≡ Menu

Cara Dapatkan VPS Gratis Digital Ocean untuk Belajar

Gambar VPS Gratis

Banyak kegunaan dari sebuah Virtual Private Server atau biasa disingkat VPS. Seperti halnya menjalankan program dalam waktu yang lama dan membuat komputernya ingin tetap hidup. Tentu saja jika itu dilakukan dengan komputer milik kita, suatu saat ini sistemnya akan panas dan sampai terlalu lelah dan akhirnya rusak, namun jika menggunakan VPS, hal tersebut tak perlu dipikirkan lagi karena program akan berjalan terus menerus tanpa resiko terhadap PC milik kita.

Di artikel ini akan Saya bagikan website yang membagikan VPS gratis, tapi fitur gratisnya hanya sampai 2 jam saja. Walau memang 2 jam, tapi Saya rasa itu sudah cukup untuk menjalankan suatu program atau mungkin belajar sesuatu dari OS tertentu. Saya sendiri menggunakan VPS ini hanya untuk mengetes program yang Saya buat saja untuk beberapa OS dan kadang juga Saya pakai untuk mengunggah berkas dari internet ke FTP.

Websitenya bernama DPLY. Dari nama situs tersebut mungkin pengguna juga mengetahui bahwa yang dimaksud adalah DEPLOY. Fitur yang disediakan oleh Dply ini mengambil dari VPS Digital Ocean, dan banyak server tersedia untuk dipilih begitu pula OSnya juga. Untuk batasan tentu saja ada, yakni tak dapat mengatur Security Groups dan lain-lain. Intinya Dply sangat sederhana sekali.

Saya membagikan website Dply pada artikel ini dalam keadaan Beta. Dan kemungkinan jika situs tersebut telah memasuki masa Final atau dengan maksud meninggalkan versi Beta, fiturnya akan lebih banyak lagi. Tak ada website seperti itu sebelumnya, jadi Dply satu-satunya website yang membagikan gratis VPS 2 jam pertama yang pernah ada tanpa perlu mengajukan untuk masa percobaan atau lain-lain dan pemberiannya murni dari situsnya.

Apa saja yang dibutuhkan? Yang pertama adalah akun Github, digunakan untuk masuk dan daftar supaya pengguna tidak perlu lagi mengisi informasi berlebih dan cukup memakai satu akun Github saja kemudian dapat menikmati VPS gratis 2 jam.

Yang dipertanyakan mungkin adalah, “Apa 2 jam itu hanya sekali saja lalu selesai?” Tentu saja tidak, ketika batas waktu 2 jam telah usai, seluruh program akan dihapus dan setelah itu pengguna bisa membuat atau deploy server yang baru lagi untuk waktu 2 jam kedepan. Intinya server akan dihapus dalam 2 jam termasuk data yang tersimpan dan pengguna masih bisa membuat server baru lagi terus menerus.

Jika sekiranya pengguna menganggap bahwa Dply adalah hal yang bagus untuk mengelola VPS, maka sebaiknya membeli server untuk jangka waktu yang dibutuhkan. Soal harga bisa terbilang murah, satu tahun hanya sekitar $100 saja. Selama Saya memakai Dply, tidak pernah ada kesalahan sistem yang terjadi dan semuanya lancar.

Terdapat fitur untuk membuat script otomatis yaitu “button” atau gampangannya adalah tombol khusus. Tombol tersebut adalah user-data script, biasanya di Digital Ocean adalah Cloud Configuration atau Cloud Init sebelum proses deploy. Dengan fitur tersebut pengguna tak perlu masuk terminal lagi ketika ingin memasang program dan bisa dilakukan sekejap saja.

Bagaimana? Tertarik ingin menikmati VPS gratis 2 jam, silahkan daftar pada website DPLY.CO. Apakah proses deploynya lama? Tentu saja sangat cepat, karena servernya sudah memakai SSD, jadi proses deploynya terbilang cepat hanya membutuhkan 1 sampai maksimal 2 menit saja. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih mengenai Dply, lontarkan pada kolom komentar. Baca juga ya cara tes kecepatan internet vps linux

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment