≡ Menu

Cara Mengatasi Batas Waktu Koneksi Berakhir pada Play Store

Cara Mengatasi Batas Waktu Koneksi Berakhir pada Play Store

Masalah yang terjadi pada Play Store tidak hanya sekali saja dan sebagian dari itu sudah pernah dibagikan pada Blog Second. Tetapi masalah baru terus saja muncul sehingga sebagai pemilik ponsel harus mengatasi masalah tersebut dan membuatnya tidak sampai terjadi lagi.

Pemberitahuan “Batas Waktu Koneksi Berakhir” adalah salah satu masalah ringan yang sering terjadi pada Play Store dan sebenarnya masih ada hal yang lebih parah dibanding itu yang mana jalan satu-satunya harus mereset ponsel ke pengaturan pabrik.

Tapi apabila pengguna mengalami masalah ini, tidak akan perlu untuk melakukan reset ponsel karena ini hanyalah error dari dalam aplikasi Play Store itu sendiri dan bisa diatasi dengan sangat mudah. Adakalanya mungkin pengguna juga ingin tahu penyebabnya, dan itu akan Saya bahas di akhir nanti.

Baca juga: Cara Mengatasi “Google Play Service Has Stopped” pada Android

Mengatasi Batas Waktu Koneksi Berakhir di Play Store

Tak perlu cemas apabila pengguna merasa mengalami masalah ini juga. Karena disini Saya akan menjelaskan sedikit cara untuk mentuntaskan permasalahan sehingga pengguna dapat membuka Play Store lagi dan mulai mengunduh aplikasi atau segalanya dengan normal. Berikut ini caranya.

  1. Menghapus Data Play Store – Diawali dengan cara ini, dan pengguna tidak perlu khawatir karena cara ini sangatlah aman dan tidak beresiko apapun. Cukup menuju pengaturan aplikasi dan cari Play Store lalu klik hapus data.

    Setelah itu coba buka kembali aplikasi Play Store pasti sudah bisa. Jika terdapat dialog persetujuan, silakan pilih Setujui atau Accept.

  2. Memastikan Koneksi Stabil – Secara normal, tampilnya Batas Waktu Berakhir adalah dikarenakan koneksi internet yang ada pada ponsel tidak terlalu cepat sehingga tidak menjangkau server Play Store dalam waktu yang sedikit lama dan menyebabkan timeout.

    Sebagai saran, gunakanlah minimal signal 3G supaya lebih stabil atau melakukan tethering WiFi dari ponsel lain apabila memungkinkan, sebab memakai jaringan WiFi batas timeout seakan diatur lebih lama.

  3. Memperbarui Versi Play Store Secara Manual – Apabila koneksi yang dipakai terasa normal dan tidak lambat, maka bisa dipastikan permasalahan ini disebabkan karena versi Play Store sudah lawas dan harus diperbarui.

    Dan untuk memperbaruinya, pengguna bisa mengunduh file APK langsung dari situs web XDA-Developers, sebab situs tersebut selalu memperbarui dengan cepat disaat ada versi Play Store yang terbaru.

Tiga hal diatas sangat penting sekali untuk dilakukan. Mulailah dari cara yang pertama dan jika tidak mengatasi permasalahannya, gunakan cara selanjutnya sampai langkah ketiga. Saya jamin masalahnya akan teratasi jika pengguna melakukannya dengan benar.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Di Play Store Selalu Macet

Hal yang Menyebabkan Batas Waktu Koneksi Berakhir di Play Store

Kadang hal tersebut terjadi disebabkan karena koneksi yang terbilang lambat, tapi kadang pula terjadi akibat aplikasi Play Store sedang diunduh di latar belakang sehingga koneksi hanya dipakai untuk unduhan latar belakang tersebut.

Dan ketika pengguna melakukan langkah pertama diatas, maka bisa dipastikan proses latar belakang yang dilakukan oleh Play Store akan langsung terhenti dan segalanya akan kembali normal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment