≡ Menu

Tips Mengontrol Komentar di Instagram

Tips Mengontrol Komentar di Instagram

Tahukah bahwa melakukan komentar di suatu akun seseorang sama saja seperti kita berbicara secara langsung kepada orang tersebut. Untuk itulah mengapa kita harus memperlakukan segala hal kita di dunia maya harus sama seperti di dunia nyata, atau dengan maksud tetap menghormati dan menjaga sikap supaya tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Sebagai pemilik akun Instagram, pengguna diberikan hak untuk mengontrol komentar dari siapa saja. Dengan cara ini pengguna tidak akan merasa terganggu terhadap orang lain yang secara langsung berkomentar di setiap postingan yang dibuat.

Terdapat fitur untuk memblokir seseorang tapi hanya dikhususkan untuk berkomentar saja. Bisa jadi hal ini diperlukan dikarenakan adanya akun yang dirasa menganggu terhadap perkataannya yang ada di komentar.

Baca juga: Solusi Mengatasi Komentar Diblokir Oleh Instagram

Bagaimana Mengontrol Komentar di Instagram?

Instagram memberikan fitur khusus yang memungkinkan pengguna dapat mengelola dibagian komentar supaya sesuai dengan apa yang diinginkan. Seperti memperbolehkan berkomentar hanya khusus untuk pengikut saja atau orang yang diikuti, dan secara default adalah diatur sebagai “semuanya” alias tidak ada batasan komentar. Dan berikut ini cara lengkap tentang mengontrol komentar di Instagram.

  1. Masuk ke bagian profil dan tekan tombol opsi yang ada dibagian kanan atas.

    Mengontrol Komentar di Instagram

  2. Skroll kebawah dan temukan menu bernama Comments.

    Mengontrol Komentar di Instagram

  3. Dibagian inilah pengguna dapat mengontrol setiap komentar untuk setiap postingan.

    Mengontrol Komentar di Instagram

    Fitur Allow Comments from dipakai untuk memperbolehkan siapa saja yang berkomentar di postingan pengguna. Sebagai saran pilihlah Your Followers.

    Sedangkan fitur bernama Block Comments From dipakai untuk memblokir suatu akun yang dirasa menganggu sehingga meski dia berkomentar, itu tidak akan diketahui oleh pengguna dan orang lain.

Jika itu hanya sebuah opsi yang dipakai semacam privasi saja, tapi apakah bisa melakukan pembatasan untuk setiap kata yang ada di komentar? Dan jawabannya adalah SANGAT BISA. Dan untuk melakukan hal itu, lanjutkan membaca artikel ini.

Melakukan Filter Kata untuk Setiap Komentar Instagram

Kurang tahu kapan tepatnya fitur ini disediakan, tapi memang bisa lho membatasi perkataan tertentu supaya komentar itu tidak ditampilkan. Jadi hal ini semacam fitur filter komentar yang ada di blog yang mana pengguna bisa menulis kata-kata apa saja yang dirasa kurang pantas.

Mengontrol Komentar di Instagram

Untuk melakukannya sangatlah mudah, dibagian Comments tadi cukup skroll kebawah dan mengaktifkan fitur bernama Enable Keyword Filters. Dan sebuah kolom besar akan tampil dibawahnya, pengguna cukup mengisikan kolom itu dengan kata-kata yang tidak pantas. Isikan setiap kata dengan diakhiri tanda koma.

Baca juga: Cara Memperbesar Foto Profil Instagram Orang Lain

Kesimpulan

Secara umum Instagram memang sudah mengaktifkan filter otomatis untuk perkataan tidak pantas, tapi mungkin itu masih kurang disempurnakan sehingga diberikan fitur manual tersebut. Tapi bagaimanapun juga sebaiknya tidak mematikan filter otomatis tersebut.

Mohon maaf karena tidak mencontohkah bagaimana cara menuliskan perkataan yang tidak pantas di tutorial tadi dengan alasan tertentu. Tapi jika pengguna kesulitan mencari perktaan yang kurang pantas, silakan cari di Google dengan kata kunci Banned Word List. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment