≡ Menu

Tutorial Memasang RDP di VPS Ubuntu

RDP di VPS Ubuntu

Dengan memakai Remote Desktop Connection yang ada pada PC, memungkinkan satu perangkat itu menjadi beberapa atau bahkan banyak perangkat sehingga pengguna dapat memakai komputer mana yang akan digunakan untuk melakukan suatu hal individu dan tak perlu memakai komputer yang dipakai saat ini dan cukup memakai komputer virtual tersebut. Mungkin ini terlihat membingungkan jika melihat dari penjelasan yang Saya ucapkan, tapi Saya harap pengguna sudah mengerti apa itu dan kegunaannya.

Remote Desktop Protocol atau biasa disingkat sebagai RDP biasanya hanya tersedia pada perangkat Windows saja, sedangkan jika pada perangkat selain Windows misalnya saja Linux tak akan bisa memakainya langsung dan harus memasang suatu program yang membuatnya bekerja untuk dijalankan dengan port RDP. Ada penyebab mengapa orang lebih suka membeli Ubuntu dibanding Windows untuk virtual komputer, salah satu alasannya adalah harga.

Banyak sekali layanan penyedia VPS yang memberikan harga Ubuntu lebih murah ketimbang Windows, maka dari itu pertanyaannya adalah bagaimana supaya Ubuntu ini bisa dijalankan dari RDP? Karena biasanya VPS Ubuntu dijalankan dari VMWare atau VNC, tapi mungkin beberapa orang lebih terbiasa memakai RDP karena lebih nyaman atau lain-lain. Berikut ini tata cara menjalankan RDP untuk VPS Ubuntu dengan mudah.

  1. Pertama – tama masuk pada terminal, bisa dari SSH dan ketikan perintah ini untuk melakukan update dan upgrade.

    sudo apt-get update
    sudo apt-get upgrade
  2. Setelah menjalankan kedua perintah diatas, selanjutnya adalah memasang desktop. Saya lebih menyarankan memakai paket ubuntu-desktop karena lebih lengkap fiturnya, tuliskan perintah berikut ini.

    sudo apt-get install ubuntu-desktop
  3. Sekarang saatnya memasang RDPnya. Berikut ini perintahnya.

    sudo apt-get install xrdp
  4. Dengan memasangnya, secara otoamtis program xRDP tersebut sudah berjalan pada port 3389 dan pastikan telah menambah port tersebut pada security group.
  5. Sekarang adalah menambah user yang dapat masuk RDP tersebut. Contohnya seperti ini.

    adduser namauser

    Ganti “namauser” menjadi nama yang akan digunakan untuk masuk RDP. Ketika mengetikan perintah diatas akan ditujukan pada bagian pengisian kata sandi, cukup isi dengan kata sandi yang diinginkan karena kata sandi itu yang nantinya akan digunakan untuk masuk beserta nama yang dituliskan tadi.

  6. Tahap terakhir adalah mencoba masuk ke RDP dan jika bisa, akan ditujukan kolom pengisian username dan password dan sekarang Ubuntu siap untuk digunakan dengan RDP.

Sebagai saran supaya dapat menjalankan desktop pada Ubuntu ini dengan baik akan lebih bagus jika spesifikasi VPS Ubuntu minimum adalah 2vCPU dan 4Gb RAM. Tapi menurut Saya sendiri memakai VNC jauh lebih baik untuk Ubuntu karena lebih halus dan tentunya cepat. Apapun itu, selera orang berbeda-beda, ada yang lebih suka RDP, VMWare, atau VNC seperti Saya, yang pasti kegunaannya adalah sama yaitu mengakses desktop perangkat Ubuntu itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment