≡ Menu

Cara Mengatasi Prolink HSPA Modem Not Responding pada PC

Prolink HSPA Modem pada PC

Setiap modem pasti memiliki sebuah program sendiri yang digunakan untuk mengatur banyak hal mengacu dengan jaringan dan perangkat modem. Contohnya seperti mengatur akses poin, jenis signal, dan lain-lain. Tidak semua modem membutuhkan program miliknya sendiri dan bahkan juga ada modem yang tidak memerlukan itu dan bisa langsung menjalin koneksi dengan fitur dial-up pada windows. Dan disisi lain, modem yang harus menggunakan program miliknya selalu memiliki beberapa masalah, salah satunya malfungsi.

Malfungsi yang berakibat pada program Modem bisa diakibatkan dari beberapa hal, contohnya karena memory RAM yang tak memadai, ada program yang ikut terhubung seperti VPN, dan sebagainya. Seperti halnya pada program Prolink HSPA Modem ini yang kadang bermasalah ketika melakukan jalinan koneksi dan suatu saat terjadi not responding. Programnya terlihat sangat sederhana dan ringan, tapi jika dibandingkan dengan Mobile Partner, justru Mobile Partner lebih unggul karena jarang sekali terjadi malfungsi.

Jadi masalah yang akan dibahas kali ini adalah pada program Prolink HSPA Modem yang tiba-tiba not responding ketika menghubungkan ke internet. Masalah ini memang tidak terjadi terus menerus atau terbilang jarang, namun ini sangat menjengkelkan karena sudah melepas modem dari port USB dan menancapkannya lagi tapi program masih not responding dan juga tak bisa dikeluarkan langsung dari program. Berikut ini cara mengatasi hal tersebut.


  1. Atur Kompatibilitas dibawah Windows 7 – Walau modem Prolink ini tidak bisa dibilang jadul, akan tetapi program yang disediakan mungkin yang telah usang dan menyebabkan ini terjadi. Dan untuk melakukan cara ini, pada shortcut silahkan klik kanan dan pilih Properties, lalu menuju tab Compatibility dan atur supaya program ini berjalan pada Windows dibawah versi 7 seperti Windows XP atau Windows 2000.
  2. Matikan Program VPN Apabila Program Prolink Tak Merespon – Ini hanyalah upaya untuk mengetahui gejala program modem yang tak merespon disebabkan oleh apa, dan sebenarnya Saya sendiri pun pernah merasakannya sendiri dan saat itu memakai program VPN Cyberghost, jadi setelah Saya coba matikan jaringan VPN, ternyata program modem tak lagi bermasalah.
  3. Lepas dan Tancapkan Ulang Modem – Sebenarnya ini bukanlah hal yang bagus untuk terus diulang, mengetahui bahwa tidak baik mencopot dan memasang secara terus menerus, jadi Saya sarankan memakai mini USB extender supaya USB pada PC tetap awet. Jika pengguna baru saja melepas modem, tunggu sampai program Prolink menampilkan tulisan “Device not Connected” dan setelah itu silahkan tanpcakan ulang.
  4. Gunakan Mode Dial-Up – Jika menghubungkan jaringan secara direct dari program modem bermasalah terus-menerus, akan lebih baik menyambungkannya dari mode dial-up dari PC. Untuk mengaturnya sangatlah mudah dan hanya seperti membuat akses poin biasa. Berhubungan program Prolink HSPA Moddem ini ketika ditutup akan tidak tersambung pada modem, jadi silahkan minimize saja programnya selagi menghubungkan melalui dial-up.
  5. Install Ulang Progam Modem – Cara terakhir adalah menginstall ulang program modem apabila memang terbilang bermasalah secara terus-menerus yang menyebabkan tidak dapat terhubung ke internet. Hal ini disebabkan banyak hal dan bisa saja data didalam program mengalami corrupt sehingga hal ini terjadi dan harus di-install ulang.

Saya tidak menyuruh pengguna untuk mencoba semua cara diatas, tapi cobalah satu dari cara yang paling atas lalu lihat apakah bisa mengatasi atau tidak, dan jika masih tidak mengatasinya, cobalah cara dibawahnya. Saya sendiri menggunakan modem Prolink PHS-600 dan yang dulunya selalu memiliki masalah pada PC yang beroperasi Windows 7, sekarang sudah tidak pernah lagi mengalami gangguan tersebut dan sepenuhnya nyaman ketika menjelajahi internet.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment