Mengganti Teks Secara Keseluruhan pada Database WordPress

Mengubah suatu teks pada seluruh artikel memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Jika dilakukan secara manual, itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun berbeda jika menggunakan alat, tentunya mengubah teks dapat dilakukan dengan sekali klik saja.

Kesalahan ketika menulis atau dalam artian typo memang menjadi sesuatu yang biasa terjadi, karena terkadang kita tidak bisa mengoreksi ulang seluruh tulisan yang telah diketik, apalagi jika itu sangat panjang. Tapi hal itu bukan menjadi masalah besar, karena ada kendala lain yang lebih parah seperti ingin mengganti link (tautan) yang ada di banyak artikel dengan alasan domain yang dituliskan sudah tidak aktif lagi atau pindah ke domain yang lain.

Tak usah khawatir, karena pergantian link atau sebatas teks bisa diterapkan dengan sekali klik saja menggunakan bantuan plugin. Dan plugin tersebut yang akan menjadi topik utama dalam pembahasan artikel kali ini.

Plugin untuk Mengubah Teks pada Seluruh Artikel di WordPress

Nama dari pluginnya adalah Better Search Replace. Itu merupakan plugin gratis yang dikembangkan oleh WP Engine. Apa yang membuat plugin ini powerful menurut saya adalah fitur yang disediakannya. Walau terlihat simpel, tapi pada dasarnya itu sangat berguna sekali untuk mengganti teks dengan sempurna tanpa ada kesalahan.

Oh iya, sebelum memulai ke tata cara menggunakannya, saya sangat menyarankan untuk melakukan backup penuh, khususnya pada bagian database.

Dan berikut ini langkah-langkah menggunakan plugin tersebut:

  1. Pasang terlebih dahulu plugin Better Search Replace melalui dasbor.
  2. Apabila sudah, silakan buka menu Peralatan > Better Search Replace.

    Menuju Halaman Plugin Better Search Replace

  3. Pada kolom Search for, isi dengan teks yang akan diubah.

    Mengisikan Teks yang Akan Diubah

  4. Lalu pada kolom Replace with, isi dengan perubahan teks yang diinginkan.
  5. Kemudian pada opsi Select tables, silakan pilih wp_posts, karena tujuan perubahan teksnya hanya meliputi yang ada di artikel saja.

    Memilih wp_posts sebagai tujuan perubahan teks di artikel

  6. Gulir ke bawah dan centang terlebih dahulu opsi Run as dry run.

    Centang Opsi Run as Dry Run

  7. Dilanjutkan menekan tombol Run Search/Replace.
  8. Maka di bagian atas akan muncul informasi seberapa banyak teks yang akan diubah nantinya. Ini merupakan konfirmasi saja.

    Hasil Pengecekkan Perubahan Teks di Better Search Replace

  9. Dan apabila kamu sudah yakin ingin mengubahnya, silakan hilangkan centang pada opsi Run as dry run dan lanjutkan klik tombol Run Search/Replace.

    Mulai Menerapkan Perubahan Teks

  10. Kini perubahan teks akan berlangsung dengan sekejap.

Jika menggunakan plugin cache, silakan hapus cache setelah menerapkan langkah di atas untuk melihat hasilnya. Jadi hal yang menurut saya membuat plugin ini sangat istimewa adalah adanya fitur untuk mengecek terlebih dahulu sebelum menerapkannya, sehingga kita tahu seberapa banyak teks yang akan diubah pada database artikel.

Menggunakan Website Staging Lebih Disarankan

Di versi staging, segala perubahan tidak akan mempengaruhi apapun pada website, baik dari sisi kode maupun database, karena dibuat terpisah. Jadi apabila situs WordPress kamu sudah tersedia versi staging, saya lebih menyarankan untuk mengetesnya dari sana.

Namun apabila tidak ada karena terbatas penyimpanan dari provider hosting, maka itu pun tidak menjadi masalah. Yang terpenting sudah melakukan backup database untuk sekedar jaga-jaga apabila terdapat kesalahan yang tak terduga.

Baca juga: Cara Menambah Menu Navigasi di WordPress

Kesimpulan

Mengubah teks di banyak artikel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan plugin. Sehingga kita tidak perlu lagi mengedit satu per satu yang mana itu sangat melelahkan. Plugin tersebut sangat aman untuk digunakan, karena terdapat fitur untuk mengeceknya sebelum menerapkannya.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *