≡ Menu

Cara Menghapus Suatu Program Sepenuhnya pada Komputer

Ada kalanya kita sudah bosan dalam memainkan sebuah game, atau menggunakan suatu aplikasi itu dan ingin berpindah ke yang lainnya. Pasti yang akan pengguna lakukan terlebih dahulu adalah mencopot program tersebut supaya bisa hilang dan menggantinya yang baru.

Tapi siapa sangka jika program yang sudah dihapus itu masih meninggalkan suatu hal pada sistem. Walau ukurannya memang terbilang tidak banyak, akan tetapi seolah itu menjadi hal yang kurang lengkap apabila belum menghilangkannya seutuhnya.

Adapun suatu program yang meninggalkan bekas pada komputer dan itu dikarenakan supaya tidak ada fraud yang mana biasanya ini dilakukan oleh suatu program yang memberikan masa percobaan untuk fitur berbayar.

Baca juga: Tips Menghapus Program Netcut Sepenuhnya pada PC

Cara Menghapus Program Sepenuhnya Tanpa Tersisa

Hanya beberapa cara yang akan Saya bagikan, tapi dengan melakukan semua pasti berkas itu akan hilang sepenuhnya dan seolah tidak pernah berada pada PC pengguna lagi. Dan sebelum membagikannya, Saya hanya ingin mengatakan bahwa cara ini sangatlah aman sekali. Tidak ada resiko dalam melakukannya.

  • Menghapus dari Control Panel.
  • Memindai dan menghapus dari Registry.
  • Membersihkan DATA tersembunyi program.
  • Memakai Program Pihak Ketiga.

4 cara itulah yang paling ampuh menurut Saya selama ini kecuali jika program itu menggunakan nama lain untuk menyimpan file. Sehingga dengan cara manual seperti ini tidak bisa mengetahui. Sebab cara ini hanya mencari semacam value yang mana berhubungan dengan nama program yang dihapus itu.

Uninstall Program dari Control Panel

Cara Menghapus Suatu Program Sepenuhnya pada Komputer

Barangkali pengguna masih belum tahu cara menghapus program pada PC. Cukup tekan START => Control Panel => Uninstall a Program. Di halaman tersebut pengguna bisa mencopot segala program dengan cara menekan dua kali pada nama program itu.

Harap diketahui bahwa mencopot dengan cara ini biasanya masih meninggalkan bekas pada PC, baik itu file ataupun lain-lain. Dan untuk menghilangkan bekas itu, pengguna harus menghapusnya secara manual dan otoamtis. Lanjutkan membaca untuk mengetahui tata caranya.

Menghapus Registry yang Ditambahkan oleh Program

Cara Menghapus Suatu Program Sepenuhnya pada Komputer

Regsitry yang sudah masuk sangatlah berarti sekali untuk program itu nantinya. Biasanya mereka mendeteksi adanya fraud secara offline hanya melalui registry ini, tapi jika pengguna menghapusnya terlebih dahulu, maka program itu tidak akan mengenali perangkat pengguna dan seolah memasang program itu untuk pertama kalinya.

Bagaimana untuk melakukannya? Sangatlah mudah sekali, pengguna hanya perlu klik START dan mengetik regedit dan ENTER. Nah sebelum melakukannya, pengguna diharapkan untuk mem-backup terlebih dahulu supaya tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika sudah mem-backup registry, maka pengguna cukup menuju tab Edit => Find dan cari sesuai nama program yang dihapus tadi. Jika ketemu langsung saja hapus dan teruskan mencari sampai tidak ada satupun. Tapi tetaplah berhati-hati dalam menghapus, dengan maksud jangan sampai menghapus registry yang ditambahkan sistem.

Mengetahui DATA yang Tersisa dari Program yang Dihapus

Cara Menghapus Suatu Program Sepenuhnya pada Komputer

Kadang-kadang suatu program meninggalkan berkas yang tidak berguna dan mengendap pada perangkat tanpa adanya sepengetahuan. Tapi sekarang pengguna bisa memulai untuk menghapus data yang tersisa itu. Pertama, yang diperlukan adalah membuat Windows Explorer dapat membaca berkas dan folder yang tersembunyi.

Baca juga: Cara Mengetahui File yang Tersembunyi pada Windows 7

Selanjutnya pengguna bisa masuk ke direktori C:\ProgramData dan juga C:\Users\ok\AppData\Local. Carilah folder yang bernama program yang dihapus, jika sekiranya ketemu maka cukup dihapus saja. Dan pada teks yang ditandai merah, ganti itu dengan nama komputer pengguna.

Memakai Program Pihak Ketiga untuk Menghapus Secara Otomatis

Cara Menghapus Suatu Program Sepenuhnya pada Komputer

Jika kedua cara diatas bisa dikatakan manual, sekarang menuju ke cara otomatis dan ini memerlukan program lain. Jadi dengan bantuan program lain, dapat pengguna manfaatkan untuk menghapus berkas yang tidak penting. Untuk saat ini Saya menyarankan untuk menggunakan program pembersih bernama Ccleaner.

Tapi selain Ccleaner, adapula program pembersih lainnya yang sama bagusnya, contohnya seperti Avast CleanUp, atau TuneUp Uttilities. Cukup pakai salah satu program pembersih saja.

Kesimpulan

Mengunduh program dan memasangnya adalah sesuatu yang sangat mudah sekali. Tapi berbeda ketika mencopotnya, takutnya adalah masih memiliki bekas yang banyak dan tak terhingga dan meninmbulkan kapasitas yang tinggi. Maka dari itulah kenapa pengguna harus memeriksa segala data pada komputernya dengan cara seperti diatas tadi.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Uninstall Aplikasi di Android

Tambahan: Apabila sekiranya pengguna tidak bisa mencopot suatu program dengan alasan bahwa program itu masih berjalan di latar belakang, hal tersebut biasanya dikarenakan adanya procces yang berjalan dan harus dimatikan secara manual. Untuk melakukan hal ini cukup mudah, pengguna bisa mengetik “Services Running on this Computer” pada START. Lalu ENTER dan pada jendela baru yang muncul, cari nama program yang masih berjalan, tekan 2 kali dan klik STOP.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment