≡ Menu

Cara Mengatasi Notif Video Tidak Tersedia di Youtube

Cara Mengatasi Notif Video Tidak Tersedia di Youtube

Selain hanya Netflix dan Prime, menonton video di Youtube juga terdapat batasan negara juga lho. Walau tidak semua video akan tetapi terdapat video yang diprivasi khusus untuk warga negara tertentu saja, dan ketika ditonton oleh negara selain itu akan mendapati pesan dari Youtube bahwa video tersebut tidak tersedia di negara pengguna.

Banyak faktor yang membuat video tersebut dibatasi, salah satunya seperti tidak cocoknya konten untuk suatu negara atau memang memiliki batasan yang sudah diatur oleh pengunggah. Karena jika dilihat-lihat masih banyak video berjenis musik di luar negri yang tak dapat diputar pada negara Indonesia dan berimbas mendapatkan pemberitahuan seperti itu.

Baca juga: Cara Capture Gambar pada Video Youtube dengan Mudah

Solusinya sebenarnya tidak berbeda jauh seperti mengakali Netflix supaya dapat ditonton meski pengguna warga negara Indonesia. Selama pengguna menggunakan cara ini secara pribadi dengan benar dan tak menyalahgunakannya, semua akan baik-baik saja. Baiklah langsung ikuti beberapa cara dibawah ini.

  • Memakai VPN – Lagi-lagi ini adalah cara yang paling utama, karena menggunakan VPN ini sudah cukup untuk membuat lokasi pengguna saat ini dipalsukan ke negara lain. Sebaiknya gunakan VPN yang memakai server Amerika, sebab kebanyakan video tak dibatasi dengan IP USA.
  • Menggunakan Proxy – Ada 2 buah proxy yang dapat dipakai, yakni HTTP dan SOCKS. Pilih sesuai minat pengguna, akan tetapi jika saran dari Saya adalah menggunakan HTTP Proxy disebabkan lebih ringan dan cepat. Seperti memakai VPN, pilihlah server proxy USA.
  • Memakai Web Proxy – Berbeda dengan proxy, menggunakan web proxy jauh lebih sederhana karena pengguna layaknya sudah ada di negara lain tanpa perlu mengatur segalanya. Dan pengguna bisa mencari Web Proxy ini di Google. Sebagai saran sebaiknya tidak masuk akun Google memakai Web Proxy karena sangat beresiko.

Walau hanya ada 3 cara saja, pengguna bisa memilih salah satu yang dirasa termudah. Jika Saya sendiri lebih suka menggunakan VPN karena sederhana serta aman sekali. Ada banyak program VPN yang bisa ditemui di internet, contohnya adalah Cyberghost.

Beberapa Alasan Video Tidak Tersedia di Suatu Negara

Pada paragraf kedua diatas Saya sudah mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan video itu dibatasi. Namun setelah mencari-cari ke-segala arah. Berikut ini beberapa alasan yang memungkinkan video itu dibatasi.

  • Pembatasan Video Berdasarkan Kebijakan Hukum Negara – Ini hanya terjadi di suatu negara saja, seperti video yang memiliki unsur khusus dewasa.
  • Dibatasi Langsung Oleh Sang Pengunggah Video – Pemilik akun Youtube memiliki hak untuk menampilkan video tersebut khusus untuk suatu negara saja. Bisa jadi dari unsur monetisasi atau berdasarkan lisensi.
  • Tidak Cukup Umur – Biasanya video ini berisikan konten seksual atau berbau dewasa yang mana tak cocok untuk remaja atau anak dibawah umur.

Sekarang pengguna pasti sudah mengerti mengapa video itu tak tersedia. Gunakan cara diatas hanya untuk pribadi saja, secara umum ketiga hal diatas memang bermaksud melanggar ketentuan. Akan tetapi jika dipakai secara pribadi saja, semuanya akan baik-baik saja dan tak ada yang perlu dikhawatikan.

Baca juga: Cara Menjadikan Video Youtube Menjadi Mp3

Mengapa Saya menyuruh untuk tidak boleh masuk akun Google dari Web Proxy? Karena jika memakai Web Proxy, cookies yang ada di peramban tak akan berguna lagi sehingga ketika pengguna mencoba masuk, dan sistem Google akan berfikir bahwa terdapat hal yang tak beres terdapat akun tersebut dan bisa jadi akun itu langsung dikunci untuk mengamankannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment