

Cara Melihat Kalender Pendidikan Secara Online

Yang pasti, setiap kalender di berbagai wilayah berbeda-beda. Dan disetiap wilayah yang dipilih pun memiliki referensi berupa berkas berbentuk dokumen PDF. Untuk melihat berkas tersebut, pengguna bisa memakai bantuan program seperti Adobe Acrobat Reader.

Melihat Kalender di Tahun Ajaran Mendatang

Terdapat pula opsi untuk melihat tahun ajaran yang disediakan 1 tahun dari sekarang. Dan kalender sebelumnya sepertinya akan terus disimpan. Terakhir kali website ini menyediakan kalender pendidikan pada tahun 2015. Dan tepat pada tahun 2015 itu website Kalender Pendidikan berdiri. Sehingga hanya dari situlah website ini melakukan tracking terhadap kalender.

Baca juga: Cara Mendaftar di AWS Educate dan Dapatkan VPS Gratis

Kesimpulan

Kemudahan dalam melihat hari libur bisa dengan mudah dilihat oleh semua pelajar. Tampilan yang ada pada website ini juga tergolong rapi dan cepat sekali untuk mengaksesnya. Tidak ada opsi yang membingungkan dan segalanya tampak mudah digapai.

Satu hal kekurangan pada situs web tersebut adalah adanya iklan yang terbilang menganggu. Yakni iklan berbentuk Pop-Under. Hal tersebut dapat membuat orang hilang tujuan karena ingin cepat-cepat menutup tab mereka. Mungkin di waktu mendatang, pemilik website tersebut bisa membuatnya lebih nyaman lagi dan mengganti jenis iklan tersebut dengan yang lebih ramah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment