≡ Menu

Cara Mengedit File Hosts pada Komputer Windows

Tak hanya di PC saja yang memiliki file bernama hosts, bahkan di Android pun juga ada. File hosts tersebut hanya mengacu pada koneksi internet saja, dan salah dalam mengedit dapat membuat tidak bisa mengakses suatu situs atau bahkan semua situs. Untuk itu, mengalihkan berkas tersebut harus berhati-hati sekali.

Dengan file hosts tersebut pengguna juga bisa memblokir akses ke suatu website. Misalnya pengguna memiliki warnet, maka sangat bagus sekali memakai cara ini untuk memblokir akses ke situs yang tidak diperbolehkan. Walau ISP memang sudah memblokir situs nakal, akan tetapi tidak semua situs diblokir dan terkadang perlu diblokir secara manual.

Walau mengedit file hosts beresiko, akan tetapi tidaklah berbahaya. Sebab jika pun pengguna tak dapat mengakses seluruh situs, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengosongkan semua yang ada pada berkas tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Adware Redirect Browser yang Membandel

Bagaimana Cara Mengedit File Hosts di Windows?

Sangat mudah sekali, yang diperlukan adalah alat untuk mengeditnya saja. Dan Saya menyarankan pengguna untuk memasang program Notepad++ terlebih dahulu. Sebab program editor tersebut memiliki fitur yang lebih baik dibanding program Notepad bawaan Windows. Jika sudah memasangnya, langsung saja simak caranya dibawah ini.

  1. Masuk Windows Explorer dan menuju direktori C:\Windows\System32\drivers\etc.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

  2. Pasti akan muncul beberapa berkas dibagian sana. Sekarang klik kanan pada file bernama hosts. Lanjutkan dengan memilih opsi Edit with Notepad++.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

  3. Kemudian akan dialihkan ke program Notepad++ dan pengguna bisa mengedit segalanya mulai sekarang. Untuk menyimpan segalanya, tekan CTRL+S atau menuju menu File => Save.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

  4. Dan jika muncul peringatan untuk mengaktifkan administrator mode, tekan tombol Yes. Lalu simpan lagi dan pasti berhasil.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

Mudah sekali bukan? hanya butuh sekejap saja untuk mengedit file hosts ini. Tapi sebelum mengeditnya, Saya sangat menyarankan pengguna untuk melakukan backup file untuk unsur keamanan. Dan pastikan pengguna sudah mengerti apa yang harus diedit pada berkas hosts tersebut.

Baca juga: Solusi Tidak Bisa Membuka Program Android SDK Manager

Solusi File Hosts Tidak Dapat Diedit

Apabila file hosts tidak dapat diedit sedikit pun walau sudah mengikuti cara diatas dengan benar. Mungkin itu dikarenakan perijinan file hanya diatur untuk read-only yang mana jika diatur seperti itu sangat jelas sekali bahwa file tersebut tak boleh dialihkan kecuali pengguna mengubahnya. Berikut ini cara mengatasinya.

  1. Masih di Windows Explorer dan pada direktori letak file hosts tadi. Klik kanan pada file hosts itu dan pilih Properties.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

  2. Hilangkan centang pada bagian Read-only setelah itu klik Apply. Jika muncul peringatan, tekan Continue saja.

    Cara Mengedit File Hosts pada Windows

  3. Sekarang coba mengedit kembali file hosts seperti cara diatas, pasti sudah bisa.

Akan lebih baik lagi, ketika pengguna selesai mengedit berkas tersebut mengaktifkan opsi Read-only lagi. Hal ini supaya file tersebut lebih aman terhadap program lain dan tidak disalahgunakan untuk memblokir akses ke suatu website.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment