≡ Menu

Cara Mengetahui Nomor Internet di Modem ZTE F609

Cara Mengetahui Nomor Internet di Modem ZTE F609

Dulunya ketika Indihome masih menjadi Speedy, setiap router yang diberikan oleh pelanggannya adalah berjenis TP-LINK TD-W8151N dan router tersebut sangatlah bermasalah dengan banyaknya celah dan beresiko bisa diretas dengan sangat mudah.

Hingga sekarang ini di tahun 2017 sudah banyak sekali yang memakai router berjenis ZTE F609 yang lebih aman, tapi bukan berarti terhindar dari celah karena seberapa kecil celah dari suatu hal pasti akan ketahuan juga.

ZTE F609 memiliki fitur anti-hacking yang memungkinkan router bisa sangat aman, tapi beberapa orang tidak mengaktifkan fitur tersebut karena dirasa hanya akan membuat konflik terhadap koneksi. Namun Saya rasa itu tidak meng-efek pada koneksi dan hanya pada sistem pertahanan saja.

Seperti halnya memperoleh kata sandi admin di ZTE F609 tidaklah mudah. Pengguna harus bisa masuk ke bagian telnet dan mengambil detail kata sandi disana. Setelah memasuki halaman pengelola sebagai admin, disaat itulah pengguna dapat melihat serta mengatur segalanya yang ada pada router.

Baca juga: Berbagai Cara Mengambil File rom-0 pada Modem Speedy

Mendapatkan Akses Admin di Router ZTE F609

Sehubungan kata sandi router selalu diganti oleh pihak telkom kadang sebulan sekali untuk alasan keamanan, maka jangan heran jika suatu saat pengguna masuk sebagai admin tapi kata sandi salah. Bisa jadi kata sandi tersebut memang telah diganti.

Dan untuk mendapatkan kata sandi itu, pengguna bisa memanfaatkan telnet. Silakan baca artikel . Jadi Saya harap disini pengguna sudah mendapatkannya.

Mengetahui Nomor Internet di Modem ZTE F609

Sebelum melanjutkan lebih jauh, Saya hanya ingin mengatakan bahwa tutorial ini bermaksud untuk pembelajaran dan tidak bermaksud kejahatan atau merugikan orang lain. Namun pengguna pun juga bisa mendapatkan nomor internet dengan menelpon 147. Gunakan cara ini sebagai alternatif, dan berikut caranya.

  1. Masuk ke halaman pengelola, biasanya adalah 192.168.1.1 dan masuk sebagai admin.

    Mengetahui Nomor Internet di ZTE F609

  2. Pada menu, pilih Network dan sekarang akan ditujukan pada bagian WAN Connection.

    Mengetahui Nomor Internet di ZTE F609

  3. Perhatikan dibagian Connection Name, disampingnya terdapat opsi, pilih yang bernama omci_ipv4_ppoe.

    Mengetahui Nomor Internet di ZTE F609

  4. Setelah memilih opsi tersebut, seketika halaman akan memuat ulang dan perhatikan dibagian PPP dan nomor internet sudah muncul pada bagian Username.

    Mengetahui Nomor Internet di ZTE F609

Nomor internet sangatlah penting dan sebaiknya tidak perlu diberitahukan pada orang lain. Hingga saat ini pada ZTE F609 memiliki satu kelebihan, yakni bisa membuat kata sandi untuk nomor internet itu tidak bisa diintip. Jadi seolah itu sudah masuk ke database.

Baca juga: Trik Mengetahui Password Admin di Router ZTE F609

Kesimpulan

Sebaiknya tetap aktifkan fitur firewall sebagai middle atau low karena itu lebih baik daripada tidak mengaktifkannya. Sebab mengaktifkan firewall dapat membuat pertahanan yang memungkinkan router tersebut tetap aman dari ulah tangan jahil.

Seperti akses telnet akan dibatasi dan hanya bisa diakses melalui kabel LAN saja. Dan sebagai saran, jangan lupa untuk mengganti kata sandi dari akun user. Sebab meskipun itu tidak dapat bertindak seperti akun admin, tetapi juga bisa mengatur banyak hal termasuk jaringan WiFi.

Lalu apa kegunaan dari nomor internet tadi? Saya rasa pengguna akan tahu suatu saat ketika ingin menanyakan sesuatu ke 147 atau TelkomCare. Nomor Internet bisa dikatakan identitas yang dapat dipakai untuk banyak hal, maka dari itu jadikan sebagai prioritas tinggi untuk tetap membuat nomor internet itu tidak diketahui oleh orang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment