≡ Menu

Cara Menggunakan Softether VPN di PC dengan Mudah

Terdapat banyak perbedaan yang ada di Softether VPN ini, dibanding dengan OpenVPN atau layanan VPN lainnya, bagi Saya sendiri Softether lebih bagus dari sisi koneksi yang disebarkan. Contohnya adalah memainkan game online yang membutuhkan koneksi UDP.

Tentu itu tak dapat dilakukan oleh OpenVPN yang memakai protokol TCP kan? Tapi dengan Softether ini, protokol TCP bisa diubah menjadi UDP dan pengguna dapat memainkan game online dengan lancar tergantung dari kecepatan server VPN itu.

Bagaimana cara kerjanya program ini untuk mengubah protokol tersebut? Saya juga tidak tahu pasti, akan tetapi jika cara menggunakan atau pemakaian program ini tidaklah sulit dan hanya seperti mengatur VPN seperti biasanya.

Yang paling bagus dari segalanya adalah dengan memakai Softether VPN bisa menyambung dari proxy juga lho, jadi walau pengguna sekarang memakai inject untuk melakukan tweak internet, menggunakan Softether VPN juga bukan mustahil.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Layanan VPN Gratis pada Opera PC

Salah satu website yang menyediakan server untuk Softether VPN secara gratis adalah VPNGate, tapi diluar sana juga banyak penyedia akun Softether VPN ini hanya saja VPNGate memiliki lebih banyak server di berbagai negara yang dapat dipilih sesuai kecepatan.

Artikel ini hanya akan memberikan cara untuk menyambung ke Softether VPN saja, bukan dari VPNGate, melainkan mengisi host, username, dan password secara manual.

  1. Langsung saja masuk ke program Softether VPN dan jika belum memilikinya silahkan download dulu di website Softether VPN.
  2. Disini Saya contohkan bahwa Saya menggunakan akun Softether VPN yang didapat dari website FastSSH. Pada programnya, klik 2 kali pada menu bernama Add VPN Connection.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

  3. Baik, sekarang dimulai dari kolom atas, yaitu Server Name isikan nama VPN, opsi ini bisa diatur dengan nama terserah. Lalu pada Hostname isikan dengan host server. Port Number juga isikan dengan port yang disediakan oleh servernya. Lalu pada Virtual Hub Name isikan sesuai informasi pada server. Berhubung Saya memakai server FastSSH, jadi Saya isikan FastSSH.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

  4. Lanjut dibagian pertengahan dibagian Proxy Type silahkan pilih sesuai keadaan koneksi. Jika pengguna tidak sedang memakai inject, sebaiknya pilih Direct TCP/IP Connection dan sedangkan jika memakai inject, pilih Connect via HTTP Proxy Server.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

  5. Langsung meloncat kebagian sampingnya yaitu menu User Authentication Setting. Di bagian Auth Type pakailah Standar Password Authentication. Lalu dibagian username dan password isikan sesuai akun servernya.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

  6. Sekarang menuju kebagian bawahnya lagi. Centang pada Reconnect Automatically dan berikan interval 5 detik seperti digambar ini. Lalu centang juga Infinite Reconnects. Selesai, dan pengguna bisa menekan tombol OK untuk menyimpannya.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

  7. Tahap terakhir. Pada bagian menu server di Softether VPN ini akan sudah tampil nama server yang ditambah tadi. Dan untuk menyambungkan cukup menekan 2 kali pada nama server tersebut. Tunggu sekejap dan pasti server sudah terhubung.

    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah
    Cara Menggunakan Softether VPN dengan Mudah

Terlihat membingungkan ya? Tenang saja, tapi jika pengguna langsung praktek dengan cara diatas akan sangat cepat dan mengerti. Ini hanya seperti mengisi detail masuk akun SSH seperti biasanya dan tidak bisa langsung menyambung seperti konfigurasi OpenVPN.

Tapi jika pengguna sedang memakai server dari VPNGate tentu servernya akan langsung disediakan dan tidak perlu mengatur lagi. Cukup tekan 2 kali dan langsung menyambungkan.

Baca juga: Cara Menambah Custom HTTP Proxy Pada Konfigurasi OpenVPN

Proses menyambungkan bisa terjadi lama tergantung dari server tersebut atau koneksi pengguna. Saran Saya jika ingin memainkan game online, pakailah server Indonesia karena jika memakai server luar, PING yang didapatkan akan cukup besar sampai lebih dari 400 yang mana itu tidak bagus sekali dipakai untuk memainkan game online.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment