≡ Menu

Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

Mengganti tampilan adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengusir kebosanan. Ada banyak theme untuk Windows 7 yang bisa diunduh gratis, tapi beberapa orang lebih ingin memakai theme original karena terasa lebih ringan.

Dan yang paling ringan adalah tampilan klasik yang memiliki warna biru pada taskbar. Sehingga muncul pertanyaan, apakah bisa warna biru itu diganti dengan warna lain sekiranya bisa membuat kebosanan hilang? Dan jawabannya adalah tentu saja bisa.

Meskipun dapat mengganti warna biru itu, akan tetapi bukan tampilan klasik yang akan digunakan nanti, tapi memakai tampilan lain yang mendukung untuk mengubah warna taskbar ini. Yakni menggunakan tampilan Aero yang mana itu sudah disediakan oleh Windows 7.

Baca juga: Cara Mengatasi System Icon Hilang Di Taskbar

Cara Mengganti Warna Taskbar pada Windows 7

Cara yang diberikan kali ini hanya khusus untuk tampilan Aero, sebab selain itu tidak akan bisa dan hanya tampilan inilah yang terasa ringan sama halnya theme klasik. Tapi ada juga hal yang membuat tema Aero ini sedikit berat, silakan simak dibawah nanti. Dan sekarang ada tata cara mengganti warna taskbar terlebih dahulu.

  1. Pada desktop, klik kanan dan pilih Personalize.

    Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

  2. Pastikan pengguna sudah berada di tampilan Aero, jika belum silakan terapkan terlebih dahulu.

    Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

  3. Klik menu Windows Color yang ada dibagian bawah.

    Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

  4. Dibagian ini pengguna bisa mengatur sendiri warna yang disukai dan secara otomatis warna Taskbar pun juga akan berubah.

    Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

  5. Jika sudah menemukan warna yang cocok, klik tombol Save Changes.

    Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

Meski pada theme klasik juga tersedia menu untuk mengganti warna tersebut, tapi ketika diklik maka akan ditujukan ke suatu dialog untuk mengganti warna tapi tidak tersedia mengganti warna untuk Taskbar.

Tips Supaya Memakai Tampilan Aero Tetap Ringan

Sedikit perbedaan yang ada antara klasik dan aero ini. Tapi jika dikatakan keren, tentu Saya memilih Aero. Dan seperti kata Saya diatas tadi bahwa memakai theme itu akan terasa sedikit lebih berat, hal tersebut juga termasuk dari warna yang diatur tadinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Hilangnya Tab Menu di Task Manager PC

Jadi sebagai saran, jangan mengaktifkan warna transparan. Saya tidak tahu mengapa tapi di berbagai forum sangat tidak menyarankan mengaktifkan itu disebabkan perangkat akan lebih lambat dan terbebani.

Tapi hal tersebut juga tergantung dari spesifikasi PC yang dipakai juga, apabila memiliki spesifikasi high-end, maka tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur transparan warna tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment