≡ Menu

Lebih Baik Streaming atau Download Ketika Menonton Film?

Lebih Baik Streaming atau Download Ketika Menonton Film

Terkadang orang sukar memutuskan ingin menonton film secara online atau offline, sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika menonton secara online, yang dipertaruhkan adalah kuota dan pastinya memerlukan data koneksi yang tinggi sekali. Itu juga tergantung kualitas video yang dipilih.

Kebanyakan situs streaming film memiliki fitur untuk memilih kualitas video yang diinginkan. Seperti Youtube, Netflix, Prime Video, dan sebagainya. Tapi apabila pengguna menontonnya di situs penyedia film ilegal, mungkin fitur tersebut tak akan bisa didapatkan.

Kuota adalah hal terpenting untuk bisa menjelajahi internet, untuk itulah kenapa setiap orang menghemat kuota layaknya menghemat listrik. Dan download maupun streaming juga sama-sama membutuhkan kuota, tapi berbeda dalam sisi kegunaan nantinya.

Baca juga: Tips Mengatasi Tidak Bisa Streaming di Netflix

Perbedaan Antara Menonton Video Online dan Offline

Mungkin inilah saatnya pengguna mulai memikirkan dari kedua itu dari sisi baiknya dan sesuatu yang dibutuhkan nantinya. Tapi bukan berarti Saya lebih mengunggulkan salah satu dari kedua hal tersebut, karena artikel ini bersikap sangat netral.

  • Kuota – Hal yang menjadi jalur untuk mengakses internet ini menjadi faktor penting untuk menonton film. Mengunduh maupun streaming itu tidak ada bedanya dan tergantung dari resolusi video yang dipilih.
  • Buffering dan Kecepatan Unduhan – Jika melakukan streaming, pengguna akan mengalami buffering suatu saat akibat koneksi yang tidak selalu cepat. Sedangkan mengunduh pun juga tidak bisa dikatakan cepat apabila kecepatan internet sangat lambat.
  • Subtitle – Disini menonton secara offline lebih unggul dikarenakan pengguna dapat mencari berkas subtitle di suatu website penyedia subtitle di internet. Sedangkan menonton secara online hanya mendapatkan subtitle seadanya dari penyedia situs streaming tersebut.
  • Fitur Video Player – Biasanya website streaming film menggunakan HTML5 video player yang dapat dikustomisasi oleh pihak ketiga, contohnya saja pengaya Super Netflix. Tapi itu hanya akan menambah sedikit fitur saja. Sedangkan menonton film secara offline akan diberikan segala fitur yang ada pada program pemutar video tersebut dan pastinya lebih lengkap.
  • Kebutuhkan Memory – Menonton secara offline faktanya membutuhkan kapasitas memory yang tinggi apabila video itu nantinya tetap disimpan. Tetapi jika melakukan streaming, video itu tidak akan disimpan dan langsung dibuang.

Dari kelima hal diatas, Saya rasa pengguna sudah dapat menyimpulkan mana yang lebih baik dari kedua hal itu. Mengingat harga kuota sekarang mahal, menonton video dengan resolusi sedikit rendah bisa menjadi pilihan.

Mana yang Lebih Baik Antara Download dan Streaming?

Menurut Saya sendiri dalam memutuskan kedua hal tersebut adalah tergantung dari kuota internet yang Saya miliki. Jadi jika misalnya Saya sedang menggunakan koneksi unlimited seperti WiFi, maka Saya lebih senang menonton secara online.

Baca juga: Cara Memutar Video Dengan Subtitle pada TV

Nah sedangkan jika Saya sedang memakai kuota reguler setara 1 Giga Byte, maka Saya memutuskan untuk mengunduh satu film itu. Namun jika keputusan yang Saya buat ini tidak seperti yang pengguna pikirkan, maka urungkan untuk meniru dan mencoba cara yang pengguna inginkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment