≡ Menu

Cara Mengatur Google Gambar Khusus untuk Anak-Anak

Sekarang hampir semua para remaja memiliki sebuah ponsel pribadi untuk berkomenuikasi dengan teman-temannya dari jauh. Berbeda dengan jaman 90an dulu yang mana tidak semua orang memiliki sebuah ponsel dan hanya orang yang punya banyak uang saja yang bisa menikmati berkomunikasi dari jarak jauh melalui ponsel. Tapi sekarang sudah masuk pada era modern, dimana semua orang pasti mampu membeli sebuah ponsel dengan sebulan gaji kerja.

Jangankan setiap remaja yang memiliki ponsel, bahkan anak-anak pun juga memilikinya untuk saat ini. Kurang lebih anak-anak kelas 6 SD pasti sudah mengerti ponsel dan bisa menggunakannya dengan baik seperti bermain game atau mencari sesuatu di Google. Ada banyak hal yang membuat anak-anak menjadi terobsesi atau ketagihan dengan internet, salah satunya adalah dari mesin pencari Google yang selalu memberikan apapun hal yang diinginkan.

Tidak masalah jika informasi yang diinginkan bisa ditampilkan secara akurat, tapi akan berdampak buruk bagi anak-anak apabila informasi yang ditampilkan tidak sesuai dengan umurnya. Contohnya saja anak-anak ingin mencari gambar seseorang, tapi yang didapatkan adalah gambar berbau sara, tentu anak-anak tersebut akan lebih sering membuka Google untuk mencari gambar sejenis yang lain dan ia akan ketagihan karenanya.

Nah bagi orang tua, satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengatur mesin pencari Google Gambar ini khusus untuk gambar yang tidak mengandung konten sara atau p*rno. Dan disini akan Saya bagikan cara untuk melakukan itu dan ini sebenarnya sangat mudah sekali. Percaya ataupun tidak, silahkan bagi orang tua bisa mencari gambar yang berbau sara di Google dan pasti Google akan menampilkan gambar yang diinginkan. Baiklah, berikut ini cara mengatur Google Gambar untuk anak-anak.


  1. Pertama – tama silahkan buka peramban yang biasa digunakan pada ponsel dan masuk pada Google Images.
  2. Klik pada menu bernama Setelan yang ada pada bagian bawah. Maka akan muncul sebuah dialog kecil menampilkan beberapa menu, cukup pilih pada Setelan penelusuran.

    Cara Mengatur Google Gambar untuk Anak-anak

  3. Pada bagian Fitur Telusur Aman pilih pada opsi Filter hasil yang berisi konten tidak pantas.

    Cara Mengatur Google Gambar untuk Anak-anak

  4. Dilanjutkan dengan menekan tombol Simpan dibagian bawah dan selesai.

Setelah mengatur persis seperti diatas, sekarang cobalah mencari gambar apa saja pasti konten yang ditampilkan akan aman atau dalam artian tak ada gambar yang berbau sara. Mungkin sebagian masih ada gambar yang tidak pantas seperti foto orang dengan baju bikini, tapi itu jarang terjadi. Selain cara diatas, adapula cara untuk mengatur Play Store milik Google supaya aman digunakan untuk anak-anak, akan Saya bahas dilain waktu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment