≡ Menu

Mengatasi Sumber Daya Diblokir pada Google Search Console

Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir pada Google Search Console

Hanya ada beberapa penyebab yang menimbulkan adanya sumber daya yang diblokir yang tampil di search console. Biasanya orang akan membiarkan hal ini terjadi dan tidak berpikir gejalanya, namun sebenarnya hal ini ada efek sampingnya lho terhadap SERP yang mana akan menurunkan rangking halaman dari website milik pengguna. Maka dari itu sebaiknya hal ini segera diatasi supaya tak berdampak buruk kedepannya.

Biasanya website yang tiba-tiba kehilangan pengunjung cukup banyak sekitar 15% bisa jadi dikarenakan adanya peningkatan blocked resource ini dan terkadang pengguna mendapatkan pemberitahuan adanya peningkatan atas kejadian itu melalui email.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara dan ini tidak bisa dilakukan dengan instan atau dengan maksud adalah butuh ketelitian. Sekali pengguna mengetahui masalahnya, maka masalah akan langsung berakhir.

Baca juga: Cara Melihat Semua Backlink Alexa Secara Gratis

Contohnya seperti pengaruh terhadap robots.txt yang mencekal crawl google menelusuri halaman, hal tersebut pasti akan langsung tampil di bagian sumber daya yang diblokir. Jika hanya satu atau dua halaman sih tidak apa.

Tapi jika ratusan halaman, itu sudah menjadi sebuah masalah yang mengakibatkan pengunjung bisa turun akhir-akhir har itu. Baiklah, mari langsung bahas tata cara menangani masalah ini dari beberapa cara yang Saya uraikan dibawah ini.

  1. Mengecek Robots.txt Website – Satu-satunya alasan dari adanya masalah ini adalah dikarenakan robots.txt mendapati kesalahan didalamnya.

    Cobalah untuk mengecek apakah robots.txt pada situs berfungsi dengan baik dengan memakai fitur tester yang ada di search console. Yang terpenting adalah mengaturnya supaya Googlebot menelusuri halaman konten website.

  2. Mengecek Script External – Contohnya adalah kode iklan atau hal lain yang tidak menyangkut internal. Bisa jadi konten website yang ditaruh di situs pengguna tersebut tak mengijinkan google merayapinya.

    Sehingga website pengguna yang terlanjur memasang tayangan dari website tersebut ikut mendapatkan dampak dari blocked resource ini.

  3. Menghilangkan Kode Tag Iframe – Sebenarnya ini tak lagi Saya ulangi, sebab intinya hampir mirip seperti cara yang kedua. Jadi terkadang suatu iklan akan tampil melalui frame nah konten dalam frame tersebut tak mengijinkan Googlebot merayapinya.
  4. Mengecek Sumber URL Gambar – Pengguna yang tak sadar mengambil gambar di suatu situs untuk artikel yang dibuat terkadang bisa menyebabkan hal ini. Intinya sama seperti diatas yaitu tak situs penyimpanan gambar tersebut tak mengijinkan Googlebot merayapinya dari robots.txt.

    Maka dari itulah mulai sekarang apabila ingin mengambil gambar dari website lain, unggah terlebih dahulu ke website sendiri supaya lebih aman. Dan jangan lupa, gambar juga punya hak cipta.

Ketika pengguna melihat pada bagian sumber daya yang diblokir, akan tampil daftar halaman yang terinfeksi akibat masalah ini

Dan untuk mengetahui sumber website mana yang menyebabkan masalah ini, cukup klik salah satu halaman dan nanti akan tampil URL Website yang membuat hal tersebut terjadi. Sekarang amati situs pengguna dan carilah sesuatu yang berkaitan dari URL website itu, dan jika ada langsung hapus saja.

Baca juga: Cara Mengatasi Website Terindikasi Malware oleh Google

Jika itu sebuah iklan, maka sedikit sulit untuk mengetahuinya kecuali dengan cara mencopot kodenya langsung. Untuk mengetahui masalah ini sudah rampung tidaknya biasanya perlu menunggu sampai 3 hari.

Sebab pada fitur sumber daya yang diblokir hanya menampilkan statistik sebelum 3 hari dari sekarang. dalam waktu 3 hari kedepan memang tidak langsung bisa turun langsung nol, namun semakin hari akan menurun dan itu lebih baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment