≡ Menu

Tips Supaya RDP Tetap Awet dan Tak Mudah Ditangguhkan

Tips Supaya RDP Tetap Awet dan Tidak Mudah Ditangguhkan

Membeli RDP untuk suatu keperluan sangat wajib untuk memeriksa dulu dari sisi ketangguhan dan spesifikasinya. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, tapi juga pengguna harus melihat dari ketentuan yang diberikan oleh layanan server mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan pada RDP itu.

Karena jika pengguna tidak mengetahui ketentuan itu dan melanggar sekali saja. Maka tidak ada pengecualian lagi selain server itu ditangguhkan atau disuspend. Jika sudah begitu, satu-satunya cara untuk menghidupkan server kembali adalah meminta ke layanan server dan tidak mengulanginya lagi.

Dari banyakya penyebab suspend, satu hal yang dialami oleh banyak orang adalah dikarenakan RDP tersebut dipakai untuk menjalankan suatu program sejenis Traffic Exchange yang mana menciptakan outbound ke banyak situs terus-menerus dan terlihat seolah spam.

Baca juga: Tutorial Memasang RDP di VPS Ubuntu

Adapula penyebab lainnya, yakni seperti memanfaatkan server itu dilakukan ddos untuk suatu website. Jika seperti itu, jangan harap server pengguna bisa hidup kembali, sebab aktivitas iyu pun juga merugikan layanan server.

Tips RDP Tetap Awet

Keawetan dari RDP yang dimiliki bisa dilihat dari bagaimana cara pengguna menggunakannya. Jika memakai RDP untuk batasan normal seperti mengunduh dan mengunggah berkas, itu biasa-biasa saja. Tapi jika menggunakannya untuk jenis bentuk kejahatan, tentu umur RDP tidak akan lama.

Disini akan Saya berikan sedikit tips supaya RDP tetap awet sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin memakainya setiap saat. RDP memang ditujukan untuk bekerja non-stop, dan dari segi itu pengguna harus memahami apa saja yang dijalankannya.

  • Memastikan Persentase CPU Tidak Tinggi – Kebanyakan RDP menjalan berbagai program dengan CPU atau dengan maksud tidak seperti komputer yang pengguna pakai yang mana masih terbantu dengan adanya GPU. Sedangkan pada kebanyakan RDP tidak disediakan GPU karena terlalu mahal.

    Memeriksa CPU sesekali sangat diperlukan apabila sekiranya pengguna menjalankan suatu program terus-menerus. Jika dirasa CPU meningkat sampai hampir 100%, sebaiknya hentikan segala program yang berjalan saat itu dan reboot ulang.

  • Tidak Memaksa untuk Menjalankan Program Berat – Jangan pernah memakai RDP untuk menjalankan program berat, contohnya emulator atau sejenisnya. Kecuali jika RDP itu memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti diberi prosesor dan RAM tinggi.

    Memaksa RDP untuk menjalankan program berat secara terus menerus hanya akan membuat CPU meningkat dan server menjadi tidak stabil atau DC secara tiba-tiba.

  • Menghindari Traffic Exchange – Memang benar bahwa terdapat penyedia RDP diluar sana yang memperbolehkan untuk menjalankan program Traffic Exchange, akan tetapi kebanyakan melarangnya.

    Salah satu penyedia RDP atau VPS yang memperbolehkan Traffic Exchange adalah Amazon AWS. Tapi penyedia layanan server seperti Azure dan Google Cloud melarang keras terhadap hal tersebut.

  • Memasang Program Ilegal – Sebenarnya tidak hanya program ilegal saja yang tak boleh dipasang, akan tetapi juga program sejenis VPN sebenarnya dilarang keras untuk diinstall.

    Sebab terakhir kali RDP Saya ditangguhkan akibat memasang program VPN.

  • Melakukan Aktivitas H*acking – Yang terakhir adalah jangan pernah melakukan hal semacam ini. Percaya ataupun tidak, sistem pasti akan mengetahuinya. Baik itu melakukan ddos atau hanya sekedar memakai RDP untuk membuka password WPA.

Koneksi internet yang ada di RDP memang sangat luar biasa cepat, tapi tidak harus digunakan untuk hal yang tidak-tidak. Secara normal RDP yang dijual di internet untuk kebutuhan upload dan download saja. Dan kalau Saya sendiri memakai RDP kadang hanya untuk membantu proses perpindahan website saja supaya lebih cepat proses uploadnya.

Baca juga: Tips Mengatur RDP Supaya Stabil dan Tak Pernah Putus

Kesimpulan

Dengan memakai RDP dengan normal, semua akan baik-baik saja dan jauh dari kata banned, suspend, ataupun terimanted. Ada berbagai banyak RDP murah di luar sana yang hanya dibandrol 50rb sebulan dan bagi Saya itu sudah cukup jika barangkali pengguna adalah para pemilik akun Youtube untuk mengunggah video.

Saya ingin sekali membagikan tips tentang membeli RDP yang cocok sesuai kebutuhan, akan tetapi jika digabung pada artikel ini akan menjadi sangat panjang dan pengguna bisa menunggu di artikel mendatang.

Apabila pengguna menginginkan RDP yang memiliki GPU didalamnya, Saya menyarankan pengguna memakai akses percobaan dari Google Cloud yang mana mereka akan memberikan gratis kredit sekitar $300 dan itu sudah cukup untuk membuat RDP dengan GPU. Cocok sekali untuk para Youtuber karena memakai GPU, proses render video akan lebih cepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment