≡ Menu

Cara Dekripsi Kode Md5 dengan Mudah

Hash berjenis md5 sebenarnya tak bisa didekripsi, berbeda dengan base64 yang memiliki fungsi khusus untuk melakukan dekripsi. Biasanya md5 digunakan untuk menyimpan kata sandi di database website supaya lebih aman.

Tapi tahukah pengguna bahwa md5 bisa didekripsi dengan cara lain? 80% bisa saja gagal apabila md5 yang ingin didekripsi memiliki karakter yang unik seperti simbol dan lain-lain, tapi ini juga tergantung dari website penyedia dekriptornya.

Disini akan Saya bagikan tentang cara mendekripsi md5 dengan mudah, namun perlu diketahui juga bahwa cara ini tidaklah bisa 100% berhasil dan butuh faktor keberuntungan juga. Ada sebuah website yang memiliki jutaan kata dari md5 yang terus ditambah perharinya.

Jadi ini tak sepenuhnya dapat dikatakan mendekripsi, tapi mencocokannya saja dengan seluruh kata yang ada di database md5 decryptor tersebut.

Baca juga: Deteksi Jenis Enkripsi dengan HashID pada Ubuntu

Nama dari website tersebut adalah md5 Online Decryptor, menurut Saya hanya situs tersebut sajalah yang menyimpan banyak kata dan sangat akurat.

Perlu diketahui juga bahwa artikel ini tak mengajarkan sesuatu yang mungkin digunakan untuk merugikan orang lain dalam artian hacking atau semacamnya, tapi cukup pelajari saja dan siapa tahu ini dibutuhkan suatu saat dalam situasi tertentu. Berikut ini tata cara dekripsi hash md5 secara online.

Cara Dekripsi Kode Md5 dengan Mudah

  1. Pertama – tama silahkan sedikan kumpulan hash md5 yang dimiliki saat ini, apabila sudah menyediakannya langsung saja menuju website Md5 Online Decryptor.
  2. Selanjutnya skroll kebawah dan temukan kolom untuk mengisi kode md5, maksimal adalah 500 baris. Disini Saya contohkan akan melakukan dekripsi kode md5 ini cda2c99fbf5e19f20d331299c15a4491.

    Cara Dekripsi Kode Md5 dengan Mudah Secara Online

  3. Kemudian isikan captchanya dan dilanjutkan dengan klik tombol Decrypt dan tunggu sekejap, maka akan tampil hasil dekripsi kode md5 tadi.

    Cara Dekripsi Kode Md5 dengan Mudah Secara Online

Mulai sekarang apabila pengguna ingin membuat kata sandi, akan lebih baik karakter tersebut memiliki simbol dan setidaknya minimal 10 karakter dan jangan lupa besar kecilnya karakter juga bisa mempengaruhi kode md5 ini.

Karena kode md5 ini nantinya akan membantu pengguna juga apabila terdapat peretas yang berhasil mendapatkan isi dari database namun tak bisa mendapatkan sandi karena kode md5nya tak dapat didekripsi.

Baca juga: Fungsi md5() Untuk Membuat Hash Password Di PHP

Selain hanya situs diatas, pengguna juga bisa memakai situs alternatif lainnya, yaitu Md5online, Hashkiller, Md5decrypter, dan Md5hashing.

Pengguna tak perlu ngotot untuk bisa mendekripsi kode md5 yang didapat, jika pun memakai situs diatas tidak bisa, sebaiknya urungkan untuk mendekripsi kode md5 tersebut dan mengingat bahwa kode md5 tak sepenuhnya bisa diketahui.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • gunawan September 11, 2017, 10:11 am

    Trims kk

Leave a Comment