≡ Menu

Cara Mengatasi Buffering ketika Menonton Video di Youtube

Cara Mengatasi Buffering ketika Menonton Video di Youtube

Sudah tiga kali Saya membagikan beberapa hal yang ada di Youtube. Bukan hanya sebuah masalah saja, akan tetapi juga trik dan lain sebagainya. Memang benar bahwa memutar video di Youtube ini kadang menyenangkan, tapi kadang pula tidak menyenangkan akibat buffering yang terlalu sering.

Membahas soal buffering, biasanya hal ini dikira merujuk dalam bentuk koneksi yang dipakai saat ini. Sedangkan sebenarnya tidak hanya itu saja lho. Bahkan Youtube memberikan server yang tercepat dalam memutar video saat itu.

Tahukah pengguna bahwa pemutar video yang ada pada Youtube kini telah memakai jenis HTML5 atau dengan maksud tidak lagi menggunakan bantuan Adobe Flash sehingga pemutaran dari peramban bisa lebih baik tanpa adanya pengaya lagi.

Baca juga: Cara Capture Gambar pada Video Youtube dengan Mudah

Penyebab Memutar Video Youtube Buffering Terus-Menerus

Satu hal yang paling masuk akal dari terjadinya buffering atau biasa dikenal sebagai loading yang tidak mau memulai video secara lancar atau seolah hanya menampilkan gambar berputar-putar saja adalah karena koneksi tidak lancar. Disisi lain terdapat orang yang mengatakan bahwa masalah ini datang pada Youtube disebabkan memutar video di situs lain masih bisa lancar.

Kalau masalahnya seperti itu, maka bisa dipastikan terdapat hal ganjal pada Youtube dan Saya rasa itu merujuk pada pengaturan yang telah diatur. Baik itu dari segi resolusi, atau jangan-jangan masalahnya ada pada perambannya.

Solusi Mengatasi Youtube Buffering

Ada sedikit tips yang akan dibagikan kali ini dan Saya rasa ini akan berfungsi 100%. Dan yang pengguna perlu perhatikan sebelumnya adalah koneksi. Sebab sebuah koneksi sangatlah penting dalam memutar video. Dan jika tidak terdapat masalah pada koneksinya, langsung saja lanjutkan membaca tips dibawah ini.

  • Menghapus Cache pada Peramban – Cache yang menumpuk pada peramban tidak hanya membuat peramban menjadi lambat, tapi juga membuat kinerja berkurang ketika mengakses ke sebuah situs seperti Youtube.

    Secara umum, Youtube memang tidak menyimpan cache dalam bentuk video, akan tetapi berbentuk halaman. Dan setiap pengguna membuka halaman yang ada di Youtube pun akan tersimpan sebagai cache. Dan masalah buffering ini bisa disebabkan akibat gagalnya berkas cache itu sehingga harus dihapus dan diganti yang baru.

  • Mencoba Memakai Peramban Lain – Ada banyak peramban yang masihd dapat dicoba. Jika pengguna saat ini memakai Firefox, cobalah memutar Youtube memakai Chrome. Jika pun memang bisa nyaman memutar video dengan peramban Chrome, bisa jadi masalahnya ada di Firefox.

    Nah masalah pada peramban Firefox sebagai contohnya adalah dikarenakan cache yang dibahas diatas tadi. Atau jika itu masih tidak berguna, tidak ada cara lain kecuali menginstall ulang peramban.

  • Tidak Mengatur Resolusi Sebagai Auto – Ada satu kejanggalan ketika mengatur resolusi ini menjadi Auto. Pada dasarnya Youtube memang memiliki cara pintar untuk mendeteksi kecepatan koneksi sehingga akan memilihkan resolusi mana yang cocok dengan kondisi koneksi saat ini.

    Tapi melakukan compare resolusi berdasarkan koneksi itu tergolong memakan waktu yang sedikit lama dibanding pengguna memilih resolusi yang sesuai. Saran Saya untuk menonton video dengan tampilan yang baik, cukup pilih resolusi 360p atau 480p.

  • Mematikan Seluruh Add-Ons pada Peramban – Add-Ons atau Pengaya pada peramban yang berfungsi sebagai penambah fitur ini terkadang memiliki efek yang buruk pada suatu situs sehingga harus dinonaktifkan.

    Cobalah untuk mematikan seluruh pengaya yang ada pada peramban saat ini termasuk AD Block. Sebab terakhir kali teman Saya tidak dapat memutar video di Youtube dan terus buffering adalah mengaktifkan pengaya AD BLock.

  • Jangan Memakai VPN atau Tunneling – Memakai pengaman internet sejenis VPN memang penting. Namun itu hanya akan membuat lebih buruk apabila koneksi terbilang tidak stabil atau server VPN yang dipakai kurang begitu cepat.

    Seperti yang Saya katakan diatas bahwa Youtube ini memberikan server yang paling cepat guna pengguna memutar video lebih baik. Dan itu berbeda jika pengguna memakai VPN dan servernya berada di luar negri. Sehingga secara otomatis Youtube pun akan memberikan server luar untuk memutar video.

Lakukan cara diatas terlebih dahulu dari yang paling atas. Saya menjamin bahwa pengguna pasti akan dapat kembali menonton video di Youtube tanpa ada buffering lagi. Cara diatas bisa diterapkan pada PC maupun smartphone.

Kesimpulan

Buffering adalah hal yang sangat biasa akibat koneksi yang lambat, tapi bukan lagi disebut “biasa” apabila koneksi saat ini dirasa stabil. Masalah seperti ini sering terjadi apabila memutar video di Youtube memakai peramban, tapi jarang terjadi ada malfungsi jika pengguna memutarnya melalui aplikasi pada smartphone.

Baca juga: Trik Mengatur Equalizer Musik pada Youtube

Jika pun pengguna mengalami hal yang sama pada aplikasi Youtube di ponsel, hal tersebut mungkin dikarenakan tentang resolusi yang dibahas tadi yang mana harus diatur secara manual dan tidak mengaturnya sebagai Otomatis.

Dan pastikan juga logo Youtube menampilkan teks ID disamping atas kanan untuk mengetahui bahwa pengguna berada di negara Indonesia, dan dengan begitu Youtube akan memberikan server lokal paling cepat dalam memutar segala video yang ada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment