≡ Menu

Trik Mengatur Equalizer Musik pada Youtube

Trik Mengatur Equalizer Musik pada Youtube di Browser Chrome

Membuat alunan lagu semakin bagus dari sebelumnya adalah hal yang disukai oleh banyak orang. Seperti mengatur bass lebih tinggi dan lain sebagainya yang memungkinkan hal itu dapat membuatnya nyaman untuk terus mendengarkannya. Tapi mustahilkah jika hal tersebut diterapkan langsung pada musik yang diputar secara online?

Jawabannya adalah tidak mustahil. Tapi tak semua musik dapat dipakai dengan cara yang akan dibagikan ini dan hanya musik yang diputar dari HTML5 saja. Selain itu seperti musik yang diputar dari flash player tak akan dapat menerapkan cara ini.

Pengguna hanya perlu untuk memasang pengaya pada peramban Chrome dan setelah itu bisa menikmati mengatur equalizer pada setiap musik yang diputar secara online. Banyak sekali situs pemutar musik yang telah memakai HTML5, yaitu Soundcloud, Spotify, atau bahkan Youtube.

Ada dua pengaya terbaik yang akan Saya bagikan, semua itu memiliki ciri yang sama akan tetapi berbeda dalam sisi keunggulan. Saya pun mengatakan bahwa kedua ini sama baiknya karena berfungsi dengan baik tanpa ada kesalahan apapun.

Baca juga: Cara Merubah Tampilan Youtube ke Versi Lama dan Sebaliknya

Ears: Bass Boost, EQ Any Audio!

Pengaya yang satu ini memiliki rting yang tinggi pada Chrome Web Store, tampilannya adalah biru dan juga sangat mudah untuk diatur. Terdapat fitur Bass Boost untuk memperbagus keluaran bass pada audio. Pengguna juga dapat menambah preset baru dari equalizer yang diatur.

Saat ini sudah 180rb kali dipasang oleh pengguna Chrome, akan tetapi terdapat satu hal yang membuat pengaya ini kurang powerfull, yaitu terkadang tak dapat mendeteksi dengan baik sehingga meski sudah mengatur dengan benar seolah tak meng-efek apa-apa.

Audio EQ

Walau ratingnya adalah 4 saja, akan tetapi fitur yang disediakan sudah sangat cukup. Mengapa? Karena tak ada konflik seperti pengaya diatas dan selalu dapat menstimulasi audio yang diputar dari HTML5. Selain itu pengaya ini terlihat lebih ringan.

Tak ada Bass Boost mungkin satu kekurangan dari pengaya ini dan tampilannya perlu ditingkatkan supaya pemakainya semakin banyak. Saat ini sudah ada sekitar 200rb orang lebih yang memakai pengaya ini pada peramban Chrome.

Perbedaan dari Sisi Equalizer

Sebelum Saya membuat artikel ini, hal pertama yang Saya lakukan adalah mencoba terlebih dulu. Dari percobaan yang Saya terapkan, tak ada perbedaan sama sekali ketika menggunakan kedua pengaya ini. Yang ada hanyalah perbedaan dari sisi penampilannya saja.

Saya akui bahwa tampilan EQ Any Audio lebih bagus karena tampak selalu ditingkatkan. Sementara tampilan untuk pengaya Audio EQ sangat sederhana sekali dengan tampilan berwarna putih bersih.

Cara Memasang dan Menggunakan

Pengguna sebaiknya memilih dulu salah satu dari pengaya diatas. Dan jika sudah menentukan, tahap selanjutnya adalah memasangnya ke peramban Chrome. Jika sebelumnya belum memiliki peramban Google Chrome, sebaiknya unduh terlebih dahulu. Jika peramban sudah siap, ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pertama, pilih pengaya mana yang ingin digunakan. EQ Any Audio atau Audio EQ.
  2. Contohnya disini Saya ingin memasang Audio EQ. Hingga tampil halaman di Chrome Webstore. Tekan tombol bertuliskan Add to Chrome untuk mulai memasangnya.

    Cara Mengatur Equalizer pada Youtube dan Lainnya

  3. Tunggu hingga proses selesai dan akan muncul tombol konfirmasi, jika proses pemasangan sudah selesai maka akan tampil ikon baru dibagian atas.

    Cara Mengatur Equalizer pada Youtube dan Lainnya

  4. Sekarang coba tekan ikon tersebut, pasti sudah siap untuk digunakan.

    Cara Mengatur Equalizer pada Youtube dan Lainnya
    Cara Mengatur Equalizer pada Youtube dan Lainnya

Baca juga: Cara Capture Gambar pada Video Youtube dengan Mudah

Perlu diingat bahwa mengatur equalizer yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada telinga, jadi sebaiknya atur senyaman mungkin yang memungkinkan telinga pengguna tak sampai kesakitan hanya karena memutar sebuah lagu. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment