≡ Menu

Tips Supaya Tidak Mudah Tertipu dengan Berita Hoax

Tips Supaya Tidak Mudah Tertipu dengan Berita Hoax

Semakin hari terdapat berita baru yang akan menyebar ke seluruh penjuru dunia, baik itu berita nyata dan bahkan berita hoax pun juga bisa mendunia seiring jalannya waktu. Yang paling parah saat ini berita hoax didapati pada situs media sosial sejenis Facebook.

Karena pengguna Facebook sekarang ini tidak hanya para remaja dan dewasa saja, akan tetapi orang tua dan bahkan anak SD pun terkadang juga memiliki akun Facebook pribadi.

Berita hoax atau yang dimaksud adalah berita palsu memang tidak mempengaruhi kepada orang yang sudah terbiasa di internet apalagi orang IT, dan biasanya berita tersebut kadang juga memiliki sedikit bukti berdasarkan foto yang diambil.

Tentunya jika gambar tersebut terlihat meyakinkan, orang juga akan merasa bahwa itu adalah berita yang asli, akan tetapi mereka tidak mau melihat-lihat dulu apakah itu memang benar asli dan tiba-tiba jarinya langsung menekan tombol membagikan kiriman tersebut.

Semakin banyak kiriman tersebut dilihat oleh orang lain, maka semakin banyak pula yang tertipu. Orang yang merasa tertipu untuk pertama kalinya adalah hal yang lumrah, tapi jika terus-terusan mempercayai berita hoax secara terus menerus, itu adalah kebodohan yang berkembang.

Nah supaya pengguna tidak merasa dibodohi oleh berita hoax yang ada di internet, disini akan dibagikan bagaimana untuk mengetahui keaslian dari berita tersebut. Sehingga pengguna bisa menyimpulkan apakah itu memang berita asli atau sekedar hoax.

  1. Kenali Sumber Berita – Jika sang pembuat kiriman memberikan sumber yang jelas terhadap berita yang dibagikan tersebut, itu masih berpotensi 70% bisa dipercaya apabila sumber tersebut memang benar-benar ada.
    Jika sumber berbentuk link yang mengarah ke situs berita terbesar di internet, maka bisa dipastikan itu berita asli. Dan sebaliknya jika tak ada sumber dari berita tersebut, lanjut ke step kedua.
  2. Telusuri Berita di Mesin Pencari – Cukup tuliskan judul dari berita yang dianggap kurang meyakinkan ke situs pencari semacam Google. Jika dipastikan disana terdapat berita dari situs berita populer, maka dipastikan berita tersebut asli.
    Dan sebaliknya jika terdapat berita yang sama akan tetapi tidak berdasarkan situs berita populer, lanjutkan lagi ke step ketiga.
  3. Mengecek Situs Website Berita – Walau situs berita populer terbukti kebenarannya, akan tetapi situs berita biasa yang dikelola oleh individu tidak semuanya memiliki berita yang hoax juga lho.
    Tapi terkadang situs berita yang palsu, didalam kontennya juga memiliki berita yang palsu juga dan makin membanyak.
  4. Perhatikan Alamat Domain Website – Orang yang berkinginan menipu memang bisa memakai beragam cara, salah satunya mengganti domainnya menyerupai situs berita terkenal lainnya.
    Untuk itulah mengapa pengguna setidaknya harus melihat alamat domain tersebut berdasarkan karakter angka tambahan di depan, tengah, atau akhir.
  5. Mengetahui Waktu Kejadian Berita – Yang terakhir dari semua adalah mengetahui waktu berita tersebut, karena banyaknya orang sering membagikan berita lama untuk unsur yang tidak jelas.
    Maka dari itulah apabila pengguna menemukan berita sejenis itu dan ternyata itu asli, sebaiknya ketahui juga waktu kejadian tersebut apakah akhir-akhir ini atau justru sudah bertahun-tahun yang lalu.

Lima tips diatas bisa sangat berguna bagi pengguna untuk mengetahui keaslian dari berita yang dibagikan oleh teman atau orang lain di sosial media supaya tidak tertipu nantinya.

Contoh yang paling parah adalah berita yang dibagikan oleh akun yang menyamar sebagai artis dan itu adalah tindakan ilegal yang mana sudah memasuki tindakan diluar hukum. Terkadang website yang membagikan berita hoax juga memiliki maksud tersendiri.

Baca juga: Cara mengunci kronologi di akun facebook

Jadi pemilik berita hoax tersebut menerapkan sejenis umpan yang membuat orang lain ingin sekali mengunjungi situs tersebut. Dan ketika banyak sekali yang mengunjungi berita hoax itu, secara otomatis pemilik website itu akan mendapatkan penghasilan tersendiri dari aksi yang dilakukan pengunjung.

Hanya perlu setidaknya 5 menit saja untuk mencoba 5 tips diatas dan pengguna sudah bisa menyimpulkan bahwa itu berita asli atau berita hoax.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment