≡ Menu

Tips Supaya Akun Facebook Tetap Aman dari Para Peretas

Tips Supaya Akun Facebook Tetap Aman dari Para Peretas

Akun sosial harus dijaga dengan baik supaya tidak jatuh ke tangan orang yang mengganggu. Saat ini seluruh jejaring sosial populer telah menerapkan keamanan ganda pada website mereka untuk mencegah terjadinya peretasan akun.

Dan kemungkinan saat ini tidak akan ada orang yang bisa mengambil akun orang lain se-enaknya atau dengan maksud selalu ada usaha untuk meretas akun seseorang, baik itu dari segi penipuan halaman masuk, percakapan yang menyangkut kata sandi, dan lain-lain.

Jejaring sosial yang sangat populer adalah Facebook, hingga saat ini pun masih banyak orang yang mengira bahwa Facebook bisa dihack atau diretas padahal itu hanya kecerobohan kita sendiri ketika menggunakan akun Facebook untuk beberapa hal.

Baca juga: Cara Menghapus Game yang Tertaut pada Facebook

Seperti halnya menggunakan website lain yang meminta akses token dari akun Facebook dan parahnya adalah bagian perijinan yang tak masuk akal, solusinya adalah menghapus aplikasi tersebut.

Lalu permasalah lain yang menyebabkan akun Facebook diretas orang lain bisa jadi karena kecerobohan pengguna menggunakan kata sandi yang tak asing dari informasi pribadi, misalnya adalah nomor telepon, angka 1 sampai 8, atau sejenisnya.

Disini akan Saya bagikan beberapa cara pencegahan akun Facebook supaya tidak diretas orang lain dengan cara yang sederhana, silahkan simak dibawah ini.

  • Membuat Kata Sandi yang Rumit – Buatlah kata sandi yang terbilang rumit tapi bisa dihafal dengan baik, jangan hanya sebatas huruf saja, tapi angka dan simbol juga tidak masalah. Contohnya seperti *^NaMa!KaMu^% atau &$#N*a)mA*&^ supaya terhindar dari serangan bruteforce.
  • Hati-Hati Terhadap Fake Login – Halaman fake login atau biasa disebut phising adalah halaman yang mirip sekali dengan Facebook, baik dari link dan tombol semuanya sangatlah mirip, tapi yang berbeda adalah URLnya. Pastikan URL ketika ingin membuka akun Facebook adalah facebook.com dan selain itu jangan masuk dari halaman tersebut.
  • Gunakan Aplikasi Facebook untuk Ponsel – Pengguna yang sering bermain game pasti pernah melihat opsi untuk masuk dari Facebook, untuk itulah kegunaan aplikasi Facebook digunakan, sebab pada game tersebut memakai autentikasi ke situs Facebook dan kita tak akan bisa melihat apakah saat itu berada pada halaman asli Facebook atau tidak, tapi jika pengguna memakai aplikasi Facebook, secara otomatis akan dialihkan ke aplikasi Facebook untuk perijinan game.
  • Verifikasi Nomor telepon dan Buat Pertanyaan Keamanan – Nomor telepon yang ada pada Facebook digunakan untuk menerima sebuah kode khusus ketika akun tersebut meminta kata sandi yang baru, dan kegunaan dari pertanyaan keamanan adalah ketika akun dibuka dari IP negara lain dan pengguna mengaktifkan 2 faktor autentikasi masuk akun Facebook, maka orang tersebut harus menjawab pertanyaan keamanan supaya bisa meneruskan masuk.
  • Cek Log Aktivitas Sesekali – Log Aktivitas yang terdapat pada bagian Profil Facebook ini sangat membantu pengguna untuk melihat aktivitas apa yang baru saja dilakukan oleh pengguna secara rinci, seperti memberi Like atau komentar, bergabung grup, dan lain sebagainya. Jika terdapat hal yang tidak pernah dilakukan, sebaiknya ganti kata sandi Facebook dan hapus aplikasi pihak ketiga yang tidak penting.
  • Menghapus Aplikasi Pihak Ketiga di Facebook – Aplikasi pihak ketiga dari Facebook ini digunakan untuk mengumpulkan informasi ke suatu website atau aplikasi, contohnya seperti website yang memiliki opsi untuk mendaftar dari Facebook, maka mereka dipastikan akan meminta informasi pribadi dan alamat email. Silahkan cek pada bagian pengaturan aplikasi di Facebook dan sebaiknya hapuslah aplikasi disana yang sekiranya tidak pernah digunakan.
  • Amankan Akun Email – Mengapa harus mengamankan akun email? Karena ini adalah jantung dari akun Facebook. Satu hal pasti yang akan dilakukan peretas ketika telah mendapatkan akun email akan langsung mengganti kata sandi Facebook dan ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sekali. Untuk itulah kenapa pengguna harus menjaga akun email juga supaya akun sosial lainnya termasuk Facebook tidak sampai diretas orang lain.

Hanya itu beberapa cara yang Saya sarankan untuk menghindari akun Facebook dihack atau diretas orang lain. Seseorang mungkin juga berkata “Untuk apa akun Facebook dijaga dengan baik?

Jawaban sederhananya sudah ada pada bagian pertama artikel ini dan tambahannya adalah karena akun Facebook saat ini tidak hanya digunakan sebagai personal akun saja, tapi juga banyak yang memakainya untuk berdagang secara online.

Saat ini sudah banyak akun Facebook yang terkena jebakan phising dan akibatnya adalah akun tersebut digunakan oleh orang lain untuk melakukan hal yang ganjil, seperti menipu teman-teman dengan mengirimkan gambar yang berbau sara dan sejenisnya.

Baca juga: Tips Mengatasi dan Mencegah Akun Instagram Diretas

Ini akan merugikan untuk pemilik akun Facebook yang diretas karena akan mendapat pandangan buruk oleh teman-temannya dan bisa jadi akan diblokir banyak orang yang mana ini akan terlihat sangat menyedihkan sekali. Mulai sekarang amankan akun Facebook sebelum sesuatu yang ganjal terjadi, karena lebih baik mencegah daripada mengatasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment