≡ Menu

Cara Mengaktifkan PVC yang Terkunci pada Modem Speedy

Mengaktifkan PVC yang Terkunci

Sudah banyak sekali artikel di website ini yang membagikan tentang WiFi Modem Speedy, karena terdapat hal-hal yang belum diketahui dan pengguna hampir tidak bisa melakukannya dengan cara yang mudah. Seperti halnya masalah PVC yang terkunci, anehnya ini hanya pada PVC ke 1 saja yang terkunci, sementara yang lainnya tetap normal. Mengatasi hal tersebut sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja pengaturannya tidak ada dalam sebuah menu, melainkan dari telnet.

PVC yang terkunci menyebabkan pengguna tidak bisa mengisikan beberapa hal seperti username dan password speedy yang menyebabkan tidak bisa terhubung ke gateway. Sebenarnya ini ditujukan sebagai keamanan sistem supaya hanya bisa dialihkan ketika pengguna menyambungkan kabel LAN langsung, maka secara otomatis PVC akan terbuka, tapi jika pengguna mencoba mengganti tanpa kabel LAN atau dimaksud langsung direct melalui WiFi ke pengatuan, kolom-kolom yang tersedia menjadi greyed-out.

Dengan bantuan telnet, semuanya bisa diatur bahkan untuk mengatasi fitur upgrade firmware yang terkunci pun juga bisa melalui telnet. Yang dibutuhkan hanyalah telnet client seperti program PuTTY. Baik tanpa basa-basi lagi berikut ini cara lengkap mengatasi PVC yang terkunci pada Modem Speedy.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada telnet dan pastikan telah terhubung ke WiFi tersebut.
  2. Jika sudah masuk, ketik perintah dibawah ini untuk mengaktifkan kembali PVC yang terkunci dilanjutkan dengan menekan ENTER.

    sys pvclock 1 1
  3. Perintah diatas untuk mengaktifkan PVC ke 1, dan jika misalnya ingin mengaktifkan PVC ke 2, perintahnya seperti ini.

    sys pvclock 2 1
  4. Jika sudah, tahap selanjutnya adalah melakukan reboot WiFi. Untuk melakukannya silahkan ketikan router ini dan ENTER.

    set reboot
  5. Sekarang coba buka pengaturan Modem Speedy dan lihat pada bagian kolom PVC pasti sudah dapat diisi tanpa perlu menyambung kabel LAN.

Cara diatas sama persis seperti mengatasi upgrade firmware yang terkunci pada Modem Speedy, dan mungkin hal ini tidak terjadi pada kebanyakan router Speedy dan hanya beberapa saja seperti yang Saya ketahui di router dengan merk ZTE. Saya lebih menyarankan untuk tetap membuatnya terkunci karena lebih aman supaya tidak seseorang yang menggantinya apabila mereka tahu informasi masuk halaman pengaturan.

Salah sedikit dalam mengedit username dan kata sandi pada PVC ini akan menyebabkan tidak bisa terhubung ke internet dikarenakan informasi yang salah, dan kegunaan dari PVC ini pun juga sebagai gerbang atau gateway yang mana ini sangat berarti supaya pengguna bisa menyambung ke internet. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment