≡ Menu

Solusi Mengatasi Audio Brebet pada PC (Part 2)

Audio Brebet di PC

Mendengarkan musik akan sangat menyenangkan apabila tidak ada masalah seperti suara noise dan membuat musik terus berjalan tanpa ada kemacetan sedikitpun. Baik itu musik yang macet dipertengahan atau sebatas suara yang menggaggu sesaat, itu bisa mengurangi minat untuk memutar musik lagi dan satu-satunya hal yang terus dipikirkan adalah cara memperbaikinya. Sebelumnya Saya pun sudah pernah membagikan tentang cara mengatasi suara speaker brebet pada PC, tapi sepertinya di beberapa PC seseorang tidak berfungsi dan harus menggunakan cara lain.

Jika mendengarkan musik online, sesuatu yang macet pada audio yang diputar mungkin masih wajar dari koneksi yang terbilang kurang cepat atau masalah dari Adobe Flash, tapi bagaimana jika memutar musik atau bahkan video secara offline dan mendapati masalah sejenis ini, tentu pengguna pasti akan semakin bingung untuk mengatasi masalah ini seolah perangkat PC yang memiliki masalah padahal disini yang bermasalah hanya dari software saja.

Jadi jika sebelumnya pengguna merasakan baik-baik saja mendengarkan musik baik itu online maupun offline, berarti masalah yang menimpa sekarang ini dikarenakan aktivitas baru-baru ini yang dilakukan pada PCnya, baik itu memasang program baru atau sesuatu yang lain. Dan disini akan Saya bagikan cara untuk mengatasi masalah itu. Tapi sebelum melakukan ini, Saya lebih menyarankan untuk mencoba cara pertama yang Saya berikan untuk menghilangkan suara kresek-kresek.

Pada artikel ini Saya tidak hanya membagikan tips untuk mengatasi suara yang brebet atau kresek-kresek, tapi juga suara audio yang tidak terdengar. Silahkan simak beberapa tips untuk mengatasinya dibawah ini.


  1. Cek Aktivitas Baru-baru Ini – Bisa jadi masalah ini dikarenakan program yang baru-baru ini dipasang atau diperbarui yang menyebabkan masalah ini terjadi. Ini akan lebih mudah dicari apabila pengguna mengetahui sejak kapan masalah ini tiba. Contohnya pengguna memasang program yang berhubungan dengan audio dan semacamnya silahkan uninstall untuk sementara dan lihat hasilnya.
  2. Matikan Mode Senyap atau Mode Gaming – Biasanya pengguna yang sering bermain sebuah game suka mengaktifkan fitur ini dari sebuah program. Dan beberapa antivirus pun juga memiliki fitur untuk melakukan ini dan untuk itu silahkan matikan mdoe senyap atau mode gaming dan lihat perbedaanya.
  3. Upgrade atau Downgrade Sound Driver – Sebuah sound driver sangat berarti untuk mendengarkan audio yang dikeluarkan dari perangkat, jadi jika terjadi masalah pada sound driver, bisa jadi akan merujuk pada pengeluaran suara audio dari perangkat yang kadang tidak stabil atau bahkan tidak terdengar, solusinya adalah melakukan upgrade atau downgrade.
  4. Mengecek Volume Mixer – Ini digunakan untuk mengecek apakah terdapat suatu program yang dibatasi maksimal volume yang dikeluarkan. Jadi ini tidak ada hubungannya dengan suara audio yang brebet tapi lebih merujuk pada suatu program yang tidak terdengar suara.
  5. Install Ulang Sound Driver – Jika sekiranya beberapa cara diatas tidak mengatasi masalah, cara terakhir ini Saya jamin bisa mengatasinya. Yaitu dengan melakukan uninstall seluruh sound driver yang ada pada PC dan setelah itu mengisntallnya kembali.

Saya juga ingin supaya pengguna mencoba audio pada suatu handset atau speaker yang berbeda, karena siapa tahu masalahnya ada pada speaker atau handset yang dipakai saat ini. Jangan pernah memperbarui driver dari sebuah program lain, dan jika pengguna ingin melakukan upgrade driver cukup menggunakan fitur upgrade yang ada di device manager. Karena jika pengguna menggunakan program lain untuk melakukan upgrade driver, dikhawatirkan driver tersebut tidak cocok yang hanya menimbulkan masalah saja. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment