≡ Menu

Cara Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

Cara Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

Setiap orang yang pertama kali baru memegang komputer pasti memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan ingin cepat-cepat mempelajari segala fitur yang ada. Salah satunya yang paling termudah adalah mengganti Wallpaper.

Mengganti wallpaper pada komputer Windows sebenarnya bisa dilakukan tanpa adanya tutorial lagi, karena itu terlalu mudah untuk dipahami bahkan untuk pengguna awam. Namun siapa tahu terdapat seseorang yang masih membutuhkan cara ini yang mana kebingungan terhadap menu yang sulit.

Selain hanya wallpaper saja, sebenarnya Windows juga menyediakan fitur untuk mengganti theme dan pengguna bisa mendapatkan banyak theme gratis pada internet.

Sementara orang masih ingin mengganti wallpaper saja dan nyaman dengan theme saat ini, baik itu dikarenakan ingin sesuatu yang tetap sederhana atau tidak ingin membuat komputernya terbebani akibat theme yang diunduh di internet.

Baca juga: Kumpulan Website Penyedia Gambar Tanpa Hak Cipta

Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

Cara ini Saya buat dari Windows 7, tapi intinya pada Windows dibawahnya maupun keatasnya memiliki opsi yang sama walau tampilannya berbeda. Selain itu Saya pikir pengguna sudah memiliki wallpaper yang siap untuk dipakai.

Tapi jika belum memilikinya, silakan unduh dulu di situs penyedia wallpaper, seperti situs Pexels. Jika sekiranya gambar sudah disiapkan, lanjutkan membaca tutorial memakainya dibawah ini.

  1. Buka Windows Explorer dan menuju direktori dimana gambar tadi disimpan.

    Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

  2. Klik 2 kali pada gambar tersebut sampai masuk ke Windows Photo Viewer.

    Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

  3. Sekarang tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah klik kanan pada gambar tersebut dan menekan menu Set as desktop background.

    Mengganti Wallpaper di Komputer Windows

  4. Selesai, sekarang coba lihat tampilan desktop pasti sudah berganti dengan gambar tadi.

Namun jika pengguna ingin mengembalikan ke tampilan semula dari theme, cukup klik kanan pada desktop dan pilih Personalize. Kemudian pilih theme yang dipakai sebelumnya. Mudah sekali bukan?

Memilih Wallpaper yang Sesuai Layar

Apakah gambar yang dipakai tidak pas dan terdapat area kosong berwarna hitam dan merasa itu sangat tidak keren? Tenang saja karena itu hanya faktor resolusi gambar yang dipilih. Karena tidak peduli pengguna mengunduh ukuran HD tapi resolusi berbeda dengan gambar.

Yang perlu dilakukan adalah menyamakan resolusi gambar tersebut sama dengan resolusi pada monitor komputer yang digunakan. Caranya sangat mudah, pertama klik kanan pada desktop dan tekan Screen Resolution. Lalu perhatikan pada opsi Resolution, itu adalah ukuran layar yang dipakai monitor saat ini.

Melihat Resolution Layar Monitor PC

Jika sudah mengetahui ukuran layar, pengguna cukup mencari gambar yang cocok saja sesuai resolusi layar tersebut. Biasanya di situs penyedia gambar tersedia opsi untuk memotong ukuran gambar supaya tepat dengan layar.

Baca juga: 5 Tips Maksimalkan Performa PC Low-End

Kesimpulan

Mengganti wallpaper di komputer menurut Saya sendiri sudah menjadi semacam tradisi setiap minggu untuk mengetahui hal yang baru, sehingga tidak bosan membuka komputer setiap harinya. Dan tentang kenyamanan, tentu itu mengarah ke resolusi tadi.

Resolusi gambar yang berbeda dengan layar memang terasa kurang nyaman untuk dilihat. Baik itu terlihat kekecilan atau terlalu besar, apalagi jika gambar itu buram tentunya hanya akan membuatnya tidak enak untuk dipandang. Jadi intinya carilah wallpaper yang membuat pengguna nyaman di segala situasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment