≡ Menu

Cara Memperbarui Layanan Google Play di Android

Cara Memperbarui Layanan Google Play di Android

Aplikasi bernama Layanan Google Play memiliki peranan yang cukup penting pada ponsel Android. Kebanyakan aplikasi dari Google seolah menganggap itu sebagai pengaya sehingga sangat perlu untuk dipasang dan selalu diperbarui.

Hanya saja orang kadang kebingungan karena tidak dapat memperbarui aplikasi tersebut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Biasanya notif yang menyuruh memperbarui Layanan Google Play juga dari sebuah game.

Dengan bantuan Layanan Google Play, laju permainan bisa tersimpan dengan baik. Tak hanya itu saja tapi juga dapat menyimpan segala hal yang sudah dilakukan pada suatu aplikasi milik Google dan salah satunya adalah penelusuran web.

Baca juga: Cara Mengatasi “Google Play No Connection” di Android

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Masih banyak orang mengaggap bahwa Layanan Google Play ini sama halnya seperti Google Play yang biasa digunakan untuk mengunduh aplikasi. Namun sebenarnya bukan, atau biasanya aplikasi tersebut tampil dengan nama Google Play Services.

Sederhananya, itu hanyalah aplikasi tambahan untuk Google Play supaya ponsel dapat memiliki fitur yang lebih banyak. Bahkan aplikasi itu juga dapat dicopot lho, namun Saya rasa itu tidak perlu. Berikut ini cara memperbarui Layanan Google Play.

  • Memperbarui Langsung dari Play Store – Saya mengerti bahwa aplikasi ini kadang tidak muncul di pencarian, dan Saya ragu ingin menjawab apa. Tapi pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya dari halaman Google Play Services melalui link tersebut.

    Setelah itu, pengguna cukup menekan tombol Update berwarana hijau dan proses unduhan akan berjalan.

  • Memperbarui Secara Manual – Terdapat banyak sekali situs pihak ketiga yang dapat dimanfaatkan untuk mengunduh APK dari Layanan Google Play. Tapi sebagai saran terbaik dari Saya, sebaiknya unduh di situs APKPure.

    Apabila selesai mengunduh, cukup pasang dan akan ada 2 pilihan memasang yakni ALL dan Update. Cukup pilih pada bagian Update dan tunggu hingga proses memperbarui selesai.

Nah selesai, sekarang pengguna bisa mencoba membuka aplikasi sebelumnya yang menyuruh untuk memperbarui Layanan Google Play, pasti notif tersebut sudah tidak muncul.

Kesimpulan

Antara cara yang pertama dan kedua, jika menurut Saya sendiri lebih baik memakai cara yang pertama. Karena memperbarui melalui Play Store lebih bisa mendapatkan versi yang cocok untuk OS Android yang dipakai saat ini dan tidak ada kendala nantinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Download Diantrekan pada Play Store

Sementara jika memakai cara kedua pun juga TIDAK BERESIKO, hanya saja ukuran aplikasi lebih besar dibanding mengunduh langsung melalui Play Store.

Apabila setelah menginstall APK dan tiba-tiba terdapat notif Sayangnya com.google.android.gms telah berhenti, sebaiknya copot pemasangan dan pakai cara yang pertama saja. Hal tersebut biasanya dikarenakan tidak cocoknya versi aplikasi terhadap OS Android pada ponsel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment