≡ Menu

Cara Menjadikan Tombol Volume Sebagai Tombol Power di Android

Menjadikan Tombol Volume Menjadi Tombol Power

Setiap hari pengguna ponsel Android melihat ponselnya beberapa kali dan kadang bisa ratusan kali. Menekan tombol power terus menerus memang tidak bagus, tapi pada umumnya di suatu ponsel juga sudah dirancang sebaik mungkin sehingga tetap kuat walau ditekan ratusan kali sehari. Tombol tersebut sama halnya dengan tombol keypad ponsel java yang sama kuatnya untuk ditekan terus-menerus. Akan tetapi itu bisa saja rusak karena banyak hal dan salah satunya adalah terlalu sering digunakan.

Tehnologi terus berkembang setiap tahunnya dan ponsel Android pun sudah bisa digunakan tanpa tombol apapun, atau dengan maksud bisa mematikan layar dan menghidupkannya tanpa sebuah tombol. Yakni menggunakan fitur gesture seperti double tap to wake. Namun untuk beberapa orang yang tidak ingin menggunakan cara mudah lebih suka menekan sebuah tombol. Ibaratkan saat ini pengguna ingin menggunakan tombol power untuk menghidupkan ponsel, tapi tombol power rusak. Pasti ada 2 hal yang akan terjadi, yaitu pergi ke tukang seervis atau menggunakan cara alternatif.

Sama halnya seperti tombol navigasi yang rusak sebenarnya masih dapat diatasi dengan bantuan sebuah aplikasi. Dan untuk tombol power ini juga tidak satu-satunya tombol yang tertera pada ponsel Android. Jadi maksudnya pengguna masih bisa menggunakan tombol yang lain untuk menghidupkan ponsel seperti tombol volume. Pada artikel ini Saya hanya akan berbagi aplikasi untuk melakukan hal ini pada ponsel yang telah diroot dan telah memasang Xposed Framework. Jadi sebelum melanjutkan artikel ini pastikan ponsel pengguna telah memenuhi syarat tersebut.

Aplikasi yang akan dibagikan adalah sebuah modul Xposed yang sangat luar biasa sekali. Modul ini sangat ringan dan bahkan tidak akan ada efek samping apapun setelah menggunakannya. Jadi aplikasi ini bekerja ketika layar ponsel telah terkunci dan pengguna bisa menekan tombol volume atas untuk menghidupkannya. Dan ketika layar ponsel telah hidup, tombol volume atas akan tetap menjadi tombol volume atau dengan maksud tidak selalu menjadi tombol power.

Nama dari aplikasi ini WakUpVol. Dengan ukuran yang sangat kecil, aplikasi ini tidak memiliki antar muka seperti pengaturan dan lain-lain. Jadi sekali digunakan dan diaktifkan melalui modul Xposed, aplikasi ini bisa langsung bekerja dengan satu fitur andalannya yaitu menghidupkan layar dengan tombol volume atas. Mengapa Saya menyarankan menggunakan aplikasi ini ketimbang aplikasi yang dapat bekerja tanpa ROOT? karena ini sangat akurat dan dengan bantuan Xposed, aplikasi ini terhindar dari suatu task killer.

WakUpVol tidak bisa digunakan untuk mengunci layar ponsel dan hanya dapat digunakan untuk menghidupkan layar ponsel saja. Sebaiknya pasang aplikasi ini pada penyimpanan internal supaya tetap bisa digunakan dengan baik. Beberapa orang mungkin akan mengalami sedikit kebingungan ketika sehabis memasang aplikasi, kenapa aplikasi tidak bekerja, padahal sudah melakukan centang pada Xposed? Ini dikarenakan pengguna belum melakukan reboot ponsel setelah melakukan centang pada Xposed. Untuk mengunduh WakUpVol, silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Saya tidak memberikan link khusus untuk aplikasi ini dan langsung mengarah ke situs forum XDA dimana aplikasi ini tersedia. Dan pengguna tidak perlu khawatir apakah aman tidaknya dari aplikasi ini karena Saya sudah mencobanya dan semuanya berjalan dengan lancar. Aplikasi ini sangat cocok untuk ponsel yang memiliki masalah dengan tombol power yang sudah mulai sulit untuk digunakan atau bahkan rusak. Dan satu lagi, pastikan juga tombol volume atas masih normal sebelum memakai aplikasi WakUpVol. Baca juga live wallpaper paling hemat baterai untuk Android.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }

Leave a Comment