≡ Menu

Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

Walau Internet Explorer sudah jarang digunakan kebanyakan orang khususnya remaja karena sudah beralih ke peramban yang lebih bagus lagi. Namun Internet Explorer ini masih berguna lho untuk beberapa orang, contohnya saja pada RDP Windows yang kebanyakan hanya menyediakan satu peramban saja untuk pertama kalinya dan jika pengguna ingin memasang peramban yang lainnya hanya ada 2 pilihan, yaitu mengambil dari drive local di PC atau mengunduhnya terlebih dahulu memakai Internet Explorer.

Di suatu program juga kadang diberikan opsi untuk memilih peraturan dari Internet Explorer pada bagian proxy sehingga pengguna yang telah mengatur akses internet pada peramban tersebut bisa dipakai pada program yang lain.

Jika Saya simpulkan, Internet Explorer memang peramban yang bagus dan memiliki fitur yang banyak serta unik. Tapi sayangnya banyak website yang tak kompatibel jika dibuka melalui Internet Explorer.

Dan bahkan terkadang jika ingin mengunduh suatu berkas di Internet Explorer malah dicekal dan jadinya berkas tersebut tak akan bisa disimpan, contohnya seperti mengunduh peramban Firefox dan lain-lain.

Disini akan Saya bagikan tentang cara mengatasi gagal download Firefox melalui Internet Explorer, sehingga pengguna bisa move on dari Internet Explorer dan merasakan sensasi Firefox yang lebih baik dalam menelusuri internet. Simak caranya dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan masuk peramban Internet Explorer dan klik tombol pengaturan dan akan muncul menu, pilih pada Internet Option.

    Cara Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

  2. Selanjutnya menuju tab Security dan dibagian Select a zone to view or change security settings pilih Local Internet.

    Cara Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

  3. Sekarang klik tombol Custom Levek dan akan ditujukan banyak menu lagi. Skroll sampai bagian Downloads dan dibawahnya cukup pilih Enable. Lanjutkan dengan menekan tombol OK

    Cara Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

  4. Masih belum selesai, sekarang proses penambahan URL Firefox pada Whitelist, jadi masih pada bagian tab Security dan klik tombol Sites.

    Cara Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

  5. Akan muncul jendela dialog yang menampilkan satu kolom. Dan dikolom tersebut, pengguna cukup menuliskan seperti ini

    https://*.mozilla.net/*

    Selanjutnya klik tombol Add untuk menambahkannya.

    Cara Mengatasi Gagal Download Firefox Melalui Internet Explorer

  6. Tahap terakhir adalah mencoba mengulangi mengunduh Firefox, pasti sudah bisa.

Inti dari cara diatas adalah menambah URL Whitelist pada Internet Explorer karena sebelumnya URL pengunduhan berkas Firefox diblokir sehingga proses download tak berjalan dengan normal. Tapi ketika cara diatas sudah diterapkan, pasti dibagian bawah terdapat notifikasi konfirmasi unduhan yang siap berjalan dan pengguna cukup memih Open atau Save saja.

Baca juga: Cara chatting facebook dan whatsapp di browser opera

Apakah ini aman untuk dilakukan? Tentu saja aman, sebab hanya menambah URL Whitelist saja bukan bermaksud menonaktifkan semacam firewall yang ada di peramban Internet Explorer ini.

Dengan begitu cara ini hanya bekerja untuk situs Firefox saja dan untuk yang lainnya mungkin akan masih tetap dibatasi apabila belum ditambah ke Whitelist. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, langsung saja berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment