≡ Menu

Tips Berguna Sebelum Menjual Ponsel Android

Tips Berguna Sebelum Menjual Ponsel Android

Apakah pengguna berkeinginan untuk menjual ponsel Androidnya? Tapi masih berpikir lebih mengenai segala data yang ada pada ponsel itu. Sebenarnya ada satu hal yang sangat perlu untuk dilakukan, selain hanya menyelamatkan data saja, tapi juga menghapus segala hal supaya ponsel tampak seperti baru.

Menarik perhatian kepada penjual untuk menyuguhkan ponsel Android seperti baru sangatlah penting sekali, Apalagi jika kondisi ponsel masih terbilang mulus, tentunya harga jual bisa dibandrol sedikit tinggi.

Kembali ke data ponsel, hal yang Saya bagikan ini sama seperti tips sebelum pengguna mereset ponsel, tapi bedanya ini adalah akan menjual ponsel tersebut sehingga mereset juga pastilah sangat perlu.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Alasan Menjual Ponsel Android

Mungkin akan ada banyak sekali alasan mengapa pengguna hendak menjual ponselnya. Dari alasan butuh uang, ingin tambahan untuk menjual ponsel baru, atau sudah merasa tidak nyaman dengan ponsel itu akibat unsur lain seperti kenangan.

Pikirkan sekali-lagi jika pengguna sekiranya masih sayang untuk meninggalkan ponselnya, karena bagi beberapa orang meninggalkan ponsel kesayangannya adalah cobaan paling berat apalagi jika ponsel itu rusak.

Cadangkan Pengaturan dan Data Penting Android

Jika pengguna sudah benar-benar berfikir ingin menjualnya, maka silakan lanjutkan membaca ini. Jadi di Android terdapat fitur yang digunakan untuk mem-backup data penting melalui akun Google yang tertaut.

Cukup aktifkan itu pada Pengaturan sinkronisasi dan tunggu sekejap sampai proses mencadangkan data selesai. Ini tidak akan memakan waktu lama dengan syarat koneksi internet stabil. Akan lebih bagus lagi memakai WiFi atau jaringan 4G.

Export Kontak dan Perpesanan

Bayangkan seberapa pentingnya setiap kontak yang ada pada ponselnya. Tentu saja itu sangat penting sekali dan perlu untuk di export. Nah setiap ponsel Android memiliki fitur Export dan Import yang berada langsung pada opsi Kontak.

Sedangkan jika ingin meng-export perpesanan, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Titanium Backup atau sebagainya dan penguna dapat mencarinya di Play Store.

Cadangkan Semua Foto dan Video di Internal maupun External

Baik di memory internal atau external, semua foto yang tersimpan disana pasti penting sekali. Dan cara mencadangkan paling tercepat adalah menggunakan kabel data yang disambungkan ke PC. Dengan begitu pengguna bisa menyeleksi segala foto yang dirasa penting untuk disimpan.

Adapun cara lain untuk mencadangkan foto dan video, yakni memakai bantuan Google Photos. Aplikasi tersebut akan menyinkronisasi foto dan video yang berada pada ponsel. Akan tetapi itu membutuhkan koneksi internet yang tinggi sekali guna mempercepat proses dan tentunya kuota yang sangat banyak.

Reset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Ini adalah cara yang terakhir dalam pembahasan kali ini. Melakukan ini adalah suatu kewajiban sehingga segala pengaturan ponsel seakan menjadi baru. Dari tema, aplikasi, dan lain sebagainya. Bahkan akun Google yang tertaut pun juga akan hilang.

Apabila pengguna mengalami kegagalan ketika melakukan reset ini, bisa dipastikan terdapat Factory Reset Protection yang mana itu mencegah pengguna untuk mereset ponselnya. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, cukup hapus akun Google terlebih dahulu pada perangkatnya dan setelah itu lakukan reset kembali. Pasti akan berhasil.

Baca juga: Tips Membeli Baterai Baru untuk HP Android

Kesimpulan

Segala cara diatas sebenarnya bisa disimpulkan menjadi satu hal, yakni adalah “Cara Mereset dan Mencadangkan Ponsel Android Sepenuhnya“. Saya pun tidak bisa memberikan tips untuk berjualan yang baik, karena itu tergantung pengguna sendiri dan kualitas ponselnya.

Tapi jika menurut pengalaman Saya sendiri, cobalah untuk menjualnya terlebih dahulu secara online. Misalnya di grup Facebook yang membahas jual beli di wilayah pengguna. Saya berani jamin harga jual yang didapatkan akan lebih tinggi dibanding menjualnya di konter-konter.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment