≡ Menu

Plugin untuk Mengganti Kata Tertentu dari Seluruh Artikel

Tidak semua orang bisa selalu benar dalam menuliskan sebuah kata, dan kadang bisa saja itu salah beberapa kali dan tidak hanya sekali. Sama halnya dengan menuliskan sebuah link yang sama dan kadang bisa saja error dengan sendirinya. Contohnya adalah website yang memberikan link unduhan pada server lain, suatu ketika server saat ini mengalami kerusakan, dengan begitu link tidak akan bisa diakses kecuali mengganti semuanya dengan link yang baru, tentu itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukannya.

Selama pengguna saat ini menggunakan blog berbasis WordPress, semua itu bisa saja mudah dan dapat melakukan itu tanpa merubah artikel sedikitpun di database. Mungkin pengguna pernah melihat berbagai macam cara atau plugin untuk mengganti sebuah kata pada artikel, tapi plugin tersebut memasuki database dan mengganti sebuah kata yang dimaksudkan. Untuk beberapa orang mungkin hal ini tidak diperlukan karena maksud dari pengguna adalah hanya ingin merubahnya secara sementara saja. Tapi apakah bisa melakukan seperti itu?

Tentu saja bisa dan ini membutuhkan plugin bernama re.place. Ini adalah plugin yang sudah cukup lama ada dan memiliki kegunaan untuk mengganti sebuah kata apapun secara sementara. Jadi selama menggunakan plugin ini, konten pada database tidak akan diubah sedikitpun dan plugin ini hanya melakukan pergantian kata dari fungsi PHP saja layaknya menggunakan str_replace(). Plugin ini juga menggunakan fungsional regular expression, jadi ini akan lebih mudah mengubah banyak hal atau tidak hanya dikatakan satu hal saja dari sebuah kata.

Gambaran dari Plugin re.placeGambaran dari Plugin re.placeGambaran dari Plugin re.place

Meski plugin re.place tidak diperbarui selama 7 tahun, namun setelah Saya coba pada WordPress versi terbaru masih bisa digunakan dengan baik semuanya. Tidak ada kesalahan yang tampil, dan plugin ini sangat sensitif sekali ketika menerima kode regexp yang salah, karena artikel akan tidak bisa tampil. Jadi Saya sarankan pengguna telah mengerti apa itu regular expression apabila hendak memasang plugin ini untuk mengganti suatu kata atau banyak hal seperti kumpulan URL.

Pengguna bisa memasang plugin ini melalui dashboard dengan mengetikan kata kunci re.place atau jika ingin memasang secara manual, silahkan unduh pada halaman plugin re.place. Plugin ini memang tidak tampil pada pencarian Google karena sudah tidak dikembangkan lagi, akan tetapi plugin ini sepenuhnya aman untuk digunakan dan pengguna tidak perlu khawatir.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment