≡ Menu

Menghentikan Suatu Program di PC dengan Script Batch

Hentikan Program di PC Memakai Script Batch

Ada banyak cara untuk menghentikan sebuah program yang sedang berjalan pada PC, baik menggunakan program lain sejenis Cleanmem, tapi bisa juga dilakukan secara manual dan sangat aman dengan bantuan task manager. Ada banyak hal yang membuat seseorang ingin menghentikan program yang sedang berjalan, salah satunya adalah ingin melegakan memory RAM yang terkuras habis diakibatkan oleh suatu program.

Seperti halnya jika pengguna menggunakan peramban Internet Explorer, pasti lama-kelamaan akan terasa PC seperti berat untuk melakukan kinerja multitasking, dan ketika mencoba untuk membuka task manager, yang tampil adalah program Internet Explorer tersebut yang sangat banyak sekali yang menyebabkan itu terjadi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menghentikan Internet Explorer dan menggunakan peramban lain, tapi berbeda lagi ceritanya apabila kita tak bisa menutup peramban tersebut karena not responding.

Program yang tidak menanggapi sangatlah menyusahkan, apalagi program tersebut sangat berat dan kadang membuat program lainnya seolah ikut tak menanggapi. Untuk mengatasi hal ini pun sudah Saya berikan pada artikel mengatasi program yang not responding dengan mudah. Tapi pada artikel ini lebih ditujukan untuk menghentikan program yang berjalan normal maupun tak menanggapi dan ini sangatlah mudah sekali. Berikut ini cara melakukannya.


  1. Pertama – tama silahkan buka Windows Explorer dan buatlah berkas baru dengan format text document.
  2. Klik 2 kali pada berkas tersebut hingga muncul Notepad, dan perhatikan kode dibawah ini.

    taskkill /im "iexplorer.exe"
  3. Kode diatas akan digunakan untuk menghentikan suatu program, salin kode diatas dan tempel pada berkas teks tadi. Lalu edit pada bagian iexplorer.exe dengan nama program yang akan dihentikan.
  4. Selanjutnya silahkan klik kanan pada berkas tadi dan pilih ganti nama. Ganti dari format TXT ke BAT karena kode tersebut adalah jenis script batch.
  5. Untuk mencoba berhasil tidaknya, cukup tekan dua kali pada berkas tersebut dan program yang telah dituliskan tadi akan berhenti.

Sebenarnya untuk menghentikan program dengan mudah juga bisa dilakukan dengan bantuan shortcut yang menuju berkas taskkill, tapi sepertinya lebih sederhana cara diatas. Jika pengguna ingin menghentikan 2 program sekaligus, cukup tambahkan pada bawahnya. Kode batch diatas tidak akan memaksa program untuk berhenti dan sepenuhnya aman untuk digunakan berkali-kali. Cara diatas hanyalah contoh untuk menghentikan program Internet Explorer dan jika pengguna tidak tahu nama programnya, cukup masuk task manager dan cari nama program yang akan dihentikan, dan jangan pernah menghentikan program system karena akan menyebabkan malfungsi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment