≡ Menu

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Apakah pengguna mendapatkan masalah ketika menyambung ke jaringan WiFi? Hal yang biasa dipikirkan oleh kita adalah masalah tersebut datang dari komputer. Namun ternyata tidak hanya komputer saja yang harus disalahkan, tapi juga akses poin yang memancarkan WiFi tersebut juga harus diteliti apakah memiliki kesalahan juga.

Windows biasanya akan memberikan dialog yang menyatakan bahwa perangkat tak dapat menyambung ke jaringan itu. Dan hal ini bisa dibedakan dalam banyak cara. Pertama yang harus dipastikan adalah mencoba menyambung ke 2 akses poin berbeda atau dengan maksud tidak hanya satu jaringan WiFi saja dan mengetahui apakah kejadian ini hanya terjadi pada satu jaringan WiFi saja.

Jika telah menyambung ke 2 akses poin yang berbeda dan mendapati masalah yang sama, maka bisa dipastikan bahwa terdapat hal aneh yang terjadi pada peranti yang menyebabkan tak bisa menyambung ke jaringan WiFi. Tapi sebelum itu, sudahkah pengguna memakai fitur troubleshooter?

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Menggunakan Fitur Troubleshooter di PC

Setiap kali pengguna gagal connect ke jaringan WiFi, pada saat itulah Windows akan langsung menampilkan fitur troubleshooter ini. Ketika pengguna menekan itu, maka sistem akan meloncatkan pengguna menuju ke bagian pembetulan koneksi.

Baca juga: Tips Membuat Koneksi WiFi Lebih Stabil

Untuk masalah yang ringan, pengguna bisa mengguanakan fitur troubleshooter dengan baik. Tapi jika masalah yang dihadapi lebih parah, dapat dipastikan memakai fitur troubleshooter hanya akan membantu pengguna untuk mengetahui masalah dari mengapa tidak bisanya menyambung ke jaringan WiFi.

Penyebab Tidak Bisa Menyambung ke Jaringan WiFi

Sebelumnya Saya tidak mengatakan bahwa yang akan dijabarkan disini adalah hal yang biasa terjadi, sebab sebuah masalah seperti ini hanya akan terjadi ketika pengguna melakukan sesuatu pada komputernya. Salah satunya adalah memasang sesuatu yang mengakibatkan terjadinya gagal fungsi atau malfungsi pada adapter.

Contohnya adalah memasang program lain yang berhubungan dengan koneksi WiFi. Tapi sekali lagi bahwa ini adalah masalah yang tak menentu dan tidak selamanya masalah datang dari itu. Bisa dikatakan bahwa masalah ini datang dari banyak hal yang tentunya merujuk pada adapter WiFi.

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Dari judul diatas bahwa ini bukanlah satu cara saja dan ada beberapa hal yang dapat pengguna coba untuk mengatasinya. Dari yang termudah hingga bagian yang tersulit. Tidak ada salahnya juga pengguna mencoba langsung bagian yang tersulit.

Satu-satunya hal yang Saya harapkan adalah masalah yang pengguna alami bukanlah dari hardware dan semoga saja paling maksimal hanyalah kerusakan driver saja sehingga itu masih dapat dibetulkan dengan cara terakhir. Baiklah langsung saja simak beberapa cara tersebut dibawah ini.

  • Uninstall Program yang baru Dipasang – Intinya jika baru-baru ini pengguna baru saja memasang sebuah program apapun itu, sebaiknya diuninstall terlebih dahulu. Bisa jadi penyebabnya dari itu. Contohnya adalah program VPN atau sesuatu yang memasang adapter baru.
  • Restart Adapter – Cara ini patut dilakukan, meski sebenarnya sudah diterapkan melalui fitur Troubleshooter, tapi cobalah melakukannya secara manual. Yang pengguna perlu lakukan hanyalah mematikan dan menonaktifkan saja, sebab tidak ada opsi restart yang tertera disana.
  • Mengetahui Settingan Adapter WiFi – Barangkali terdapat perubahan pengaturan yang ada pada Adapter sehingga menyambung jaringan WiFi selalu gagal terus-menerus.

    Jadi cobalah klik kanan pada Adapter dan pilih Properties. Selanjutnya pastikan semua opsi dicentang semua. Dan cobalah menuju bagian Ipv4 dan Ipv6. Atur semuanya sebagai Obtain address automatically.

  • Memasang Ulang Driver – Jika masalah diatas masih tidak membantu juga, pengguna dapat menghapus driver WiFi yang dipakai saat ini pada Device Manager dan selanjutnya restart peragkat.

    Disaat restart perangkat inilah peranti akan mencoba untuk memasang ulang driver WiFi itu kembali dan segalanya diatur menjadi seperti baru lagi.

Semua cara diatas sangat aman untuk diterapkan dan tidak beresiko apapun. Pengguna harus tahu bahwa memiliki adapter yang terlalu banyak, misalnya TAP Adapter ganda atau lebih itu tidaklah baik, kecuali jika adapter yang tak dipakai dinonaktifkan maka itu lebih baik.

Kesimpulan

Untuk saat ini tidak ada cara yang instan dalam mengatasi komputer tak dapat menyambung WiFi. Troubleshooter pun juga hanya bisa membantu sedikit hal saja dan tak dapat mengatasi masalah yang berat.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur WiFi Di PC

Pengguna tidak perlu ragu jika ingin menginstall ulang driver WiFi, sebab perangkat nantinya juga akan mengerti jika terdapat driver yang tidak lengkap ketika booting. Karena seharusnya sifat “cemas” terjadi ketika sudah melakukan cara terakhir tapi masih tak bisa menyambung WiFi juga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment