≡ Menu

Cara Mengatasi Halaman yang Terkena DMCA Notice

Cara Mengatasi Halaman yang Terkena DMCA Notice

Menyedihkan sekali apabila suatu halaman yang dimiliki mendapatkan DMCA Notice yang menyebabkan halaman itu tak dapat diakses lagi oleh banyak orang. Kebanyakan DMCA Notice ini hadir langsung dari mesin pencari semacam Google dan bukan Google yang megakibatkan hal ini terjadi, tapi yang melaporkan justru adalah pemilik konten itu. Dan sebagai penerbit konten, mau tak mau hanya dapat menerima saja.

Contohnya kecilnya seperti pengguna memiliki ide untuk membuat artikel yang mengulas mengenai suatu musik, dan parahnya dibawah artikel diberikan suatu link untuk mengunduh lagu tersebut. Itu adalah tindakan yang dianggap melanggar dan pengguna pun juga dapat dituntut akibat menaruh link download di halamannya.

Tak hanya lagu saja, tapi juga konten yang bukan milik kita adalah hal yang seharusnya tidak diterbitkan tanpa adanya perijinan.

Apa Itu DMCA?

DMCA adalah singkatan dari “Digital Millennium Copyright Act“. Dari nama tersebut pasti sudah mengerti apa maksudnya. Jadi kegunaanya untuk melindungi hak cipta untuk konten berbentuk digital.

Ada banyak konten digital yang ada, seperti tulisan, kutipan, video, lagu, dan lain-lain. Kebijakan DMCA sudah dibuat sejak lama di Amerika sekitar tahun 1998. Selengkapnya, bisa langsung menuju WikiPedia.

Orang yang merasa dirugikan karena adanya website yang mempublikasikan kontennya bisa melaporkan dengan banyak hal. Seperti melaporkan langsung ke Google untuk menghapusnya dari pencarian, atau menuju ke penyedia server website tersebut untuk memberitahukan pemilik website untuk menangani masalah ini.

Baik itu Google atau para penyedia server, biasanya akan membantu menyelesaikan masalah DMCA dengan sangat bijak sekali. Yakni menanyakan terlebih dahulu apakah itu benar konten miliknya dengan memberikan bukti yang kuat semacam dokumen atau sebagainya. Jika dirasa kuat, maka pemilik website yang dianggap telah menyalahi aturan akan mendapatkan DMCA Notice.

Baca juga: Tutorial memasang Badge DMCA di situs web

Lalu apa yang harus dilakukan pemilik website itu? Apakah hanya diam saja, tentu saja tidak dan harus bertindak juga supaya tidak menjalar ke halaman yang lain. Jika pun pemberitahuan itu diberikan oleh layanan server, maka pengguna masih dapat mengajukan supaya websitenya tidak segera ditangguhkan dengan cara menghapus seluruh halaman yang mengandung DMCA.

Tata Cara Mengatasinya

Artikel ini tidak menjelaskan mengenai bagaimana cara lepas dari DMCA, tapi hanya mengatasi apabila terkena DMCA. Sebab jika halaman sudah terkenda DMCA dengan bukti yang sepadan, maka tak ada harapan untuk melakukan banding. Jadi yang harus pengguna lakukan adalah mengikuti beberapa langkah mudah ini.

  • Menghapus Konten yang Terkena DMCA Secepatnya – Jika tidak ingin server ditangguhkan akibat masalah ini, sebaiknya menghapus halaman itu dan ditiadakan untuk selamanya. Memang sulit untuk menerima walau konten hanya sekedar review saja, tapi tetap saja itu menyelahi karena yang di-review bukan konten milik kita sendiri serta tak mendapat ijin.
  • Mengetahui Orang yang Melaporkan – Hanya sebagai tambahan saja, jika orang tersebut berasal dari perusahaan tertentu pastilah memiliki nama perusahaan. Maka dari itu pengguna bisa melihat nama perusahannya dan apabila konten yang pengguna buat terdapat konten yang dari perusahaan itu, sebaiknya langsung dihapus juga supaya tak mendapati DMCA Notice.
  • Gunakan HTTP Header 410 – Setelah menghapus konten tersebut, tentu halaman akan masih tersisa di mesin pencari. Supaya itu tidak tampil, berilah HTTP Header 410 supaya mesin pencari mau menghapus halaman itu dan tak meng-index lagi. Jangan menaruh HTTP Header tersebut pada semua halaman dan cukup tambah pada halaman yang terkena DMCA saja.

Diatas adalah satu cara yang paling dapat diunggulkan ketika mendapat DMCA supaya tak menjalar ke halaman lainnya. Tapi jika konten yang pengguna miliki hanya berupa konten milik orang saja, misalnya website penyedia video atau lagu milik orang lain, tentu ini bukan cara yang tepat untuk dilakukan karena sudah sangat jelas itu melanggar lebih dari yang diperkirakan di mata Google dan layanan server.

Apakah DMCA Notice Mempengaruhi SEO?

Google akan langsung menghapus halaman itu dan menandai sebagai konten yang melanggar sehingga tak lagi ditampilkan pada mesin pencari. Jadi tentu ini akan mempengaruhi sisi SERP dan hilangnya pengunjung untuk halaman itu. Jika hanya satu atau dua halaman saja yang terkena DMCA, mungkin Google masih dapat memaklumi rangking situsnya.

Tapi apabila terlalu banyak, maka Google akan mengambil tindakan untuk membuat website itu tak lagi bagus di SERP dan bisa-bisa terkena penalty yang mana domain website pemilik akan hilang di pencarian.

Baca juga: Cara mudah melaporkan artikel copas ke google

Tak ada yang tahu kapan tepatnya DMCA Notice itu datang dan tergantung dari pemilik konten yang sesungguhnya. Maka sebaiknya bagi para pemilik website seperti kita hanya dapat mencegahnya supaya itu tak akan datang dengan cara menghindari membagikan konten tanpa ijin. Melakukan ijin kepada pemilik konten sangatlah diperlukan sekali guna menghindari DMCA Notice ini walau hanya secuil kutipan atau video.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment