≡ Menu

Tutorial Memperbarui Java di Windows 7

Tutorial Memperbarui Java di Windows 7

Java adalah komponen yang wajib untuk dipasang pada komputer. Bukan hanya sebagai pelengkap melainkan untuk menjalankan suatu program dengan lancar dan tak mengalami kendala lagi. Sebab banyaknya program penting saat ini membutuhkan Java, seperti Android Studio.

Tak hanya program saja yang biasanya membutuhkan bantuan Java, tapi bahkan ada pula suatu situs website yang membutuhkan Java untuk dapat mengakses kontennya. Salah satunya seperti permainan online yang dapat dimainkan langsung dari peramban.

Sangat penting sekali melakukan pembaruan terhadap Java yang ada di komputer. Segala kesalahan yang sebelumnya mungkin terjadi akan tiada dan tentunya akan memberikan kualitas yang semakin baik dibanding versi sebelumnya.

Baca juga: Aplikasi Android Untuk Decompile APK Dalam Bentuk Java

Cara Memperbarui Java pada Windows 7

Secara umum Java sudah mengatur untuk menampilkan notif setiap adanya pembaruan. Tapi bisa jadi disaat itu pengguna tidak sempat untuk memperbaruinya dengan alasan koneksi internet lambat, tidak ada waktu, atau lain-lain. Sehingga pengguna harus menunda proses pembaruan itu. Dan beginilah tata cara mudah memperbarui Java secara manual di Windows 7.

  1. Pada Windows START Menu, klik Control Panel.

    Cara Memperbarui Java di Windows 7

  2. Lalu pilih menu bernama Programs.

    Cara Memperbarui Java di Windows 7

  3. Nah dibagian sini pengguna pasti telah melihat adanya menu lagi bernama Java. Silakan klik dan tunggu sampai program Java menampilkan jendela.

    Cara Memperbarui Java di Windows 7

  4. Jika sudah tampil, tekan tab Update dibagian atas. Dan lanjutkan menekan tombol Update Now.

    Cara Memperbarui Java di Windows 7

  5. Apabila memang benar ada pembaruan, pasti akan muncul notif di Tray Icon yang menyuruh pengguna untuk memperbaruinya. Namun jika tidak ada pembaruan, maka akan tampil notif bahwa Java sudah ada di versi paling terbaru.

Proses pembaruan mungkin mencakup waktu yang cepat apabila koneksi saat ini terbilang stabil. Jika pun pengguna mengalami notif kesalahan yang tampil setelah menekan tombol Update, maka cukup ulangi lagi untuk menekan tombol itu, karena bisa jadi koneksi internet masih belum siap untuk mengambil data dari server Java.

Baca juga: Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

Mengapa Harus Memperbarui Versi Java

Tentunya dengan memperbarui di versi terbaru akan membuat setiap program yang menjalankan dengan bantuan Java akan semakin stabil dan nyaris tidak akan ada masalah lagi. Selain itu beberapa peningkatan mungkin juga akan didapatkan.

Pada situs web Java sendiri mengatakan bahwa sangat penting untuk melakukan pembaruan Java. Guna untuk menambah fitur, perbaikan, dan kestabilan. Jika pun pengguna masih ragu terhadap tulisan ini, silakan langsung menuju situs web official di halaman Why should I upgrade Java?.

Ada juga cara lain untuk memperbaruinya tanpa perlu masuk ke bagian Controller seperti cara diatas. Yakni langsung mengunduh versi terbaru dan nantinya ketika hendak meng-install maka akan langsung menimpa versi sebelumnya. Tapi tetap saja, cara yang paling praktis hanya dari Controller, karena tidak rumit dan langsung dari fitur Java sendiri.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment