≡ Menu

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android ROOT

Bukankah lebih nyaman ketika pengguna memiliki kapasitas kosong yang sangat banyak pada penyimpanan internal? Membuat ponsel lebih leluasa untuk menyimpan banyak hal pada bagian internal dan menyisihkan aplikasi yang tergolong tak penting di SD Card saja.

Tak semua ponsel dapat memindahkan aplikasi ke SD Card, salah satu contohnya adalah aplikasi BBM yang harus dipasang di penyimpanan internal saja dan tak ada pilihan untuk memindahkan ke SD Card pada pengelolaan aplikasi.

Tapi pada ponsel berstatus ROOT, hal tersebut bisa dimaklumi dan pengguna dapat melakukannya dengan cara yang sedikit kasar, yakni memakai aplikasi bantuan. Dan aplikasi bantuan yang akan Saya terapkan kali ini adalah Titanium Backup yang berguna juga untuk memindahkan segala aplkasi ke SD Card dengan cara yang pastinya sangat aman.

Dengan metode ini, tak akan ada efek samping yang terjadi pada ponsel selama pengguna menerapkannya dengan benar.

Yang harus diketahui pertama kali adalah ponselnya harus telah berstatus ROOT dan telah memiliki aplikasi Titanium Backup ini. Jika semua itu telah terpenuhi, berarti pengguna sudah siap untuk melanjutkan pemindahan aplikasi menuju ke SD Card.

Disini Saya menyarankan bahwa sebelum pengguna ingin memindahkannya, pastikan aplikasi tersebut bukanlah aplikasi sistem, misalnya dialler, perpesanan, dan lain-lain karena itu akan terdapat resiko untuk sistem, dan sebaiknya cukup aplikasi yang terunduh saja seperti BBM, Whatsapp, Dropbox, dan sebagainya.

  1. Silahkan buka aplikasi Titanium Backup dan usahakan telah mengetahui nama aplikasi yang hendak dipindahkan. Contohnya disini Saya ingin memindahkan BBM ke SD Card.
  2. Jadi cukup cari aplikasi BBM pada Titanium Backup dan klik. Maka akan ditujukan pada bagian backup properties.

    Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android Khusus ROOT

  3. Pengguna cukup menggeser ke kiri dan pada bagian Special Features menuju ke menu Storage. Maka akan tampil menu bernama Move to SD Card dan silahkan klik.

    Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android Khusus ROOT

  4. Tunggu sekejap hingga proses perpindahan aplikasi selesai, jika selesai akan tampil pemberitahuan seperti ini.

    Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android Khusus ROOT

Tanpa perijinan ROOT pada ponselnya, cara diatas sangatlah mustahil untuk dicoba. Tidak ada salahnya dalam melakukan rooting ponsel apabila pengguna telah mengetahui kekurangannya supaya tak menyesal pada akhirnya. Tapi kebanyakan orang justru menggunakan akses ROOT ini untuk melakukan hal yang membantu ponselnya lebih pintar dan tidak boros energi dengan banyaknya tweak yang tersedia di internet.

Baca juga: Mencadangkan aplikasi android semakin mudah dengan Titanium Backup

Sekarang pengguna tidak perlu cemas lagi apabila melihat aplikasi yang tak dapat dipindahkan dari pengelolaan aplikasi, sebab dapat dilakukan dengan mudah oleh aplikasi Titanium Backup. Cara diatas sangatlah aman untuk digunakan apabila pengguna memilih aplikasi yang tepat untuk dipindahkan.

Semisal pengguna ingin memindahkan aplikasi sistem, pastikan juga bahwa itu juga aman untuk dipindahkan. Contoh dari aplikasi sistem yang mengganggu adalah bloatware atau dapat dimaksud sebagai aplikasi bawaan ponsel dari pabrik sejenis peramban dan pengaya tambahan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment