≡ Menu

Tips Mengatur RDP Supaya Stabil dan Tak Pernah Putus

Selain digunakan untuk membuka banyak komputer lain dalam satu komputer pribadi, RDP juga memiliki banyak manfaat tersendiri. Apalagi saat ini banyak sekali layanan RDP yang dijual dengan harga yang sangat minim yang membuat orang bisa mendapatkan komputer tambahan berbentuk virtual. Pada RDP memang koneksi yang dihasilkan tidak diambil dari koneksi yang dipakai milik komputer kita, namun langsung secara direct dari network RDPnya dan komputer yang dipakai pengguna hanya dipakai sebagai perantara saja.

Maksud dari perantara adalah pengguna tidak perlu menyediakan koneksi yang begitu tinggi karena hanya seolah membuka gambar di internet saja, dan gambar tersebut juga bervariasi dari pengaturan yang sudah dipilih, jadi semakin bagus gambar yang ditampilkan atau semakin besar gambaran yang ditampilkan, maka akan semakin banyak pula data yang diperlukan untuk membuka gambar tersebut. Tapi itu masih bisa diatur supaya kualitas gambar tak terlalu bagus supaya koneksi ke RDP bisa lebih cepat.

Mengatur koneksi pada RDP supaya lebih cepat juga tak dilihat dari gambar saja, tapi juga dari resolusi window dan juga jenis koneksi yang diatur pada setelan RDP. Jika pengguna mengaturnya sebagai koneksi yang tinggi, maka pastilah akan disediakan tampilan yang fantastis namun akan memakan banyak data yang pada akhirnya tak stabil karena koneksi milik kita bisa saja down atau sejenisnta, maka dari itu disini Saya ingin membagikan sedikit tips supaya mengakses RDP bisa lebih nyaman dan tak pernah putus.

  1. Buka pengaturan RDP dengan cara menekan tombol Option.Mengatur RDP Supaya Stabil dan Lebih Cepat
  2. Maka akan tampil banyak menu setelan dari RDP. Langsung saja menuju tab DisplayMengatur RDP Supaya Stabil dan Lebih Cepat
  3. Pada area Display Configuration pilih sebagai 1024 by 768 pixels. Dan pada area Colors lebih baik diatur sebagai 16-bit atau 15-bit.Mengatur RDP Supaya Stabil dan Lebih Cepat
  4. Sekarang beralih ke tab Experience. Di area Performance dibagian koneksi pilih sebagai Modem 56 Kbps dan dibawahnya terdapat banyak pilihan sebaiknya tak perlu dicentang.Mengatur RDP Supaya Stabil dan Lebih Cepat
  5. Sekarang cobalah untuk menyambungkan ke RDPnya, pasti ada perubahan dari sebelumnya.

Perubahan dari pengaturan diatas akan signifikan jika koneksi pengguna terbilang selalu stabil, karena RDP selalu membutuhkan koneksi yang stabil untuk menerima setiap gambaran perdetiknya. Cara diatas berguna untuk menyetabilkan koneksi pada RDP saja, bukan berarti membuat server RDP tersebut makin cepat atau ringan, namun spesifikasi RDP pun juga dibutuhkan guna mendapatkan pengalaman browsing di RDP yang nyaman tanpa ada diskonek sekalipun.

Asalkan jangan memutar musik atau lagu pada RDP karena itu tak akan ada gunanya, sebab jika koneksi pengguna tak terlalu tinggi dan digunakan untuk memutar video, pasti ditengah-tengah akhirnya akan diskonek dan tentulah video tersebut akan berjalan terus tanpa diketahui pengguna. RDP lebih sering dipakai untuk mengunduh dan mengunggah konten, bagi Saya sendiri memakai RDP ini untuk membantu melakukan transfer berkas ukuran besar pada server untuk migrasi yang mana itu tak bisa dilakukan oleh jaringan yang tertanam di komputer pribadi milik Saya. Baca juga ya cara pindahkan file dari RDP ke PC.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment