≡ Menu

Cara Mencari Hasil Download File di Android

Mencari Hasil Download File di Android

Menyebalkan bukan, apabila kita mengunduh sebuah berkas tapi tak mengetahui hasil downloadnya masuk di folder mana. Pasti akan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk mencari satu-persatu folder di memory maupun internal. Ini bukanlah masalah yang sangat serius dan hanya kesalahan biasa saja yang sangat lumrah untuk dialami. Apalagi jika pengguna baru saja memegang ponsel Android, tentu ada sedikit hal yang tak dimengerti seperti ini.

Mengunduh berkas di internet memang menyenangkan, seperti video, musik, atau bahkan game. Biasanya sebuah peramban pun juga memiliki pengaturan untuk mengatur letak download file tadi supaya dapat ditemukan ketika proses download telah selesai. Tapi adapula yang tak memiliki fitur seperti itu dan langsung mengutarakan hasil downloadnya ke direktori Downloads pada SD Card atau internal.

Ada cara untuk mengetahui hasil download di Android apabila memang tergolong susah untuk ditemukan. Salah satunya adalah seperti perkataan Saya diatas, yaitu mengecek letak unduhan pada peramban, jika itu tak membantu bisa melanjutkan dengan cara yang lain yaitu melakukan sortir seluruh berkas dari aplikasi file manager yang dipakai saat ini. Berikut ini beberapa cara mencari hasil download di Android.


  1. Mengecek Pengaturan Letak Unduhan pada Peramban – Baik, ini ketiga kalinya Saya mengatakan ini di artikel ini dan Saya ingin pengguna tidak melupakan hal ini, sebab banyaknya faktor yang terjadi karena pengguna asal-asalan mengatur letak penyimpanan unduhan pada pengaturan peramban yang menyebabkan hasil download tadi berada di folder lain.
  2. Melakukan Sortir Seluruh Berkas – Yang dimaksudkan dalam penyortiran berkas kali ini tidak berdasarkan nama, tapi berdasarkan tanggal atau date. Dengan melakukan hal ini, seluruh berkas yang baru saja ditambahkan akan tampil di puncak utama dan untuk mengetahui letak foldernya, cukup masuk pada pilihan properties.
  3. Berkas Unduhan Tersembunyi – Di Android, menyembunyikan berkas maupun folder sangatlah mudah, cukup menambah simbol titik didepan nama, pasti folder atau berkas itu akan tak tampil. Tapi untuk menampilkannya lagi juga cukup mudah, cukup lihat menggunakan aplikasi file manager yang lebih advanced seperti Root Explorer atau X-Plore dan jangan lupa untuk masuk pengaturan dan mengaktifkan fitur untuk melihat berkas tersembunyi.

Hanya tiga cara diatas pasti sudah bisa menemukan hasil download yang ada di Android. Jika pengguna hafal dengan nama unduhannya, bisa juga memanfaatkan fitur pencarian pada aplikasi file manager. Saya sendiri menggunakan X-Plore sebagai file manager utama karena lebih sederhana serta fiturnya yang sangat luar biasa.

Kebanyakan peramban mengutarakan hasil download ke direktori Downloads, seperti Chrome dan Puffin. Tapi beberapa peramban juga membuat direktori sendiri untuk digunakan menyimpan hasil download, contohnya UC Browser dan UC Mini yang menyimpan unduhannya pada direktori UCDownloads. Bagaimanapun itu, semua itu bisa dicari dengan ketiga cara diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment