≡ Menu

Cara Memutar Video Streaming di HP Nokia Java

Cara Memutar Video Streaming di HP Nokia Java

Dulu ponsel Java dikenal sebagai ponsel yang cukup canggih dalam melakukan banyak hal dalam sebuah genggaman, namun sekarang ini ponsel Java juga sudah bisa dikatakan sebagai ponsel pintar, ini dikarenakan beberapa jenis ponsel tahun 2012 yang diproduksi Nokia juga memiliki perbedaan tersendiri walaupun itu masih tak bisa menyaingi Android yang sedang tren sekarang ini. Saya sendiri pun masih memiliki ponsel Java dan sampai sekarang masih beroperasi dengan baik.

Tahukah pengguna bahwa di ponsel Java pun juga bisa melakukan streaming video, misalnya di youtube. Mungkin ini terdengar mustahil, tapi Saya sendiri pun telah mencobanya dan ternyata berfungsi dengan baik, tapi ini memerlukan koneksi yang besar supaya dapat memutar video tersebut. Mungkin tidak semua ponsel java bisa, dan sesuai judul diatas Saya hanya memberikan cara ini khusus untuk ponsel java dari Nokia.

Dulu terdapat sebuah peramban yang dapat melakukan streaming video meski koneksi terbilang rendah, peramban tersebut bernama Bolt dan sekarang ini sudah tak bisa dipakai lagi karena tak ada server untuk peramban tersebut untuk menampung banyaknya pengguna yang sedang aktif memakai peramban tersebut. Tapi padahal pengguna masih bisa melakukan streaming di ponsel java tanpa bantuan peramban tambahan.

Peramban atau browser original di ponsel Nokia java telah mendukung fitur untuk menghubung ke Real Time Streaming Protocol atau biasa disingkat sebagai RTSP. Pengguna yang biasa membuka Youtube pada peramban seperti Opera Mini pasti akan melihat tulisan Tonton Video Ini dan ini akan mengarah ke peramban bawaan ponsel yang mana telah menghubungkannya dari protokol RTSP. Dan supaya bisa memulai memutar video tersebut, berikut ini cara lengkapnya.


  1. Pertama – tama hidupkan ponselnya dan masuk pada menu Pengaturan.
  2. Pilih pada menu bernama Konfigurasi karena disini akan membuat konfigurasi untuk streaming.
  3. Lalu pilih lagi menu Pengaturan Pribadi dan didalamnya silahkan klik Opsi/Pilihan => Tambah Baru => Streaming.
  4. Pada bagian Nama Account biarkan tetap sebagai default atau maksudnya tidak perlu diubah. Pada Jarak port UDP pastikan telah diisikan sebagai 1024-65535. Lalu dibagian Gunakan Jalur Akses Pilihan pilih Ya.
  5. Sekarang tekan tombol kembali dan jika terdapat pilihan simpan konfigurasi, silahkan klik OK/YA. Dan cobalah untuk melakukan streaming, pasti sudah bisa.

Tidak ada gambar untuk cara diatas tapi jika pengguna melakukannya dengan teliti pasti akan berhasil. Jadi intinya supaya bisa melakukan streaming, pengguna harus membuat konfigurasi terlebih dahulu supaya video bisa diputar. Jika sekiranya cara diatas masih tidak bisa, bisa jadi versi firmware ponselnya sudah lawas dan harus diperbarui. Ponsel Nokia java jenis lama tidak akan bisa memperbarui firmware dan sepertinya hanya beberapa ponsel nokia java dibuat dari 2010 saja.

Dan settingan diatas tidak akan merubah jalur akses yang dipakai saat ini, jadi tetap memakai jalur akses dari provider kartu yang digunakan. Melakukan streaming di ponsel java menurut Saya masih kurang sempurna, ini dikarenakan resolusi yang sangat minim sekali dan video yang ditampilkan kadang tidak sejelas yang diharapkan. Tapi setidaknya ini masih bisa digunakan untuk memutar lagu di Youtube.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment