≡ Menu

Plugin untuk Menghilangkan Duplikat Konten pada WordPress

Duplikat Konten Artikel Terdeteksi pada Google

Duplikat konten adalah hal yang berbahaya terhadap kelangsungan website di mesin pencari, artikel yang memiliki kesamaan dengan halaman lain akan dianggap duplikat konten dan nantinya artikel itu pun akan turun peringkat pada hasil pencarian atau biasa disebut SERP. Mengatasi hal ini tentu saja menghapus artikel yang memiliki kesamaan tersebut dan menunggu hari supaya peringkat artikel itu kembali naik sehingga bisa memuncak di hasil pencarian.

Banyaknya pengaruh terhadap duplikat konten ini tidak hanya dilihat dari sisi artikel saja lho, tapi penempatan link pun juga harus dilihat baik-baik. Contohnya menempatkan jenis model situs memakai modus grid atau list tapi link itu tidak diberi atribut nofollow, pastilah mesin pencari akan mendeteksi dan langsung menyebutnya sebagai duplikat konten.

Di Google sendiri jika terdapat duplikat konten akan langsung diberikan pemberitahuan pada akhir pencarian.

Baca juga: Trik melihat semua daftar backlink di Alexa secara gratis

Namun yang dibahas kali ini khusus untuk bagian artikel saja dan hanya untuk website berbasis WordPress SH saja. Dengan bantuan sebauh plugin, pengguna bisa dengan mudah mendeteksi artikel yang sama tanpa harus mengeceknya satu-persatu.

Nama dari pluginnya adalah Fix Duplicates, penggunaannya juga sangat mudah sekali dan bahkan semua orang pun pasti akan langsung mengerti karena tidak begitu rumit.

Adanya artikel yang berduplikasi ini bisa disebabkan beberapa hal, bisa dari kelalaian pengguna, atau dari plugin lain semacam AGC. Butuh waktu yang lama sekali jika ingin melihat daftar artikel satu-persatu, tapi dengan bantuan plugin ini, bisa mengurangi 98% waktu untuk mencari artikel yang sama. Adanya fungsional pintar membuat plugin ini mendapati rating yang bagus pada WordPress.

Gambaran dari plugin Fix DuplicatesGambaran dari plugin Fix DuplicatesGambaran dari plugin Fix DuplicatesGambaran dari plugin Fix Duplicates

Apa saja fiturnya? Bisa memindahkan langsung salah satu artikel yang sama ke trash, Menampilkan jumlah artikel yang sama, Mengalihkan satu artikel yang sama berdasarkan perhitungan kata, dan masih banyak lagi. Saran Saya lebih baik memasang plugin ini digandeng dengan Plugin Redirection karena akan memperbaiki artikel yang sama supaya tak tampil di mesin pencari dan otomatis dialihkan ke artikel yang paling awal diterbitkan.

Baca juga: Kumpulan hal yang paling dibenci oleh Google

Untuk memasangnya sangat mudah, pengguna bisa masuk ke dasbor dan mencari plugin ini dengan kata kunci Fix Duplicates atau bisa juga memasang secara manual melalui FTP dan silahkan unduh plugin tersebut di halaman ini https://wordpress.org/plugins/fix-duplicates/. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment