≡ Menu

Cara Mengaktifkan Flash Player di Browser Opera PC

Konten flash yang biasanya tampil pada website digunakan untuk banyak hal, yang pastinya dengan konten flash tersebut akan menambah suatu fitur untuk website tersebut dan salah satunya adalah memutar video. Memutar video dengan Adobe Flash Player memang terbilang cepat dan stabil, bahkan kebanyakan website yang digunakan untuk menayangkan live stream juga memakai adobe flash player, tak terkecuali adalah Youtube.

Jika pada kebanyakan peramban, plugin flash memang sudah diaktifkan secara otomatis apabila pengguna telah memasang program Adobe Flash Player. Masalahnya adalah disuatu peramban masih tak dapat memakai plugin flash tersebut untuk menjalankan diwebsite, salah satunya adalah Opera. Sebenarnya pada Opera pun juga memiliki pengaturan untuk membuat plugin ini bisa aktif terus atau membutuhkan perijinan setiap kali terdapat website yang menapilkan konten flash.

Tapi meski pengguna telah mengatur plugin flash supaya tetap aktif di pengaturan privasi, itu tak akan membuat plugin flash ini bekerja sepenuhnya dan tetap saja membutuhkan konfirmasi setiap kali terdapat konten flash yang akan dibuka. Dan bisa jadi tidak akan tampil juga di beberapa website streaming dan pengguna akan diberikan tampilan gambar per frame saja dan bukan dari konten flash. Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah.


  1. Pertama-tama silahkan masuk pada peramban Opera dan sebelumnya pastikan komputer yang pengguna pakai saat ini telah terpasang Adobe Flash Player. Apabila belum, silahkan unduh terlebih dahulu Adobe Flash Player.
  2. Selanjutnya ketikkan opera://plugins pada address bar. Dan akan ditujukan ke pengaturan plugin khusus untuk peramban Opera.

    Cara Mengaktifkan Adobe Flash Player pada Browser Opera

  3. Cari plugin bernama Adobe Flash Player dan pasti dibawahnya terdapat checkbox yang tak dicentang. Jadi pengguna cukup memberi centang pada checkbox tersebut untuk mengaktifkan plugin Flash ini supaya berfungsi dengan benar di Opera.

    Cara Mengaktifkan Adobe Flash Player pada Browser Opera

  4. Setelah itu restart peramban Opera dan cobalah membuka konten flash pada website, pasti sekarang tak perlu lagi konfirmasi untuk mengaktifkan plugin flash dan bisa tampil seketika.

Setelah melakukan cara diatas, pengguna bisa mengaturnya lagi pada pengaturan privasi pada Opera pada bagian plugin supaya ingin menampilkan langsung konten flash atau ingin memberi konfirmasi terlebih dahulu. Jika ingin menghemat data, akan lebih bagus memberi konfirmasi terlebih dahulu karena konten flash ini sama halnya dengan streaming video yang mana koneksi akan terus mengalir dan kuota bisa habis dengan cepat.

Jika pada Youtube, situs tersbeut menggunakan 2 jenis video player, yang pertama adalah konten flash dan yang kedua adalah konten HTML5. Jika pengguna bertanya lebih baik mana flash dan HTML5? Saya kurang tahu dan sepertinya saat ini kebanyakan website mengguakan HTML5, contohnya saja situs pemutar film seperti Prime Video dan Netflix. Sementara konten flash ini biasanya bisa digunakan untuk mengatur kualitas video guna untuk melancarkan video tersebut di koneksi yang terbilang sedang. Baca juga yuk cara install flash player di android

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment