≡ Menu

Tips Supaya Artikel Blog Tidak Dicopas

Tips Supaya Artikel Blog Tidak Dicopas

Menulis sebuah artikel bukanlah sesuatu yang mudah, dan tentunya membutuhkan usaha untuk melakukannya. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki ketrampilan untuk menulis artikel akan menyalin artikel orang dan memasang pada websitenya tanpa mengerti adanya hak cipta.

Banyak sekali orang yang membuat artikel supaya konten mereka bisa tampil pada mesin pencari seperti Google, akan tetapi jika terdapat orang yang menyalinnya, maka pada Google akan terdapat artikel yang menyerupainya dari 2 website dan ini adalah masalah yang cukup serius.

Pemilik website setidaknya harus memasang halaman hak cipta untuk memberikan peringatan untuk orang lain ketika ingin menyalin kontennya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Website

Contohnya saja seperti memasang badge DMCA yang mana ini adalah salah satu cara yang membuat orang lain mengerti bahwa konten yang tertera telah dilindungi hak cipta dan tidak boleh disalin seenaknya. Akan tetapi dengan memasang badge DMCA saja masih tidak bisa meminimalisir akan konten yang disalin, karena beberapa orang mengabaikannya.

Lalu adakah cara untuk membuat konten supaya tidak disalin oleh orang lain? Sebenarnya sebuah artikel tidak bisa dilindungi sepenuhnya, akan tetapi masih bisa dicegah atau diminimalisir supaya tidak ada orang yang akan menyalinnya.

Seperti menambah watermark pada gambar objek artikel. Dengan begitu orang yang akan menyalinnya pasti akan memikirkan terlebih dahulu akan menyalinnya atau tidak. Tapi ada beberapa hal lain untuk mencegah supaya artikel tidak disalin atau dicopas orang lain. Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Menambah Halaman Hak Cipta atau Memasang Badge DMCA – Ini adalah hal yang paling disarankan, karena setiap website yang memiliki peraturan hak cipta pasti bisa melaporkan website orang lain yang telah menyalin konten yang bukan milik mereka. Ada banyak cara untuk melaporkannya, bisa dari Google atau bisa juga lewat website DMCA.
  2. Menambah Watermark pada Gambar – Watermark adalah sebuah tulisan yang ada pada gambar, biasanya ada dibagian pojok gambar. Cukup tulis alamat website pada setiap objek gambar artikel. Ada banyak alat dan plugin untuk WordPress untuk membuat watermark dengan sangat mudah.
  3. Mematikan Klik Kanan Mouse – Cara ini bisa mencegah pengguna menyalin sebuah konten menggunakan klik kanan pada mouse. Karena kebanyakan orang menyalin teks sering menggunakan klik kanan dibanding dengan tombol keyboard.
  4. Mematikan Tombol Penyalinan Teks dan Source pada Keyboard – Jika cara diatas masih tetap membuat orang lain menyalin artikelnya, cobalah untuk mematikan beberapa tombol keyboard yang digunakan untuk menyalin teks. Antara lain seperti CTRL+A, CTRL+C, CTRL+S, CTRL+U, CTRL+SHIFT+U.

Hanya 4 cara diatas yang bisa Saya berikan untuk mencegah terjadinya copy paste pada artikel yang dimiliki. Tapi pengguna juga harus mengetahuinya bahwa bagaimanapun pengguna mencoba untuk membuatnya tercegah, tentu masih ada cara lain untuk menyalinnya.

Orang yang menyalin konten pengguna adalah orang yang menyukai tulisan pengguna, dan mereka adalah orang yang gagal mendalami SEO. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment