≡ Menu

Cara Mengatasi Archive Header is Corrupt Ketika Menginstall Game

Cara Mengatasi Archive Header is Corrupt Ketika Menginstall Game

Sudah mengunduh dalam waktu yang lama akan tetapi di akhir cerita tak dapat memainkan game tersebut, adalah hal yang sangat dibenci oleh setiap orang. Apalagi jika ukuran game tersebut ber-Gb yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit pada proses download maupun memasangnya.

Marah adalah hal yang wajar untuk saat itu, tapi tidak perlu melampiaskan perangkat karena gagal memainkannya karena bisa jadi masalahnya bukan dari sisi itu.

Tidak bisanya bermain game memiliki banyak penyebab. Yang pertama adalah tidak cocoknya perangkat terhadap game yang diunduh. Contohnya seperti pengguna mengunduh game yang dikhususkan untuk PC 64-Bit, sedangkan PC yang pengguna pakai saat ini masih 32-bit.

Maka dengan begitu akan terjadi konflik yang membuat gagalnya proses instalasi ini atau paling mentok tak dapat membuka game disaat proses memasang selesai.

Mengenai Masalah Archive Header is Corrupt

Tidak hanya dikarenakan oleh adanya berkas yang kurang. Tapi biasanya hal ini muncul dikarenakan adanya berkas yang corrupt. Atau bisa dimaksud adalah berkas yang rusak yang mana tak dapat dibuka kembali. Karena proses instalasi sebuah game yang berasal dari setup.exe biasanya akan meng-extract segala hal ke direktori baru dan membuat segalanya tersimpan disana.

Akan tetapi jika salah satu berkas arsip yang akan di-extract itu corrupt, tak ada pilihan lain kecuali mengurungkan untuk menginstall dan mengecek apakah memang benar terdapat ukuran yang kurang dari sebelumnya.

Menghindari Terjadinya Corrupt

Berkas yang berstatus corrupt memang tidak dapat disalahkan oleh para pengunduh saja, tapi juga sang pengunggah berkas tersebut juga bisa jadi yang menyebabkan hal ini. Hal ini lebih sering dialami oleh berkas yang di-split menjadi banyak bagian. Dan jika ada satu saja bagian yang mengalami corrupt maka akan berdampak pada seluruhnya.

Saya pun sebelumnya juga pernah membagikan tentang mengatasi masalah sejenis itu supaya proses mengunduh tak pernah lagi rusak. Jika sudah rusak, sangat kecil kemungkinan dapat diperbaiki.

Baca juga: Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

Mengetahui dari Error Code yang Diberikan

Adapun suatu game yang gagal dipasang akan memberikan sejenis error code contohnya seperti menampilkan jendela dialog dengan tulisan ini “an error occurred while decompressing returned an error code -14: archive header is corrupt” dan terkadang juga diberikan tambahan dari sisi berkas Unrarc.dll atau Isdone.dll yang mana menurut Saya itu bukan kesalahan dari berkas itu dan mengarah ke arsipnya.

Jadi masalah itu bisa datang tergantung dari error code yang diberikan dan disini Saya hanya menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi hal itu. Sebelum membagikan, hal ini terkadang bisa diatasi dan terkadang juga tidak, setidaknya pengguna bisa mencobanya dari beberapa hal yang Saya bagikan dibawah nanti.

Beberapa Cara Mengatasi Archive Header is Corrupt

Tak bisa menjamin apakah ini berhasil 100% karena yang mengalami masalah ini tak hanya pengguna saja, tapi sudah banyak orang dan kebanyakan dari mereka gagal memasang game dikarenakan mengunduh versi Re-pack atau dengan maksud tidak memasangnya langsung dari CD yang dibeli.

  • Mematikan Program Antivirus – Hal ini sangat disarankan banyak orang ketika mengalami masalah ini. tak hanya mempercepat laju instalasi tapi juga mencegah masalah ini terjadi.

    Tapi pengguna harus berhati-hati untuk melakukan ini dan pastikan berkas game yang diunduh berasal dari sumber yang terpercaya atau dengan maksud bukan berkas yang terinfeksi.

  • Mematikan Windows Defender – Walau terkadang sudah menonaktifkan Antivirus, tapi Windows Defender pun biasanya masih berjalan. Solusinya adalah mematikan sementara sampai proses instalasi selesai.

    Memang ber-resiko akan tetapi ini supaya tidak mendapati kejadian seperti tadi.

  • Mencoba di PC Lain – Simpan berkas game didalam flashdisk atau Harddisk, lalu cobalah pasang game tersebut di peranti lain, jika berhasil berarti PC yang pengguna pakai memang tidak mendukung untuk memainkan game itu.

    Sedangkan apabila tetap sama, berarti berkasnya memang memiliki kesalahan.

  • Mencopot Salah Satu RAM – Cara ini Saya dapatkan dari sebuah situs luar yang mereka klaim dapat juga berfungsi untuk mengatasi masalah ini. Jadi mereka bilang bahwa penyebabnya dikarenakan konflik RAM.

    Dan mengatasinya adalah mencoba memasang game dengan mencopot satu per satu RAM apabila saat ini perantinya memakai RAM ganda. Tapi jika tidak memakai RAM ganda, sebaiknya lewati cara ini.

  • Membuat Direktori Terlebih Dahulu – Cara baru ini Saya temukan lagi di Youtube. Yakni sebelum menginstall game, buatlah satu direktori khusus dimana game itu akan dipasang. Jadi nantinya destination folder diatur ke direktori itu.

    Sang pembuat video menyatakan masalah ini terjadi dari program Setup.exe dikarenakan tak dapat membuat direktori yang baru dan menghasilkan masalah seperti ini.

Sebaiknya pengguna mencoba dahulu cara diatas, jika masih tidak bisa berarti memang dari file yang diunduh yang bermasalah. Saya sendiri pun sudah pernah mengalaminya dan hanya ada satu game saja yang tetap gagal dipasang dan mendapati notif error code -14 yang Saya kira hal tersebut dikarenakan berkas arsip yang corrupt

Kesimpulan

Terhadap kejadian diatas, hanya ada dua yang dapat disimpulkan. Yaitu perangkat atau berkas. Selain itu masih menjadi misteri. Tapi Saya yakin bahwa masalah ini hanya datang ketika pengguna memasang game bajakan yang diunduh dari internet. Cobalah membeli yang asli pasti tidak akan mendapati masalah ini lagi.

Baca juga: Buka Segala Jenis File Arsip dengan Universal Extractor

Hindari mengunduh game bajakan karena itu termasuk merugikan orang lain dan pengguna pun juga tidak tahu apakah didalamnya terdapat berkas yang di-infeksi oleh sebuah virus. Jadi jika ingin komputernya tetap berjalan baik, hindari mengunduh game bajakan secara terus-menerus dan mulai sekarang belilah game dari CD yang asli.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment