≡ Menu

Menambah Meta Tags Otomatis dengan Kode Javascript

Tutorial Menambah Meta Tags Otomatis dengan Kode Javascript

Biasanya sebuah meta tags dipasang pada antara head tags. Kegunaannya untuk membuat para robot mengenali apa yang ia akan rayapi dari semacam deskripsi, judul, dan lain-lain. Tapi jika tidak ada meta tags pun juga tidak mengapa, akan tetapi robot dari mesin pencari mungkin akan sedikit kesulitan untuk menuliskan deskripsi pada halaman pencarian dan reputasi website menurun.

Meta tags sangat diperlukan untuk SEO, salah satunya adalah meta deskripsi yang mana itu akan ditampilkan pada pencarian suatu keyword. Jadi peran deskripsi dan judul adalah hal yang sangat penting untuk SEO.

Ternyata ada lho situs web yang tidak bisa dipasangi meta tags. Salah satunya adalah web builder, dimana semua member tidak diberikan akses penuh untuk mengatur meta tags atau bahkan headtags. Maka dari itu untuk menambah meta tags harus menggunakan cara lain, yakni memakai kode HTML dan bantuan Javascript.

Baca juga: Cara Encrypt Kode HTML Dengan Javascript Unescape

Cara ini akan menjelaskan bagaimana membuat meta tags langsung dari kode HTML dan Javascript yang mana tidak perlu mengalihkan bagian head tags lagi. Contoh sederhananya adalah mengubah judul website dengan javascript, dan cara ini sangat tipis perbedaannya dengan hal itu.

Menambah Meta Tags dari Kode Javascript

Satu-satunya faktor yang penting sebelum mencoba cara ini adalah memastikan bahwa website yang dipakai saat ini memperbolehkan menambahkan tags script, karena beberapa web builder tidak memperbolehkan javascript dan hanya HTML saja. Baiklah, berikut ini sedikit kodenya, silakan lihat terlebih dahulu.

<script type='text/javascript' src='http://code.jquery.com/jquery-1.8.2.js'></script>
<script>
$(document).ready(function() {
  $('meta[name="description"]').remove();
  $("head").append('<meta name="description" content="VALUE DESKRIPSI DISINI">');
});
</script>

Kode diatas memerlukan bantuan modul Jquery dan hanya berfungsi untuk satu halaman saja. Apabila sebelumnya situs telah memuat modul Jquery, cukup hilangkan saja kode pemanggilan Jquery pada kode diatas. Sangat cocok untuk halaman yang dipakai konten otomatis sehingga deskripsi juga dapat diatur sebagai otomatis sesuai konten.

Jadi cara kerja dari kode diatas adalah memanipulasi peramban yang dikenakan setiap perangkat untuk menghilangkan meta tags description sebelumnya terlebih dahulu apabila memang ada, dan selanjutnya menambah meta tags description yang baru dan pengguna bisa mengatur isinya pada teks “VALUE DESKRIPSI DISINI“.

Pengguna bisa mengubah meta deskripsi diatas menjadi meta tags apapun sesuai keinginan, baik itu meta robots, verifikasi, atau sesuatu yang lain. Dan pengguna bisa memasang kode diatas dimanapun tempatnya, baik di header atau footer tidaklah masalah.

Baca juga: Cara Merapikan Kode CSS dan Javascript Paling Sederhana

Apakah Mempengaruhi Deskripsi pada Pencarian Google

Sampai saat ini Google dapat mengerti javascript, contohnya saja memakai javascript untuk mengganti judul dan itu bekerja dengan baik pada pencarian Google serta hal ini banyak dipakai oleh para wapper yang memakai situs Wapka dot Mobi.

Tidak ada kekurangan dalam memakai kode diatas selama value yang diberikan pada meta selalu berbeda-beda. Untuk itulah mengapa Saya menyarankan memakai kode tersebut hanya pada konten otomatis saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment